Download Mp3 Bunyi Cendrawasih Aneka Macam Jenis


Suara Kicauan Burung Indah Nan Langka Cendrawasih Yang Merdu dan Unik, Bisa Download Mp3 nya Disini!
Burung Cendrawasih yang anggun, indah dan elok ini tinggal di hutan-hutan dataran rendah. Di Indonesia, burung cendrawasih sanggup kita temui di beberapa tempat menyerupai halnya Maluku dan Papua. Terdapat beberapa jenis cendrawasih yang sudah masuk pada rekor muri. Antara lain cendrawasih botak, cendrawasih merah, Toowa. Kemudian cendrawasih kuning yang sudah masuk pada daftar jenis burung yang sebaiknya dilindungi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini akan diulas mengenai jenis burung cendrawasih.
Jenis-jenis burung cendrawasih menyerupai cendrawasih raja, cendrawasih kuning besar, cendrawasih kolaitaga, cendrawasih paruh sabit hitam, dan cendrawasih manukod jambul bergulung. Burung-burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. (Wikipedia).

Anda berminat untuk mendengarkan atau menyaksikan kicauan langka burung cendrawasih, silakan download Mp3 kicau cendrawasih dibawah ini.
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 1 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 2 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 3 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 4 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 5 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 6 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 7 Silakan KLIK DISINI
  • Download Mp3 / Lihat Video Suara Kicau Burung Cenderawasih 8 Silakan KLIK DISINI
Burung cendrawasih atau keluarga paradisaeidae merupakan burung yang hidup di Indonesia serpihan timur terutama papua. Memiliki keunggulan dibandingkan burung pada umumnya. Keunggulan ini terletak pada ekornya yang panjang dan berwarna cerah.

Burung cendrawasih hanya hidup di Indonesia serpihan timur menyerupai Papua, pulau-pulau di selat Torres, dan Australia Timur yang terdiri dari 14 genus dan sekitar 43 spesies,dan 30 spesies di antaranya ditemukan di Indonesia.

Ukurannya mulai dari 50 gram dengan panjang 15 cm hingga 430 gram dengan panjang 110 cm. Cendrawasih dipercaya sebagai burung dari nirwana oleh masyarakat papua karena bulunya yang indah. Burung cendrawasih jantan mempunyai keindahan bulu yang dipakai untuk menarik perhatian cendrawasih betina pada masa kawin.
Burung cendrawasih ini memang mempunyai bulu yang halus dan berwarna indah sehingga banyak insan yang ingin memeliharanya, sehingga banyak sekali perburuan liar terhadap burung cenderawasih untuk diperdagangkan secara ilegal, dipelihara belakang layar atau diawetkan.
Mereka berhabitat di hutan dataran rendah. Di Indonesia, burung cendrawasih sanggup di jumpai di beberapa tempat menyerupai Maluku dan Papua. Ada beberapa jenis cendrawasih yang telah masuk rekor muri, di antaranya cendrawasih botak, cendrawasih merah, Toowa, dan cendrawasih kuning kecil masuk dalam daftar jenis burung yang harus dilindungi menurut UU No 5 Tahun 1990 dan PP No 7 Tahun 1999.

Cendrawasih Panji atau Pteridophora alberti

Cendrawasih panji jantan berwarna hitam dan kuning tua, dan terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengkilap. Sedangkan cendrawasih panji betina mempunyai bulu berwarna abu-abu lebih kecoklatan bergaris dan berbintik hitam. Persebaran cendrawasih panji pada tempat pulau Irian, lebih tepatnya pada pegunungan.

Cendrawasih Kerah atau Lophorina superb

Disebut cendrawasih kerah alasannya ialah burung cendrawasih jenis ini mempunyai bulu serpihan dada berwarna biru hijau. Pada burung jantan mempunyai mahkota, atau bulu kepala berwarna pelangi. Sedangkan pada betina berwarna coklat. Burung cendrawasih kerah berhabitat di seluruh hutan hujan tropis di pulai Irian.

Cendrawasih Goldi atau Paradisaea decora

Bulu berwarna coklat zaitun. Pada burung jantan mempunyai bulu hias di pinggang berwarna merah tua, sedangkan pada betina tidak memilikinya. Pada betina warna bulu coklat jingga. Cendrawasih Goldi tersebar di pulau Fergusson dan Normanby, dengan makanan khas burung ini ialah buah-buahan.

Cendrawasih Raja atau Cicinnurus regius

Merupakan cendrawasih paling kecil berukuran sekitar 16 cm. Burung jantan berwarna merah bau tanah dan putih, sedangkan kaki berwarna biru. Cendrawasih raja mempunyai bulu-bulu menyerupai kipas. Sedangkan burung betina berwarna coklat. Makanan utama yaitu buah-buahan dan serangga.

Berapa Harga Burung Cendrawasih?

Pemerintah tolong-menolong sudah melaksanakan pelarangan untuk memperjualbelikan burung Cendrawasih. Langkah ini dilakukan untuk menekan penurunan jumlah burung di alam liar. Bila Anda ingin membelinya harus melalui mekanisme dan membeli ke pihak yang telah mengantongi izin. Pembelian burung secara legal memang lebih baik dilakukan semoga Anda tidak tersandung kasus dan sanggup ikut serta melestarikan burung Cendrawasih. Menengok kelebihan dan jumlahnya yang terbatas maka masuk akal bila harga burung Cendrawasih sangat mahal dikala ini. Kisaran harganya sanggup mencapai puluhan juta. Harga yang dijual di dalam dengan luar negeri berbeda, contohnya harga burung Cendrawasih di Malaysia sanggup berbeda dengan yang di jual di Indonesia.

Selama ini burung Cendrawasih dijual dalam 2 bentuk, yaitu burung hidup dan burung mati. Kebanyakan burung Cendrawasih hidup sanggup didapatkan bila sudah sampaumur mengingat burung yang masih kecil masih rentan. Selain itu, burung yang sudah didaftarkan kebanyakan ialah burung dewasa. Harga burung Cendrawasih diawetkan dengan yang masih hidup juga berbeda. Untuk burung yang masih hidup dihargai mulai dari Rp 3.000.000 hingga dengan lebih dari Rp 10.000.000. kisaran harga tersebut menyesuaikan dengan jenis burung.

Jika anda berminat ingin mempunyai burung cendrawasih, pastikan bahwa burung yang akan anda beli mempunyai akta resmi hasil penangkaran semoga sanggup terhindar dari bahaya eksekusi alasannya ialah memelihara satwa liar yang dilindungi.

Perburuan Liar, Ancam Kelestarian Cendrawasih

Dominggus Maywa (78), pemilik salah satu dusun di Taman Nasional Wasur, bahagia kedatangan para peniliti dari Universitas Cenderawasih, Balai Taman Nasional Wasur dan WWF Indonesia Merauke. Mengapa? Selama ini, yang tiba ke dusun banyak para pemburu cendrawasih hingga satwa dilindungi ini makin langka.

“Kalau tiba untuk penelitian boleh,” katanya, kala itu.

Maywa mengatakan, para ‘pemburu’ menggunakan banyak sekali cara mendapat cendrawasih, pribadi berburu ataupun menggunakan kaki tangan warga setempat.

“Kami niscaya usir bila sudah hingga di dusun kami. Para pemburu asal Merauke stop memburu satwa. Hanya mendapat burung nirwana ini kamorang tipu dengan bawa nama pejabat tertentu,” katanya.

Sukses diusir, pemburu tak kehilangan akal. Mereka menggunakan jasa penduduk setempat. Maywapun berusaha memperlihatkan penyadaran kepada warga semoga ikut menjaga burung nirwana ini dari kepunahan. Dia meminta, bersama-sama, menjaga hutan semoga habitat satwa ini tak hilang.

Anggodo, Kepala Balai Taman Naional Wasur mengatakan, konservasi cendrawasih penting alasannya ialah satwa ini menuju kepunahan. Berdasarkan laporan petugas lapangan, cendrawasih jantan diburu dan diperdagangkan, salah satu menjadi souvenir.

Kala cendrawasih jantan berkurang, katanya, mengakibatkan ketimpangan struktur demografi terutama rasio antara jantan dan betina yang akan berdampak pada kembangbiak.(mongabay.co.id)

***Dari Berbagai Sumber
loading...

Archive