Cara Menangkar Atau Breeding Kenari

Cara Menangkar atau Breeding Kenari


Pertama kali yang harus dilakukan ketika kita akan melaksanakan proses penangkaran burung kenari yaitu menentukan calon indukan. Calon indukan inilah yang akan menentukan kualitas dari anakannya nanti. Apabila kualitas dari kedua indukannya tidak manis maka anakan yang dihasilkannya pun tidak akan berbeda jauh dari indukannya.

Dalam menentukan calon indukan sebaiknya pilihlah indukan Jantan yang mempunyai beberapa kriteria ibarat : Berbadan besar dan panjang, volume keras, irama yang dilantunkannya yummy di dengar, mempunyai variasi lagu, serta mempunyai mental yang baik. Sementara untuk calon indukan betina carilah yang berbodi besar, panjang, volume keras, serta bermental baik. Lebih baik lagi apabila kualitas pejantan sudah terbukti di lapangan ini akan besar lengan berkuasa pada kualitas mental, lagu anakannya nanti.

Untuk menjodohkan sepasang kenari hal pertama yang perlu dilakukan yaitu ; dekatkan sangkar kenari betina dengan kenari jantan dalam beberapa hari. Atau bila kenari betina ketika didekatkan eksklusif menunjukkan sifat birahinya yaitu biasanya ditandai dengan ngriwik serta badannya sedikit turun (ngeper) maka kenari jantan bias eksklusif dimasukkan ke kandan kenari betina. Tetapi apabila kenari betina belum birahi maka harus dinantikan hingga benar-benar siap dan ini akan memakan waktu 2 – 3 hari paling cepat atau 1 – 2 ahad paling lama.

Bila keduanya sudah jodoh dan kenari jantan mau mengawini betina maka jarak 3 hari sehabis kedua burung tersebut kawin, kenari betina akan segera bertelur. Persiapan yang harus dilakukan sebelum kenari betina bertelur yaitu dengan menempatkan daun cemara angina yang sudah kering, sanggup juga dengan sabuk kelapa pada sangkar tersebut semoga kenari betina segera menyusun sarang dan biasanya dibantu dengan kenari jantan. Namun semoga mempermudah dalam proses pembuatan sarangnya harus kita bantu sedikit yaitu dengan menyediakan daerah sarang yang sudah banyak tersedia di kios-kios burung, atau dengan menciptakan sendiri kotak dari kardus atau tripleks. Pada kotak tersebut kita masukkan sedikit daun cemara kering atau sabuk kelapa semoga kenari betina segera terpancing untuk menciptakan sarangnya.

Kenari betina akan bertelur sebanyak 3 atau 4 bahkan sanggup juga lebih dari itu tergantung dari kualitas burung itu sendiri. Namun pada umumnya maksimal jumlah telur burung kenari yaitu 3. Pemberian masakan seperti, telur puyuh rebus dan sayuran harus diberikan setiap hari ketika burung kenari jantan dan kenari betina dijodohkan dan masa kawin. Telur puyur usahakan jangan diberikan ketika indukan betina mengeram. Sebaiknya diberikan canary seed dan sayuran saja. Pemberian vitamin A juga perlu diberikan pada dikala kenari betina. Hal ini dimaksudkan semoga kualitas telur lebih baik juga jumlah telur yang dihasilkan nanti lebih banyak.



Setelah habis masa bertelur biasanya kenari betina eksklusif mengeram. Masa pengeraman biasanya berlangsung selama lebih kurang 14 hari (2 minggu). Pada masa-masa itu indukan betina jarang sekali makan atau minum. Oleh lantaran itu berilah secara rutin vitamin khusus untuk stamina burung yang banyak tersedia di toko/kios burung, semoga stamina burung kenari betina tetap terjaga serta usahkan masakan selalu tersedia. Hal ini bertujuan semoga pada dikala telurnya nanti menetas indukan betina akan senantiasa meloloh anakannya dengan baik.

Menjelang 1 hari sebelum masa tetas telur kita harus menyediakan beberapa masakan khusus untuk persiapan indukan meloloh piyikan. Makanan tersebut berupa adonan kuning telur ayam /telur puyuh dengan tepung kacang hijau atau sanggup juga masakan buat bayi, serta sayuran. Makanan tersebut kita letakan pada sangkar juga jangan lupa air minum diberi vitamin..

Masa-masa kritis pada piyikan kenari biasanya ketika usia anakan kurang dari 7 hari bila anakan tersebut dalam pengasuhan induknya. Setelah melewati 7 hari biasanya anakan akan bertahan hingga mereka sanggup keluar dari sarang sendiri. Namun kita juga harus tetap waspada sebab, pada kemungkinan penyakit yang kerap muncul dan menyerang anakan kenari (kenari muda). Sediakan selalu obat-obatan khusus ibarat : obat cacing (khusus untuk burung) dan obat untuk gangguan pada pernafasan.

Pada usia 21 hari atau 3 ahad biasanya anakan sudah sanggup makan sendiri. Makanan diberikan sebagaimana kenari remaja yaitu : canary seed, sayuran serta telur puyuh. Pemberikan susu bubuk pada anakan kenari sangat besar lengan berkuasa sekali pada proses pertumbuhan serta kecerdasan anakan burung kenari tersebut. Anakan kenari sehabis berusia 15 hari boleh dijemur namun jangan terlalu usang cukup 10 menit saja. Itupun waktunya ketika pagi hari sebelum jam 9.00, alasannya yaitu sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan burung tersebut.

Pada usia 1 atau 1,5 bulan anakan kenari tersebut sanggup kita jual dengan harga sesuai standar pasaran. Namun harus dilihat dulu kualitas warna serta suaranya. Jika berdasarkan pengamatan kita anakan tersebut mempunyai corak warna yang manis serta volume dikala ngriwik terdengar keras dan panjang maka sebaiknya untuk anakan kenari ibarat ini kita beri harga lebih tinggi apalagi ditunjang oleh indukan kenari jantan juara. Namun tak ada salahnya kalau mempunyai anakan kenari yang berkualitas manis sebaiknya kita persiapan untuk bibit pada ternakan kita selanjutnya.

Demikianlah goresan pena ini dibentuk semoga seluruh pecinta burung kenari sanggup memahami teknik beternak burung kenari, serta sanggup memahami arti penting dalam hal beternak kenari.Semoga goresan pena ini sanggup bermanfaat.
smbr:kicaumania

Jejak www.suaraburungkicau.com
loading...

Archive