Membedakan Jenis Kelamin Gould Amadin

Burung - Gould amadin atau gouldian finch termasuk salah satu burung favorit dari jenis finch. Burung yang dijuluki pipit tercantik di dunia ini bukan hanya disukai kaum lelaki sebagaimana burung kicauan, perkutut, serta merpati balap. Banyak kaum Hawa yang juga menyukai gold amadin, alasannya yakni keindahan warna bulunya dan perawatan yang relatif mudah. Berikut ini cara membedakan gould amadin jantan dan betina, sebagai panduan bagi Anda yang gres saja atau ingin memelihara maupun menangkarnya.

Membedakan Jenis Kelamin Gould Amadin

Secara umum, gould amadin yang biasa dijual di pasar burung maupun dalam lembaga dan situs jual beli online yakni sepasang burung dengan kepala hitam dan kepala merah, ibarat terlihat dalam gambar di bawah ini : 

Tetapi, gould amadin merupakan spesies burung yang terbuka untuk dieksplorasi sehingga muncul ribuan bahkan ratusan varian warna gres hasil mutasi yang direncanakan. Makin banyak varian warna, makin sulit bagi pemula untuk mengidentifikasi burung jantan dan betina. 

Untuk memudahkan Anda dalam melaksanakan seking, berikut ini beberapa panduan dasar dalam memilih jenis kelamin dari gould amadin. Perlu diketahui, gould amadin bersama-sama merupakan burung dimorfik, artinya burung jantan dan betina sanggup dilihat dari postur badan dan warnanya. Secara umum, burung jantan mempunyai bulu dada yang berwarna lebih tua, cerah, dan tegas daripada betina. 

Jika tidak percaya, silakan amati burung jantan dan betina pada gambar di atas. Burung yang berada di sebelah kiri berjenis kelamin jantan, sedangkan di sebelah kanan yakni burung betina. Anda sanggup melihat sendiri perbedaan tingkat kecerahan warnanya, bukan? Lalu, bagaimana kalau kita mendapat gould amadin dengan warna kepala yang berbeda, dan berasal dari hasil mutasi yang berbeda pula? Cara termudah yakni dengan mendengarkan suaranya. Sebab hanya burung jantan yang sanggup berkicau, sedangkan burung betina tidak sanggup berkicau. Selain itu, burung betina remaja yang mempunyai warna punggung hijau atau biru lebih gampang dibedakan jenis kelaminnya dikala hendak berkembang biak. 

Sebab warna paruhnya akan bermetamorfosis hitam, yang menjadi mengambarkan bahwa ia sudah siap kawin. Selain perbedaan tingkat kecerahan, dan suara, ada beberapa serpihan dari badan gould amadin yang sanggup pula dijadikan tengara jenis kelaminnya. 
Berikut uraiannya : 
1. Kecerahan warna kepala Panduan khusus warna kepala ini berlaku untuk gould amadin kepala kepala merah dan kepala kuning. Burung jantan mempunyai warna merah murni dan lebih cerah, sedangkan burung betina mempunyai warna kepala yang lebih gelap dengan warna bulu di badan yang lebih kusam. 

 2. Warna lingkar leher (blue collar) Metode seking menurut kecerahan warna kepala tidak berlaku untuk gould amadin kepala hitam. Jadi, pada gould amadin kepala hitam, kita memakai metode lain, yaitu dengan melihat garis biru yang mengelilingi leher burung(blue collar). Metode ini sanggup juga diterapkan pada gould amadin punggung hijau dan punggung biru. Burung jantan mempunyai garis biru yang berwarna lebih terangm sempurna di belakang topengnya. Sedangkan burung betina mempunyai garis biru kehijauan yang terlihat samar-samar.  
 

3. Warna pada serpihan dada Pada umumnya, gould amadin jantan mempunyai dada berwarna ungu renta (gelap), sedangkan betina berwarna ungu muda. Metode seking ini berlaku untuk semua jenis mutasi, kecuali gould amadin berdada putih. Ada juga beberapa mutasi warna khusus di serpihan dada, yang mengakibatkan burung jantan mempunyai warna lebih muda sehingga ibarat burung betina. Untuk mengatasi problem ini, jangan lupakan metode seking lainnya ibarat pada poin 1 dan 2. 

 
Itulah beberapa metode seking yang sanggup Anda terapkan dalam memilih jenis kelamin gould amadin, baik untuk peliharaan atau untuk tujuan penangkaran. 
loading...

Archive