Burung Prenjak Kepala Merah

 Burung prenjak kepala merah yaitu salah satu burung prenjak bersuara monoton tapi memili Burung Prenjak Kepala Merah
       Burung prenjak kepala merah yaitu salah satu burung prenjak bersuara monoton tapi mempunyai volume bunyi yang kencang.  Perbedaan antara burung jantan dan betina burung ini dapat di bedakan dengan bunyi yang berbeda. Jika jantan berbunyi maka prenjak betina niscaya merespon cepat sahutan bunyi jantan dengan bunyi tirrrr tirrrr. Tapi ada juga beberapa burung jantan yang dapat mempunyai variasi bunyi dengan dapat menyanyikan bunyi jantan serta betina sekaligus. Untuk membedakan dari fisik antara jantan dan betina juga tidak sulit, burung jantan mempunyai kalung warna abu-abu atau gelap di leher nya, sedangkan bila prenjak betina berwarna putih higienis di potongan lehernya. Selain itu jantan biasa mempunyai warna bulu lebih gelap bila dibanding betina.

       Burung prenjak termasuk burung yang fighter dialam bebas, mempunyai batas teritorial sendiri sendiri antara jantan satu dengan yang lainya. Untuk mendapat tempat kekuasaan bagi burung jantan harus bertarung dengan bunyi dan bila berdekatan dapat tarung. Bagi prenjak jantan yang kalah, maka mau tidak mau harus pindah dari tempat yang diperebutkan tersebut. Maka dari itu biasanya pemikat membawa burung jantan yang gacor, selain burung jantan liar yang merespon dan mendekat pada getah atau pulut alasannya yaitu bertarung merasa ada jantan lain yang datang, betina pun juga akan merespon prenjak jantan yang bunyi dan dapat juga terkena pikat. Untuk prenjak kepala merah yang digunakan pikat biasanya yang sudah berumur tua, gacor, hal itu mengakibatkan faktor mental burung pikat yang harus lebih elok dari burung yang akan dipikat supaya lebih cepat untuk dipikat.

       Untuk harga burung prenjak dikios bervariasi, tergantung kondisi dan mental burungnya sendiri, dijawa prenjak kepala merah biasa dihargai 10ribu hingga 15rb yang gres diambil dari alam. Tapi bila burung prenjak yang sudah gacor biasa dihargai 150rb hingga 300rb tergantung keistimewaan burungnya sendiri.  Perawatan burung prenjak yang gres ditangkap dari alam dapat dibilang gampang-gampang susah. Sebab burung ini salah satu burung yang wajib serangga, dapat dengan memberi ulat kandang, ulat hongkong, atau kroto. Untuk melatih burung alam mencar ilmu voer biasa memperlihatkan ulat hongkong yang di taruh dalam cepuk tapi dicampur voer yang halus, dengan perbandingan voer dan ulat yang imbang dan makin usang perbandingan ulat dikurangi. Selain itu dapat juga mengajari dengan menciptakan voer berair yang ditaburi kroto atau ulat hongkong yang dipotong-potong dan diaduk supaya dikala burung makan kroto atau ulat dapat bertahap makan voer . Untuk menjinakan dapat dengan menyemprot  burung hingga berair kuyup dan diloloh dengan ulat serta sering disandingkan dalam keramaian. Tapi ada baiknya untuk burung yang gres tangkapan hutan untuk tidak segera dijinakan, baiknya di fokuskan untuk hidup dulu dengan melatih makan voer. Tapi walaupun sudah mau makan voer, ulat atau kroto tetap wajib diberikan pada burung prenjak.

loading...

Archive