Jenis Pakan Burung Perkutut Dan Harganya


Suara Perkutut Manggung Akan Semakin Bagus Saat Pakan Yang Diberikan Juga Berkualitas, Apa Saja Macam dan Jenis Pakan Yang Baik Untuk Perkutut?

Burung perkutut yaitu jenis burung yang dipelihara sebab keunikan suaranya, bukan sebab warna bulunya maupun bukan sebab dagingnya. Suara perkutut yang terdengan mirip Hur - ke - te - kuk dan kadang mirip ada bunyi gung mempunyai irama yang unik, khas dan beraneka jenis.
Salah satu faktor lingkungan yang turut mempengaruhi keindahan bunyi perkutut yaitu jenis pekan yang dimakannya. Burung perkutut dari keturunan yang baik tidak akan menurjukkan bunyi yang manis bila diberi pakan yang asal – asalan. Burung perkutut setiap hari membutuhkan pakan antara 5 – 10 g per ekor. Pakan ini dengan kandungan protein 10-15 lemak 2-4%, dan serat 2-5%.
Untuk mendapat bunyi yang manis atau supaya burung perkutut rajin manggung perlu diberi asupan pakan yang manis dan berkualitas. Beberapa jenis pakan burung perkutut antara lain milet, gabah, ketan hitam, juwawut, Beras merah, godem, dan jenis pakan lainnya. Dibawah ini klarifikasi lengkap mengenai jenis dan macam pakan burung perkutut dengan estimasi harganya sehingga para penggemar perkutut bisa pribadi menentukan pakan apa yang cocok dan sesuai dengan isi kantongnya.
Saat manggung, bunyi burung perkutut menjadi 3 bagian. Yaitu bunyi depan (pengajeng / angkatan), bunyi tengah (penengah/pukulan), dan bunyi ujung (dawah / pembuang). Ketiga penggalan bunyi ini jika dieja secara sederhana berbunyi : “Hur- kete – kuk”. Dari ketiga penggalan bunyi ini, bunyi tengah (“kete”) boleh tidak ada atau tidak terdengar. Tapi bunyi depan dan bunyi ujung belakang mutlak harus ada. Karena tak ada burung perkutut yang berbunyi :” Hur – kete” atau “Kete – kuk” saja. Sedang perkutut yang berbunyi :”Hur – kuk” banyak ditemukan, contohnya perkutut bangkok. (sumber: Buku Kawruh Peksi Berkutut ditulis tangan dengan karakter Jawa oleh R.W Padmodiprodjo pada zaman Belanda).

Baca juga ini : Kelebihan Perkutut Udan Mas

Jenis Pakan Yang Cocok Untuk Segala Jenis Perkutut,  Millet
Milet ini merupakan makanan penting buat perkutut, kandungan gizi didalamnya sangat diharapkan sekali buat perkembangan perkutut, milet ini cock digunakan untuk segala jenis perkutut baik itu untuk perkutut didalam sangkar soliter maupun untuk perkutut didalam sangkar ternak, namun khusus untuk sangkar soliter pemakaian yang hiperbola akan berakibat kegemukan buat perkutut hendakanya ditakar didalam pemakaianya. Kisaran harga milet antara 5rb-8rb, cukup tinggi memang sebab milet merupakan tanaman import yang mesti didatangkan dari luar negeri.
Selain bisa mendapat isu perihal aneka macam jenis pakan untuk perkutut, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung aneka macam jenis seperti: bunyi perkutut manggung, kicau walet pemanggil, kicau burung bangau, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang bahari yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul. Link Download MP3 Macam-macam Kicau Burung Silahkan KLIK DISINI
Pakan Yang Digemari Perkutut,  Gabah Bangkok
Selain milet, pakan yang digemari perkutut yaitu gabah, tetapi perlu dicatat bahwa gabah yang dimaksud bukan gabah beras yang nantinya untuk konsumsi manusia, jenis gabah disini yaitu gabah bangkok dan ukuranya pun jauh lebih kecil dan cenderung agak bulat/oval. Ada 2 jenis gabah bangkok ini yang pertama jenis gabah bangkok merah, sesuai namanya gabah ini didalamnya berwarna merah dan ukuran agak lebih besar biasanya cocok untuk konsumsi perkutut dikandang ternak sebab kandungan vitamin e nya yang besar. Jenis gabah bangkok yang kedua yaitu gabah bangkok putih, gabah ini didalamnya berwarna putih dan mempunyai ukuran jauh lebih kecil dari gabah bangkok merah dan biasanya banyak digunakan untuk perkutut lomba. Harga gabah bangkok merah kisaran 10-12rb perkg, untuk gabah putih 15-25rb perkg.

Pakan Perkutut Yang Cocok Buat Indukan, Juwawut
Pakan perkutut jenis biji-bijian lainya yang umum dikonsumsi perkutut yaitu Jewawut, bentuk butiranya mirip milet namun warnaya orange dan cenderung agak kasar, jewamut ini bisanya sangat manis untuk konsumsi perkutut dikandang ternak bahkan khusus untuk indukan yang sedang mengeram atau meloloh piyikan jewawut ini harus rutin diberikan selain kandungan protein yang tinggi konon jewawut in bisa menggurangi resiko indukan kejang-kejang ddan berujung janjkematian disaat menggerami. Selain itu jewawut ini harus diberikan buat piyikan yang berumur 2-5bln atau diberikan buat puter/baby sister yang sedang meloloh piyikan, supaya berkembangan piyikan jadi sehat dan cepat besar.

Jenis Pakan Perkutut Yang Bisa Menghangatkan Tubuh Burung Saat Musim Hujan, Ketan Hitam
Ketan hitam ini banyak dijumpai sehari-hari disekitar kita, ketam hitam ini kurang diminati perkutut, namun begitu pemakaianya sangat diperklukan bilamana memasuki trend penghujuan karen ketan hitam ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh perkutut, pemakaianya bisa untuk perkutut dikandang ternak maupun perkutut untuk kandnag soliter, meski fungsinya manis untuk menghanggatkan tubuh perkutut namun pemakaian yang banyak dikuatirkan akan cepat merusak bunyi perkutut, sebab ketan hitam ini merangsang bunyi seekor perkutut. Harga kisaran 7rb-10-rb perkg

Jenis Pakan Perkutut yang Juga Berfungsi Sebagai Penghangat, Godem
Godem ini mempunyai bentuk mirip dengan jewawut baik itu ukuran maupun butiranya, namun godem mempunyai permukaan kulit yang berwarna hitam mengkilat dan cenderung agak halus sedikit. Godem kebanyakan hanyak digunakan dikala memasuki trend hujan sebab fungsinya hampir sama dengan ketan hitam sebagai penghangat, bahkan ada yang menggatakan bilamana seekor perkutut kurang rajin bunyi sebaiknya banyak dikasih makan godem, sebab godem ini diyakini bisa merangsang bunyi seekor perkutut, namun begitu pemakaian yang sering dikuatirkan berujung merusak bunyi perkutut. Harga godem 30-40rb perkg.

Pakan Perkutut Pemacu Produktivitas Indukan, Beras Merah
Memang untuk pemakaian beras merah sebagai pakan burung perkutut masih dirasa kurang umum/lazim namun begitu tidak jarangpeternak yang memanfaatkan beras merah untuk pakan perkutut, terutama untuk perkutut didalam sangkar ternak, kandungan vitamin e yang sangat tinggi didalam beras merah yang dimanfaatkan untuk memacu produktivitas indukan, selain itu untuk baby sister/puter atau piyik yang masih kecil diyakinin pemakaian beras merah ini sangat manis untuk perkembanganya. Harga kisaran 5-7rb perkg.

Pakan Perkutut Untuk Menjaga Suara Perkutut Lomba, Kacang hijau
Tidak mirip pertolongan pakan bijian lainnya, cara pertolongan kacang hijau dengan cara di loloh dengan cara dipegang perkututnya sambil tangan satunya membuka paruh perkutut sambil di dorong kacang hijaunya ke kerongkongan perkutut. Sebelum di gunakan, kacang hijau sebaiknya di rendam dalam air mendidih (tidak di masak bersama airnya). Kacang hijau sebaiknya di rendam sekitar 6-8 jam supaya mengembang. Kacang hijau bermanfaat untuk menjaga kestabilan bunyi perkutut lomba. Bijian ini juga sangat baik untuk piyik perkutut dan burung yang sakit.

Jenis Pakan Perkutut Buatan Pabrik  dan Harga Saat Ini
Berbagai Jenis Pakan Burung Perkutut Berkualitas Serta Harga Terbarunya:


Fancy Bird Food Perkutut
Pakan Burung Perkutut produk dari Fancy Bird Food pakan perkutut khusus buatan Fancy, dengan di lengkapi oleh pakan biji bijian yang sangat komplit dan tentunya sangat berkualitas bagus.
Harga Saat Ini : Rp. 11.000/500gram.


Sae Kong Perkutut
Pakan Burung Perkutut produk dari Sae Kong Perkutut yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut yang terbuat dari racikan extra serbuk dari Madura yang sangat lengkap. yang berupa telur, gingseng, madu, serta godem.
Harga Saat Ini : Rp. 5.500/150gram.


Gold Coin Perkutut Royal
Pakan Burung Perkutut produk dari Gold Coin Perkutut Royal yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut yang terbuat dari biji-bijian terbaik dan juga memadukan resep tradisional dengan teknologi yang sangat mutakhir, oleh sebab itu menghasilkan jenis pakan yang bersih, enak serta kaya akan gizi yang di butuhkan oleh burung perkutut.
Harga Saat Ini : Rp. 8.500/250gram.


Fancy Love & Care Perkutut’s Nutri Mix
Pakan Burung Perkutut produk dari Fancy Love & Care Perkutut’s Nutri Mix yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut yang berkualitas manis dan tentunya sesuai dengan kebutuhan setiap burung perkutut.
Harga Saat Ini : Rp. 11.000/400gram.

Platonic Pakan Perkutut
Pakan Burung Perkutut produk dari Platonic Pakan Perkutut yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi serta mempunyai multivitamin yang lengkap dan diramu khusus untuk pakan perkutut.
Harga Saat Ini : Rp. 16.000/450gram.

Alam Sakti Perkutut Plus
Pakan Burung Perkutut produk dari Alam Sakti Perkutut Plus yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut yang terbuat dari racikan materi pakan yang sangat lengkap dan sangat manis untuk di berikan pada burung perkutut anda.

Harga Saat Ini : Rp. 15.500/450gram.

Madura Koung
Pakan Burung Perkutut produk dari Madura Koung yaitu salah satu jenis pakan burung perkutut temuan dari para pakar perkutut yang tentunya menghadirkan dimensi yang gres untuk kepuasan burung perkutut yang kurang bertenaga.
Harga Saat Ini: Rp 12.000,-


Jenis-jenis Pakan Tambahan Untuk Burung Perkutut dan Manfaatnya
  • Jenis pakan suplemen untuk perkutut bisa dari jenis serangga berupa kaoto, ulat hongkong, dan lain-lain sebagai sumber protein hewani. Diberkan seminggu sekali.
  • Pakan suplemen supaya perkutut rajin manggung, Terasi, mempunyai kegunaan membentuk bunyi dan meningkatkan gairah manggung. Diberikan seminggu sekali dengan cara dibentuk butiran sebesar kacang hijau kemudian diberikan ke burung.
  • Daun saga, mempunyai kegunaan menjernihkan suara. Diberikan seminggu sekali. Cara pemberian, daun saga dipulir puli sampai menjadi butiran-butiran kecil sebesar kacang hijau dan keluar airnya, kemudian air perasan dan butiran tenebut ( 5-7 butiran untuk sekali pertolongan ) diberikan pada burung.
Demikian isu aneka macam macam jenis pakan perkutut dari yang natural, alami, pakan buatan pabrik sampai pakan suplemen untuk menciptakan perkutut anda rajin manggung, semoga bermanfaat.
loading...

Archive