Memilih Calon Indukan Burung Perkutut Yang Baik

Calon Indukan Yang Baik

 

Syarat utama biar perkutut sanggup diternak, mereka sudah jinak atau sudah usang dipelihara.pejantan dipilih dari burung yang suaranya bagus, sehat, rajin berbunyi dengan irama yang baik alasannya yakni tujuan menernak perkutut ini yakni mendapat keturunan yang bunyi suaranya setaraatau mendekati kebagusan bunyi bunyi induk jantannya

Setelah bunyi suaranya diletahui mutunya, barulah ciri-ciri fisik burung diperhatikan.seberapa jauh kekerabatan ciri-ciri bentuk anggota tubuh dan dengan kemerduan bunyi dan volume suaranya ?

Induk betina sanggup dibedakan dari pejantannya dengan meraba atau mengamati supitnya (tulang yang terletak di antara oaha dan dibawah anus) burung yang supitnya rapat, biasanya jantan.sedang yang longgar dan lemas biasanya betina. burung betina dahinya tidak berpupur,sedang yang jantan dahinya tedapat semacam bedak keputih-putihan.

Induk betina dipilih yang badannya sehat, jinak, dan sudah cukup umur. walau umur 6 bulan sudah sanggup mulai dijodohkan,paling manis jika diternak pada umur sekitar 10 bulan.karena pada usia yang lebih tua, sifat keibuannya lebih menonjol, terutama dikala merawat anaknya.

Untuk mendapat keturunan yang baik, harus diketahui betul sifat-sifat kedua calon induk perkutut. jangan sembarangan menjodohkan dan bertindak untung-untungan alasannya yakni car itu sanggup mengecewakan, yaitu keturunan yang diperoleh menyimpang dari yang diharapkan.

Sepasang induk yang baik, jika diternak dengan baik, selama satu tahun sanggup dibutuhkan beranak 4 - 6 kali.

Perkutut tidak terlalu menentukan tempat untuk bersarang dimana saja wadah sarang di taruh,ia akan mengatur sendiri sarangnya untuk bertelur. umumnya beliau lebih cepat bersarang di tempat terbuka dibanding tempat tertutup. di kawasan yang banyak hujan, menaruh sarang di tempat terbuka sering kurang menguntungkan adanya kotak sarang untuk menaruh wadah dan materi sarang akan sangat menolong keselamatan induk dan anaknya dari efek udara cuek dan kelembapanudara basah

Tempat sarang yang wadah sarangnya berupa keranjang, bangunan sarangnya seringkali berbentuk cekung. dalam sarang ini penetasan telur sering kali gagal, alasannya yakni burung yang mengeram tidak merasa santai dan cepat lelah. akan tetapi jika tempat sarang berupa wadah yang

kedalamannya dangkal atau datar, maka bentuk sarangnya pun datar.pada sarang datar ini induk perkutut sanggup santai dan mengeram berjam-jam. 
smbr:burungperkutut

Jejak www.suaraburungkicau.com
loading...

Archive