Tips Merawat Cendet Ketika Demam Musim Hujan SUPAYA Kembali Sehat

Burung Cendet - Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan. Anda punya burung cendet/pentet di rumah? Apakah anda hambatan merawat cendet ketika animo hujan datang? Ya, kita tahu bahwa cendet ialah burung panas. Artinya, cendet sangat menyukai cuaca panas. Makanya cendet sangat suka dijemur, dan betah dijemur selama berjam-jam. Namun cendet akan loyo dan gampang drop ketika animo hujan datang. Memang begitulah aksara burung cendet, manis di cuaca panas tapi gampang melempem di cuaca dingin/hujan. Kami akan mengembangkan tips merawat cendet ketika animo hujan yang benar.

 Apakah anda hambatan merawat cendet ketika animo hujan tiba TIPS MERAWAT CENDET SAAT MUSIM HUJAN AGAR SEHAT

Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan. Burung cendet/pentet memang dikenal sebagai burung fighter/petarung. Namun cendet juga gampang stress, bahkan alasannya ialah mendengar bunyi rintikan hujan. Cendet juga bisa sangat manja bila salah asuh. Saat masuk animo hujan, sebaiknya anda merawat cendet dengan ekstra. Agar kondisi cendet sehat dan fit. Cendet yang sehat menjadi syarat jadi cendet gacor. Pasalnya, cendet akan gampang ngedrop ketika cuaca dingin/musim hujan. Mari pribadi saja kita simak tips merawat cendet ketika animo hujan berikut ini.

Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan


Ada beberapa perawatan cendet yang bisa anda lakukan di ketika animo hujan, antara lain sebagai berikut :

1. Jemur selagi panas
Saat animo hujan, sinar matahari sangat langka. Karena langit hampir selalu mendung. Nah untuk menyiasati itu, jemur cendet bila sinar matahari nampak. Menjemur cendet selama 30-60 menit sudah cukup bermanfaat bagi cendet di animo hujan.

2. Berikan jahe
jahe ialah salah satu tanaman tradisional yang mempunyai banyak manfaat, termasuk untuk burung cendet. Jahe bisa menjaga suhu badan cendet tetap hangat. Jahe juga bisa mengontrol kadar lemak dalam badan cendet. Saat animo hujan cendet cenderung membisu dan pasif, namun makannya lebih banyak. Agar tidak kegemukan, anda bisa memberika jahe. Caranya dengan memasukkan pecahan jahe yang dipotong kecil-kecil di dalam perut jangkrik. Lalu berikan jangkrik tersebut pada cendet. Jika cendet makan jangkrik tersebut, maka cendet juga makan jahenya. Jahe bisa menjaga cendet semoga tetap langsing dan tidak kegemukan.

3. Berikan Ulat Hongkong
Ulat Hongkong (UH) bisa anda berikan pada cendet di animo hujan. Anda bisa menawarkan UH pada cendet setiap pagi dan sore. Misalnya pagi 2 ekor, dan sore 2 ekor lagi. Anda juga bisa menawarkan pakan suplemen untuk cendet. Misalnya dengan daging ayam mentah. Iris-iris daging ayam mentah sebesar jangkrik. Lalu berikan pada cendet anda.

4. Hangatkan cendet
Cendet akan gampang ngedrop ketika animo hujan atau cuaca dingin. Untuk mencegahnya, anda bisa menawarkan kehangatan pada cendet. Bisa dengan menawarkan lampu bohlam 5 watt di atas kandang cendet. Ini bisa menjaga suhu badan cendet semoga tidak drop. Atau bisa juga dengan mengerodong cendet ketika pagi, sore, atau ketika hujan turun. Kerodong sangat baik untuk menjaga kehangatan badan cendet.

4. Masukkan cendet ketika turun hujan
Saat hujan turun, anda bisa memasukkan cendet ke dalam ruangan/rumah. Karena cendet sangat gampang stress meskipun mendengar bunyi hujan turun jatuh di genteng/seng. Jika diperlukan, kerodong kandang cendet semoga tetap hangat.

5. Berikan multivitamin
Multivitamin harus anda siapkan dalam segala situasi, apalagi animo hujan. Karena semua jenis burung termasuk cendet sangat gampang sakit dan drop ketika animo hujan. Anda bisa menawarkan multivitamin secara rutin 3 kali seminggu. Dapatkan aneka macam multivitamin dan pakan burung berkualitas DISINI.

Sobat kicaukan, demikian warta yang sanggup kami sampaikan perihal tips merawat cendet ketika animo hujan. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub burung kicau untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya.

loading...

Archive