Panduan Merawat Kenari Saat Musim Hujan

Merawat Kenari Saat Musim Hujan, SuaraBurungKicau.com - Tips merawat kenari pada waktu musim hujan semoga suhu badan kenari tetap hangat dan tak gampang sakit.

Merawat kenari di waktu musim hujan sebetulnya tidak terlalu berbeda dengan rawatan harian kenari di isu terkini kemarau. Hanya ada beberapa terobosan dan alternatif untuk mempertahankan suhu badan kenari semoga tetap hangat meskipun cuacanya dingin. Mengapa suhu badan kenari harus tetap hangat? Karena kalau sush badan kenari terpengaruh dengan cuaca, maka besar kemungkinan kenari akan gampang sakit. Misalnya diare, kaki berjamur atau bubul, dan bisa membahayakan nyawanya. Untuk itu kita harus pandai-pandai menyiasati perawatan kenari khususnya pada isu terkini hujan. Kenari sangat suka berjemur untuk mencegah lemak menumpuk (gajeh). Nah di isu terkini hujan ibarat dikala ini mari kita simak tips rawatan kenari semoga tetap sehat dan hangat.

Cara Perawatan Kenari Saat Musim Hujan


1. Memberikan pakan yang tepat
Kenari menyukai biji-bijian sebagai pakan utamanya. Ada beberapa pakan yang cocok diberikan pada kenari di isu terkini hujan. Pakan-pakan berikut ini mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga sanggup menjaga suhu badan kenari tetap hangat.
  • Roti tawar. Roti tawar mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga sanggup menjaga suhu badan kenari dan mencegah kenari kurus. Roti tawar terbuat dari tepung gandum dan banyak mengandung karbohidrat. Penyajian roti tawar bisa eksklusif digantung dalam kandang atau bisa juga dalam bentuk eggfood.
  • Oatmeal. Adalah makanan yang juga terbuat dari gandum. Oatmeal mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa menjaga daya tahan badan kenari dikala isu terkini hujan. Untuk pemberian oatmeal, anda bisa menaruhnya di dalam wadah terpisah. Cocok diberikan pada siang hari.
  • Biji matahari/kwaci hitam. Sebagai pemakan biji-bijian, kenari sangat suka dengan biji matahari atau kwaci hitam. Makanan ini bisa menjaga ketahanan badan kenari dari penyakit isu terkini hujan.
  • Nyjer seed
  • Kacang-kacangan.

2. Gantang kenari dalam ruangan yang hangat
Pada dikala isu terkini hujan, angin biasanya akan bertiup kencang baik sebelum hujan mupun dikala hujan. Nah kalau kenari anda sedang digantang di teras/di luar rumah, segera pindahkan kenari ke dalam ruangan yang tidak eksklusif terkena angin. Angin kencang sanggup menciptakan kenari ngedrop dan gampang sakit. Belum lagi kandang bisa jatuh alasannya angin kencang.

3. Gunakan lampu penghangat
Jika tak ada sinar matahari sepanjang hari alasannya tertutup awan mendung, anda bisa menyiasatinya dengan menaruh lampu penghangat di dalam kandang kenari maupun di bersahabat sangkar. Lampu bisa berupa lampu biasa (warna kuning) ataupun dengan lampu full spektrum. Dengan dukungan dari lampu penghangat, suhu badan kenari akan tetap terjaga.

4. Coba gunakan tangkringan hangat
Cara ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia. Karena umumnya alat ingi hanya bisa dipesan di luar negeri. Tangkringan hangat ini sangat bermanfaat untuk menjaga badan kenari selalu hangat dikala isu terkini hujan.

Cara-cara di atas ialah alternatif untuk menjaga suhu badan kenari tetap hangat meskipun isu terkini penghujan. Namun sebagai langkah sederhana anda bisa menggantang kenari di ruangan yang hangat dan menjemurnya dikala matahari mulai menampakkan diri. Untuk menjamin kesehatan badan kenari anda bisa menunjukkan multivitamin secara rutin.

Sobat burung kicau, itulah panduan Merawat Kenari Saat Musim Hujan yang sanggup kami sampaikan wacana merawat kenari waktu musim hujan.

Perawatan Kenari Saat Musim Hujan

loading...

Archive