Cara Mengobati Burung Kutuan Atau Tungau

Suaraburungkicau.com - Kesehatan burung memang sangat penting semoga burung rajin berkicau dan tampil maksimal, burung sakit tentu sangat besar lengan berkuasa besar untuk berkicau. Untuk itu kita harus memperhatikan keadaan burung yang kita rawat supaya tetap selalu sehat dan rajin menghibur kita. Salah satu masalah, kutu atau tungau menjadi bahaya kesehatan burung. Tentu burung yang kutuan niscaya mensugesti kesehatanya, dan tentu bersifat negatif, entah dalam kicauan, penampilan, ataupun kondisi fisik burung itu sendiri. Sebelum membahas bagai mana mengatasi burung yang terjangkit kutu atau tungau, tentu kita juga harus tau ciri-ciri burung yang terjangkit kutu.

Berikut ciri-ciri burung kutuan antara lain :

1       
Burung malas berkicau


2 Burung terlihat nggembung bulunya dan sering didis/merapikan bulu


3 Tubuh kulit dada burung terlihat bintik-bintik merah


4 Bulu burung tidak rapi, biasanya bab leher atau kepala botak


5 Bulu ekor dan sayap jikalau di buka terlihat bintik-bintik coklat atau merah


6 Jika sudah parah ekor dan sayap burung terlihat ibarat sapu lidi


     Nah jikalau memang burung mempunyai ciri diatas, dapat jadi burung anda terjangkit kutuan. Sebaiknya segera ditangani, selain burung tersiksa mencicipi gatal, hal itu mensugesti kesehatanya. Untuk penanganan mengatasi kutu atau tungau tidak terlalu sulit, banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi kutu. Bisa diatasi dengan obat kutu semprot, tabur, yang dapat di beli di kios-kios burung ataupun mengatasi dengan cara herbal.
Cara mengatasi burung yang terjangkit kutu :

     Kita dapat membeli obat semprot kutu yang kita beli di kios burung, banyak macam dan jenisnya tergantung kita ingin yang mana. Kalau saya pernah mencoba dan memang manjur dengan obat k*tutox, obatnya bubuk kemudian dilarutkan dalam air kemudian disemprotkan ke badan burung sampai merata, untuk takaran takaran perbandingan air dan obat dapat dibaca di wadah obatnya. Lakukan mandi semprot tersebut  tiga hari berturut-turut, kemudian sesudah itu lakukan kembali lima hari berikutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sisa telur yang masih melekat pada bulu burung menetas dan kembali terjangkit kutu. Makara sesudah lima hari kita semprot ulang supaya benar-benar terbebas dari kutu.

     Untuk cara lain, kita dapat coba dengan cara mengobati dengan materi alami kunyit, saya pernah mencoba pada burung yang sudah benar-benar parah sampai bulu ekor dan sayap ibarat sapu lidi. Caranya siapkan dua atau 3 ruas kencur, dan parut kunyit sampai lembut. kemudian pegang burung yang terjangkit kutu, kemudian oleskan parutan kunyit ke badan burung, dari sayap kanan kiri dan bab ekor, ratakan keseluruh bab sampai benar-benar merata ibarat gambar dibawah. Lalu kembalikan burung kesangkar, jangan dikasih mandi dulu. Memang untuk burung yang sudah parah akan terlihat bulunya sangat buruk, tetapi sesudah kita obati dan burung akan ganti bulu dengan bulu gres yang bagus.

loading...

Archive