Cara SUPAYA Bulu Ekor Cendet Tetap Bagus

Cara Agar Bulu Ekor Cendet Tetap Bagus. Burung cendet atau pentet dikenal sebagai burung petarung dengan bunyi yang khas. Merdunya bunyi cendet semakin baiklah dengan volume bunyi yang joss. Penampilan cendet juga tidak mengecewakan garang. Denan warna coklat muda yang sangat mendominasi, dan strip hitam pada potongan mata. Burung cendet semakin dikenal dan dicari oleh para kicaumania. Sehingga harga cendet pun cukup stabil. Para cendetmania punya beberapa keluhan ketika merawat cendet. Salah satunya yakni bulu ekor cendet yang gampang rusak atau patah. Nah kami punya tips dan cara supaya bulu ekor cendet tetap bagus. Ini dapat anda lakukan sebelum ekor cendet mengalami kerusakan. Kalau ekor cendet rusak, maka secara look akan kurang bagus.

 atau pentet dikenal sebagai burung petarung dengan bunyi yang khas CARA AGAR BULU EKOR CENDET TETAP BAGUSBurung cendet atau pentet mempunyai banyak keunikan dan keindahan. Namun juga punya beberapa abjad yang kurang bagus. Misalnya terlalu giras, suka mencabuti bulu ekor, sering salto, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung bagaimana cara kita merawat cendet kesayangan. Tentunya dengan perawatan yang elok akan semakin membuatnya merasa nyaman dan cendet gacor. Bulu ekor cendet memang tidak selentur bulu ekor murai batu. Bulu-bulunya pun hanya terdiri atas beberapa helai saja, dengan bentuk yang cenderung tipis dan keras. Karena itulah, mengapa bulu-bulunya gampang rusak dan patah. Ditambah lagi burung cendet termasuk burung yang sangat aktif dan banyak bergerak. Untuk itu bulu-bulunya gampang rontok dan patah. Berikut ini beberapa tips supaya bulu ekor cendet tetap bagus.

Cara Agar Bulu Ekor Cendet Tetap Bagus

  • Lakukan penjemuran cendet setiap pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang dan bulu cendet. Sinar matahari mengandung provitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan bulu cendet. Namun jangan hingga dijemur siang hari alasannya yakni justru akan merusak bulu cendet jadi kering dan gampang patah.
  • Pastikan kandang cendet selalu higienis dari kotoran dan tungau atau kutu. Karena kebanyakan burung akan mencabuti bulunya sendiri kalau ada tungau atau kutu/parasit yang nempel di badannya. Untuk itu andalah yang berkewajiban menjaga kandang supaya tetep higienis dan bebas dari parasit.
  • Semprot bulu-bulu dan ekor cendet memakai sprayer. Hal ini sangat dianjurkan terutama ketika isu terkini kemarau. Semprotlah secara rutin setiap hari untuk menjaga kelembaban bulu cendet sehingga tetap bagus.
  • Ukuran kandang cendet yang ideal yakni 40 cm x 40 cm. Ini bertujuan supaya bulu-bulu dan ekor cendet tidak bergesekan dengan sangkar. Jika ukuran kandang kurang memadai, maka dijamin bulu dan ekor cendet akan gampang rusak. Ukuran kandang yang lebih besar akan semakin elok dan nyaman untuk cendet.
  • Tangkringan atau tenggeran cendet idealnya yakni 2 biji. Yaitu dengan posisi menyilang atau sejajar. Jangan menempatkan tangkringan/tenggeran terlalu di bawah bersahabat dengan sangkar. Taruhlah tangkringan yang sekiranya cukup tinggi untuk cendet.
  • Berikan pakan perhiasan (EF) yang rutin. Khususnya jangkrik yang menjadi kesukaan cendet.

Nah demikian beberapa tips perihal cara supaya bulu ekor cendet tetap bagus. Dengan pengalaman yang kita punya maka jangan hingga kita pelit untuk menyebarkan pengalaman kepada teman kicaumania, khususnya yang masih pemula. Salam sukses, salam gacor.

loading...

Archive