Tips Cara Memelihara Perkutut Semoga Bersuara Gacor Dan Siap Lomba

Memelihara Perkutut Berpasangan Jantan dan Betina Akan Menghindarkan Perkutut Jantan dari stress
Merawat Perkutut Kontes Agar Gacor dan Selalu Siap Mengikuti Lomba Burung
Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung kicau pemakan biji-bijan. burung ini mempunyai ukuran yang kecil yaitu sekitar 21 cm, ciri perkutut sendiri sanggup di lihat dari tubuhnya yang ramping, berekor panjang, kepala abu-abu, pada bab leher ada garis hitam yang halus, punggung warna coklat, kakinya merah jambu tua, dan paruh abu-abu kebiruan. kehidupan burung perkutut di alam liar sama ibarat lovebird yang saling berpasangan dan membentuk kelompok kecil dengan sejenisnya, bahu-membahu ada banyak jenis burung perkutut di muka bumi, namun yang masih terkenal ketika ini yaitu perkutut lokal, bangkok, dan thailand. baik, setelah mengenal sedikit perihal burung perkutut, selanjutnya berguru cara merawat burung perkutut semoga gacor dan juara kontes.

Cara Merawat Burung Perkutut Bakalan
  • Seperti burung kicau lainnya, bunyi burung jantan lebih gacor dari pada betina. maka anda harus menentukan anakan atau bakalan perkutut yang berkelamin jantan, biasanya burung perkutut jantan mempunyai sumpit kerapatan kaki kurang dari 1 cm, sedangkan yang betina sumpit kakinya lebih renggang.
    Mandikan burung secara rutin, cara memandikan perkutut sanggup menggunakan semprotan sprayer yang paling halus. kami sarankan memandikan burung menggunakan air besar di campur dengan daun sirih tujuh lembar, itu semua berfungsi untuk menghilangkan kutu pada tubuh burung, selain itu juga sanggup mengkilapkan warna burung tersebut.
    Setelah selesai memandikannya, jangan lupa jemurlah burung setiap pagi pada pukul 7 – 9 pagi. hal ini di lakukan supaya menguatkan kekebalan tubuh burung terhadap panas.
    Pemberian makanan, ibarat yang sudah kami jelaskan di atas bahwa kuliner utama burung perkutut di alam liar ialah biji-bijan, jadi sebaiknya berilah kuliner yang sama yaitu beras merah, milet, dan butiran jagung.
  • Buatlah suasana sekitar burung perkutut terasa damai dan nyaman baginya, alasannya ialah kenyamanan burung sangat besar lengan berkuasa pada fisik dan psikisnya, terutama pada kualitas bunyi perkutut.
Selain sanggup mengenal aneka jenis burung termasuk perkutut, di situs ini anda juga sanggup download MP3 kicauan burung seperti: kicau menakutkan burung hantu, bunyi murai batu, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang maritim yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Agar Perkutut Gacor dan Rajin Berbunyi, Coba Resep-resep Ini

Resep dari Lukas Prasetyo seorang penangkar perkutut yang tinggal di Depok, Jawa Barat.
  • Seperti dilansir dari trubus-online, Om Lukas mula-mula merebus sebanyak 250 g telur kepiting hingga matang yang kemudian ditiriskan dan dijemur hingga kering.
    Kemudian telur kepiting tersebut ditumbuknya hingga menjadi halus atau serbuk, setelah itu dicampurkan dengan 300 ml minyak ikan, 150 gram susu kedelai bubuk, dan 4 butir telur itik. Campuran itu kemudian diaduk hingga merata kemudian dibuat menjadi pelet ukuran kecil semoga gampang ditelan oleh burung.
  • Pelet yang telah menjadi pemanis itu pun disimpan dalam wadah yang tertutup rapat semoga tahan hingga satu bulan.
  • Suplemen vitamin itu kemudian diberikan pada burung perkutut sebanyak tiga butir setiap pekannya.
Contoh Jamu Agar Perkutut Gacor
Burung perkutut biasanya suka kuliner sejnis biji-bijian, serta jikalau burung telah mulai berbunyi proteksi pakannya sanggup diberikan berbentuk millet serta gabah saja dengan kuliner olahan yang bahannya terdiri dari gabungan ketan hitam, millet, canary seed, jewawut, dengan sebagian jenis bumbu layaknya kencur, jahe, bawang putih, madu, kuning telur ayam kampung, lada putih serta garam dapur beryodium. kuliner olahan tersebut sanggup dibeli di pedagang - pedangan burung atau toko binatang peliharaan. namun anda juga sanggup memproses sendiri kuliner perkutut dengan resep sebagai berikut :
  • canary seed 1/4 Kg
  • telur 2 hingga 3 butir, diambil kuningnya saja
  • gabah 1 Kg
  • madu 5 sendok makan
  • bawang putih 2 siung
  • ketan hitam 1/4 Kg
  • lada putih ½ sendok teh
  • millet 1 Kg
  • jahe 3 jari tangan
  • kencur 3 jari tangan
  • jewawut 1/8 Kg
garam ½ sendok makan bumbu berbentuk jahe, kencur, lada putih, bawang putih,serta garam ditumbuk hingga halus kemudian kuning telur dikocok hingga mengembang, lantas berikan madu lebah murni kemudian dikocok lagi hingga benar-benar tercampur. setelah madu telur itu tercampur, kemudian masukan bumbu yang telah di tumbuk halus tadi kemudian aduk hingga rata.

canary seed, millet, ketan hitam,gabah, serta jewawut, sebelum ketika dicampurkan dicuci higienis terlebih dahulu di buang yang mengambang kemudain ditiriskan, digelar didalam tempeh atau sejenisnya. setelah itu dijemur hingga kering. biji-bijian yang telah kering inilah yang dicampurkan didalam adonan telur madu yang berbumbu tadi.

materi digabung kemudian di aduk samapai rata, jikalau butuh diremas-remas dengan tangan biar materi tercampur. setelah adonan tercampur benar kemudian di gongsong kata orang jawa bilang ( digoreng tanpa minyak ) sepanjang lebih kurang dua menit. lantas diangkat serta dituangkan diatas nyiru, untuk diangin-anginkan di area teduh hingga kering serta dingin.

Jamu Kencur Untuk Perkutut Agar Gacor

Berikan Kencur dengan jedah 3 hari setelah proteksi minyak ikan

Caranya : ada 2 cara atau metode proteksi kencur antara lain:
a. Dengan cara di lolohkan eksklusif pada perkutut yaitu dengan cara ambil kencur dan kupas kulitnya kemudian kita ambil dalamnya dan di buat potongan sebesar kacang hijau dan berikanpada perkutut kita sebanyak 2 s/d 3 biji di setiap3 hari hingga seminggu sekali karean setelah pelolohan umumnya ada 2 kejadian:
- Kencur yg di lolohkan eksklusif di telan dan di cerna.
- Ada yg di telan tapi jarak beberapa jam akan di muntahkan kembali

b. Dengan cara kencur di buat air minum perkutut Yaitu dengan cara ambil kencur kupas dan di parut kemudian di campur air dan di rebus setelah matang saring airnya dan dinginkan setelah cuek sanggup buat airminum perkutut kita Semuanya

Fungsi dan khasiat KENCUR untuk perkutut:
1.Menyehatkan perkutut
2.Menggangkat lendir/dahak pada perkutut
3.Menghilangkan radang tengorokan pada perkutut
4.Melonggarkan Rongga nafas dan menguatkan nafas pada perkutut
5.Menguatkan pita bunyi pada perkutut

Tips Cara Pemeliharaan Perkutut Harian 

Peliharalah Perkutut Berpasangan Jantan Betina
Cobalah mencarikan jodoh untuk burung perkututmu jikalau memang ia selalu gelisah dan tampak tidak damai alasannya ialah mungkin ia sedang birahi tapi tidak mempunyai daerah pelampiasan yang sesuai. Namun jikalau sudah kau berikan jodoh tapi ia masih tidak tenang, sanggup berarti ia tidak cocok atau ada dilema lain yang mengganggu burung perkututmu.

Memandikan Perkutut
Memandikan burung perkutut ialah hal yang penting untuk menjaga kebugaran dan kebersihan burung perkutu anda. Mandikanlah burung perkutut anda secara rutin dengan cara menyemprot dengan spray. Pilihlah spray dengan semburat yang sehalus mungkin. Lebih baik lagi jikalau anda menyemprotnya dengan gabungan air beras dan daun sirih sebanyak kurang lebih 7 lembar untuk membantu menghilangkan kutu dan mengilapkan warna bulu burung perkutu yang anda miliki. Dengan demikian setiap hari burung perkutut anda akan bebas dari gangguan kutu dan semakin indah. Seperti manusia, burung juga membutuhkan mandi yang rutin semoga tubuh mereka tetap segar dan tentunya higienis dari kutu dan binatang pengganggu lainnya.

Menjemur Burung Perkutut
Seperti manusia, burung perkutut juga butuh asupan sinar matahari yang cukup semoga tetap segar dan tahan terhadap panas. Untuk mencapai tujuan ini, kau harus menjemur burung perkutu anda secara rutin. Anda sanggup menjemur burung perkutut anda tiap pagi, kurang lebih mulai pukul 7 hingga kurang lebih jam 9, tergantung keadaan cuaca ketika itu. Jangan menjemur burung perkutut anda pada cuaca yang terlalu terik alasannya ialah hal itu malah sanggup mengakibatkan burung perkutut anda kepanasan. Prinsipnya adalah, burung perkututmu perlu asupan sinar matahari yang cukup semoga badannya terbiasa terpapar sinar matahari dan menyegarkan badannya.

Pemberian Pakan Perkutut
Baik binatang ataupun insan niscaya membutuhkan kuliner yang baik untuk mendukung perkembangan tubuh mereka. Begitupula dengan burung perkutut yang anda miliki. Apabila anda menawarkan pakan yang tidak berkualitas, maka hal itu terang akan besar lengan berkuasa pada burung perkutut anda. Pakan utama yang penting untuk burung perkutut anda ialah pakan ibarat biji-bijian, rumput, atau padi-padian. Alternatif lain yang sanggup anda pilih ialah butiran jagung, beras merah, atau gabungan kuliner dari pabrik dengan kandungan protein yang tinggi. Semakin berkualitas pakan yang anda berikan pada burung perkutut anda, semakin baik perkembangan yang ia alami. Oleh alasannya ialah itu jangan hingga telat memberi makan burung perkutut anda ya.

Kandang dan Lokasi Yang Nyaman
Bukan hanya insan yang sanggup stress alasannya ialah lingkungan yang berisik dan sangat mengganggu. Hewan, salah satunya burung perkutut yang kau pelihara juga sanggup stress ketika mempunyai lingkungan yang sangat tidak ramah dan membuatnya gampang stress. Oleh alasannya ialah itu sediakanlah lingkungan yang ramah pada burung perkututmu. Sebisa mungkin carilah daerah yang tenang, dengan suhu yang sejuk dan tidak banyak gangguan yang sanggup mengenai burung perkututmu. Dengan demikian ia akan relatif lebih damai sehingga kualitas kesehatan dan kejiwaan burung perkututmu akan lebih terjaga. Dan akhirnya, kualitas bunyi burung perkututmu juga akan semakin bagus.

Pemberian Vitamin dan Jamu
Untuk menambah kesehatan serta kebugaran burung perkututmu, kau sanggup mencoba memberikannya tambahan vitamin dan jamu khusus buatan pabrik atau kuliner tambahan ibarat kroto, ulat hongkong, dan lainnya sebagai sumber protein hewani buatnya. Kamu juga sanggup menawarkan daun saga untuk membantu menjernihkan suaranya seminggu sekali dengan cara mencekokkan carian dari perasan daun saga pada burung perkututmu setelah dipulir-pulir hingga menjadi buritan kecil dan keluar airnya.

Memberikan minyak ikan
Apabila kau ingin semoga burung perkutut milikmu cepat manggung, maka kau perlu memberikannya banyak sekali macam tambahan pemanis semoga bunyi burung perkututmu cepat keluar dengan indah. Salah satu caranya ialah dengan menawarkan minyak ikan 1 butir per tiga hari. Caranya sanggup dilolohkan eksklusif pada ekspresi burung perkututmu. Namun demikian usahakan semoga burung perkututmu tidak hingga tersedak ketika kau menawarkan minyak ikan ini alasannya ialah sanggup menciptakan tenggorokannya sakit. Cobalah basahi tenggorokan burung perkututmu dengan air terlebih dahulu sebelum menawarkan minyak ikan.

Asupan tambahan lain yang sanggup diberikan pada burung perkututmu ialah menawarkan kencur seiring dengan proteksi minyak ikan. Caranya ialah dengan melolohkan eksklusif pada perkututmu dengan cara mengupas kulit kencur kemudian mengambil dalaman kencur tersebut kemudian dibuat potongan sebesar kacang hijau kemudian berikan pada perkutut anda sebanyak 2 hingga 3 biji setiap 3 hari hingga seminggu. Perhatikan bahwa untuk menawarkan kencur ini harus ada jeda kurang lebih 2 hingga 3 hari semenjak diberikan minyak ikan. Kaprikornus urutannya ialah proteksi minyak ikan terlebih dahulu gres kemudian menawarkan kencur, apabila anda berniat menawarkan kedua pemanis ini pada burung perkutut kesayangan anda.

Memberikan kacang hijau
Suplemen lain yang sanggup kau berikan untuk burung perkutut milikmu ialah kacang hijau. Kamu sanggup menawarkan kacang hijau dengan cara menjemurnya di dalam air panas hingga teksturnya melembut, kemudian melolohkannya pada burung perkutut yang kau miliki sebanyak kurang lebih 5 butir tiap satu minggu. Kacang hijau sudah sering dipakai oleh para pemelihara burung untuk menciptakan burung perkutut mereka gacor lebih cepat. Sehingga tidak ada salahnya bagi kau apabila ingin menciptakan burung perkututmu juga gacor lebih cepat dengan cara melolohkan kacang hijau padanya.

Kebersihan Kandang Perkutut
Usahakan sangkar perkututmu bersih, yaitu daerah pakan dan minumnya dalam kondisi bersih. Namun apabila daerah minum burung berkututmu mengandung lumut, tidak perlu dibersihkan alasannya ialah lumut itu akan membantu mengeluarkan oksigen yang sanggup membantu kadar pH air sehingga lebih lezat diminum oleh burung perkututmu. Jangan lupa bersihkan kotoran sang burung, sawang atau debu yang sudah usang mengendap, dan banyak sekali kotoran lain yang sanggup mengganggu kenyamanan burung perkututmu selama tinggal di sangkar tersebut.

Diolah dari banyak sekali sumber
loading...

Archive