Burung Serindit (Yang Lucu, Unik Dan Memikat)



Burung Serindit mempunyai kebiasaan unik selagi hinggap, yaitu menggelantung dengan kepala mendongok. Atraksi ini menciptakan burung mungil, yang hanya sebesar burung gelatik ini, nampak lucu dan memikat. Banyak orang terpengaruhi untuk mempunyai burung indah ini, namun caranya tidaklah mudah. Cara yang sempurna hanyalah dengan menangkarkan, hingga populasi tetap terjaga. Tetapi upaya ini pun bukan tanpa hambatan, alasannya ialah kelestarian hidup burung ini pun masih ditentukan oleh tersedianya pakan yang memadai dan suasana yang semirip mungkin habitat aslinya. Oleh lantaran itu lingkungan daerah kehidupannya mutlak harus selalu terjaga.




Ciri - ciri
Burung Serindit termasuk burung berukuran kecil. Panjangnya mulai paruh hingga ujung ekor hanya sekitar 12 cm, ibarat halnya kerabat burung bayam, abang tua, nuri, dan betet.



Salah satu ciri burung Serindit ialah bulu tubuhnya yang berwarna - warni. Bulu kepalanya berwarna hijau terang, paruhnya berwarna hitam dengan bentuk melengkung, matanya bundar berwarna kuning, dan terdapat semacam jambul biru menghiasi kepalanya. Penampilannya yang telah memikat ini masih ditambah dengan keindahan bulu sayapnya yang berwarna hijau bau tanah dengan warna merah dan hitam di ujungnya. Bulu badannya berwarna hijau muda bercampur kekuning - kuningan, warna bulu punggungnya kuning kecoklatan, sedang bulu ekornya berwarna hijau bau tanah bercampur warna merah dan hitam.

Warna bulu pada tenggorokannya sanggup dipakai untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Pada Serindit jantan terdapat bulatan berwarna merah di tenggorokannya, sedang pada Serindit betina berwarna kuning. Kaki burung Serindit berjari - jari empat, dengan warna bulu hitam agak jingga.

Habitat dan makanan
Burung Serindit disebut sebagai burung hutan, alasannya ialah habitat alaminya memang di hutan - hutan lebat. Mereka hidup bebas dan selalu berpasangan dalam sebuah kelompok besar.

Burung ini berkembang biak dengan cara bertelur sebanyak 3 butir, yang dieraminya selama 3-4 minggu, pada sebuah sarang yang dibangun di atas pohon yang tinggi. Burung Serindit sanggup bertelur 3 atau 4 kali dalam setahun. Makan burung Serindit terdiri dari berjenis buah - buahan yang banyak terdapat di hutan.

Burung Serindit jantan dikenal sebagai burung pemberani. Sifatnya ini sering dimanfaatkan penduduk untuk memikat burung serindit lainnya hingga kelompoknya gampang terjebak dalam perangkap khusus, yang dibentuk untuk menangkapnya. Seringkali penangkapan besar besaran pada burung ini demikian gencar, hingga bila tidak diimbangi dengan upaya pembudidayaan dikhawatirkan low populasi / populasi menurun terlebih punah.
loading...

Archive