Mempersiapkan Tledekan Ke Arena Lomba


Mempersiapkan Tledekan ke Arena Lomba, Burung Tledekan dari segi fisik memang tidak begitu besar, namun mempunyai sifat figthter (petarung). Makanan utamanya yaitu kroto. Master yang baik untuk tledekan yaitu antara lain : Cucak jenggot, Cililin, Love bird, Hma Mei, Kacer, Kenari. Perawatan sehari-hari burung tledekan yaitu sebagai berikut :

1. Pagi jam 06.00 burung dikeluarkan dari dalam rumah, lalu buka kerodongnya biarkan bunyi-bunyi dulu untuk beberapa menit. Jam 06.30 burung di mandikan. Cara memandikannya dapat dengan disemprot handspray atau dengan menyediakan kolam mandi kecil di dalam sangkarnya. Namun dapat juga di masukkan ke dalam kolam keramba kalau ia mau mandi sendiri. Jangan lupa untuk membersihkan sangkar, hilangkan semua kotoran yang menempel di sangkar tersebut. Ada baiknya bila sangkar di bersihkan dengan memakai air yang mengandung antiseptik ibarat : Aksepto Rodalon.
2. Jam 07.00 burung tledekan di jemur selama 3 jam. Sebelum dijemur berikan jangkrik 3 ekor, kroto sepenuh daerah makanannya (cepluk). Setelah proses penjemuran simpulan sangkar burung di turunkan dan jangan eksklusif di kerodong, biarkan di teras dulu beberapa menit untuk di angin-anginkan. Setelah dirasa cukup barulah di kerodong kembali untuk istirahat.
3. Jam 15.00, Burung tledekan di keluarkan lagi, buka kerodong sangkar lalu dianginkan lebih kurang 10 menit. Setelah itu burung di mandikan kembali sama halnya ibarat pada pagi hari. Jam 15.30 burung di jemur hingga 17.00. Sebelum di kerodong cek makanannya. Kroto diberikan kembali apabila sudah habis dan tambahkan jangkrik 2 ekor. Barulah sehabis itu di kerodong.
4. No: 1 hingga dengan 3 dilakukan setiap hari dimulai dari : Senin hingga Kamis. Mulai hari Jum'at dan sabtu sehabis di buka kerodong dan dianginkan lantas di mandikan sebelum di jemur berikan jangkrik : 5 ekor dan ulat hongkong 3 ekor serta kroto sepenuh tempatnya. Proses penjemuran dapat di tambah apabila memang tledekan tersebut tahan panas. Setelah di rasakan cukup usang turunkan sangkar dari gantangan, di anginkan sebentar dan sehabis 10 menit, tutup sangkar dengan kerodong. Istirahatkan burung di dalam rumah. Sore hari jam 15.00 burung tledekan keluarkan kembali untuk mandi dan jemur serta extra fooding jangkrik dan ulat hongkong berikan kembali dengan dosis sama dengan sajian pagi yaitu : 5 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong.
5. Minggu pagi jam 06.00 burung ibarat biasa keluarkan dari rumah dianginkan dan tidak usah di mandikan , cukup bersihkan sangkar dan periksa masakan serta minumannya. kroto berikan sepenuh daerah makanannya, jangkrik 5 ekor dan ulat hongkong ditambah 5 ekor sehabis itu kerodong kembali. Burung siap di bawa ke arena lomba.
by.kicaumania.blogspot.com Jejak www.suaraburungkicau.com
loading...

Archive