Begini Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Burung kacer  termasuk burung yang cukup terkenal di kalangan pecinta burung kicauan. Burng ini sanggup dijadikan burung dalam arena tubruk atau lomba atau sanggup juga dipakai sebagai burung rumahan atau sekedar kelangenan atau hoby belaka. Burung kacer yang banyak dikenal orang ada dua yaitu kacer dada putih atau burung Poci dan satu lagi kacer full hitam dan sering disebut kacer jawa.


Kacer dada putih harganya lebih muranh dibanding kacer jawa alasannya yaitu populasi kacer putih masih relatif lebih banyak. Banyak yang tidak tahu cara merawat kacer mabung, alasannya yaitu itu akan saya shareing bagaimana mengatsi burung kacer yang sedang mabung. Mabung yaitu dikala dimana burung berganti bulu atau mbrondol dalam bahasa jawa. Saat ini burung memerlukan perwatan Istimewa supaya bulu pulih sempurna.
  • Full kerodong sangkar burung kacer.
  • Sebaiknya anda mengganti brand voer (ganti voer 521 pakan ayam jig manis untuk mempercepat rontok).
  • Berilah kroto selama masa mabung atau pergantian bulu
  • Jangan dimandikan dulu ketika burng mengalami masa mabung
  • Tidak perlu dibersihkan kandangnya kalau tidak dilakukan penjemuran
  • Taburi dasar sangkar dengan kapur 2 mm dan diatasnya 1cm dedak atau bekatul

Perlu kita ketahui bahwa masa mabung kacer berlangsung saekitar 2 bulan berarti  lebih pendek dibanding murai batu. Setelah bulu pulih semua, burung kacer mulai sanggup dimandikan dan dijemur secara sedikit demi sedikit selama sebulan dan selanjutnya sanggup diperlakukan menyerupai burung kacer normal lainnya.
loading...

Archive