Foto Burung Kicau Unik Drongo Peniru Bunyi Kicauan Pintar

Foto Burung Kicau Unik Drongo Peniru Suara Kicauan Pintar - Perkenalkan Drongo, burung dengan ekor bercabang yang hidup di Afrika, bisa jadi merupakan burung paling cendekia sekaligus penipu ulung di kerajaan binatang. Lihat juga Foto  - Cara Merawat Burung Lover Bird dan Tips Cara Merawat Burung Kutilang Nyaring Gacor.
Foto Burung Kicau Unik Drongo Peniru Suara Kicauan Pintar FOTO Burung Kicau Unik Drongo Peniru Suara Kicauan Pintar

Para ilmuwan  menggambarkan bagaimana burung berukuran sedang itu dengan berani memperdaya hewan lain dengan menirukan tanda ancaman dari sejumlah spesies burung, dan bahkan meerkat.

Burung itu menirukan bunyi peringatan akan adanya predator yang mendekat semoga korban mereka takut dan pergi sehingga mereka bisa mencuri kuliner yang ditinggalkan.

Para peneliti melacak 64 drongo dengan ekor bercabang sepanjang hampir 850 jam di Gurun Kalahari, Afrika Selatan, yang berdekatan dengan perbatasan Botswana untuk mengungkap sikap unik burung-burung tersebut.

"Mereka menyerupai burung iblis hitam bermata merah, dengan paruh berkait dan ekor bercabang," kata jago evolusi biologi Tom Flower dari University of Cape Town di Afrika Selatan.

"Mereka juga sangat berangasan dan populer suka menyerang elang dan rajawali, yang sepertinya sama sekali tidak mereka takuti," kata Flower, yang hasil studinya dipublikasikan dalam jurnal Science.

Burung-burung yang umum ditemui di selatan Afrika ini biasanya mencari kuliner dengan cara jujur menyerupai menangkap serangga di udara memakai keahlian luar biasa mereka.

Namun di lain waktu, menyerupai pagi yang cuek ketika hanya ada sedikit serangga terbang di sekitar mereka, burung-burung drongo berbalik ke "dunia kejahatan."


Kicauan Burung Drongo Peringatan palsu

Burung drongo bisa menirukan bunyi banyak spesies berbeda yang tinggal di lingkungan gurun termasuk burung, termasuk kicauan burung jalak dan manyar, nyanyian alap-alap dan bunyi mamalia menyerupai meekat.

Drongo memakai tipuan rumit. Mereka memberikan tanda peringatan orisinil mereka ketika melihat pemangsa mendekat-- pada dasarnya memperlihatkan sikap sebagai penjaga-- dan hewan yang lain mempercayai itu sebagai sinyal bahaya.

Namun kadang burung-burung itu memperlihatkan tanda peringatan ini ketika tidak ada ancaman ancaman untuk menipu hewan lain semoga mereka meninggalkan kuliner mereka. Lalu para drongo menyambar makan siang gratis mereka.

"Semua hewan di Kalahari saling menguping peringatan tanda bahaya, yang menyediakan informasi tak ternilai perihal potensi predator. Ini merupakan bab dari jalur informasi besar daerah semua hewan saling berbicara memakai bahasa masing-masing," kata Flower menyerupai dilansir kantor gosip Reuters.

"Karena para drongo kadang memperlihatkan informasi predator yang handal, beliau menciptakan binatang-binatang lain tanggap alasannya yaitu mereka tidak pernah tahu drongo berbohong atau tidak," tambah peneliti yang lain, Amanda Ridley, jago evolusi biologi dari University of Western Australia.

Para ilmuwan menyadari bahwa kadang hewan yang lain bersikap "bijaksana" kepada si penipu dan mengabaikan peringatan ancaman palsu mereka.

Tapi drongo yang licik lalu menggasak kuliner mereka dengan cara yang lain - mereka menirukan tanda peringatan hewan lain, sekali lagi menipu mereka untuk menciptakan mereka terbang meninggalkan kuliner mereka.

Flower mengamati drongo menirukan lebih dari 50 bunyi peringatan tanda bahaya.

Ketika mencuri kuliner dari hewan yang lain, para drongo bisa memakan mangsa yang lebih besar dibandingkan yang normalnya bisa mereka tangkap sendiri menyerupai kalajengking, larva kumbang dan tokek.

Ia mengatakan, mangsa curian itu meliputi sekitar seperempat dari seluruh kuliner yang dimakan oleh drongo.

"Satu bisa beropini bahwa taktik drongo mencuri makan dari hewan yang lain terlihat sangat tidak terhormat dalam standar manusia. Tapi, ya, bila beliau bisa memakai cara cendekia untuk menerima makanan, yang biasanya lebih besar dari yang biasa mereka dapat, kita tidak sanggup tidak mengagumi kepandaian pembiasaan burung kecil ini," kata Ridley.

Para peneliti mengklasifikasikan drongo sebagai "kleptoparasite."

Ada banyak pola kemampuan menggandakan dan menipu di kerajaan binatang. Sekitar 20 persen burung berkicau menirukan kicauan burung yang lain, kata Flower.

"Namun demikian drongo satu-satunya yang bisa sinyal spesifik yang paling bisa menipu korban yang berbeda dan meneruskan tipuan mereka dengan mengubah sinyal bila sinyal sebelumnya gagal," katanya.

Demikian info menarik dunia burung kicau mania terbaru Foto Burung Kicau Unik Drongo Peniru Suara Kicauan Pintar.
loading...

Archive