Bentuk Paruh Burung Berkaitan Erat Dengan Jenis Makanannya

Untuk mengetahui pakan suatu jenis burung kita sanggup melihat dari bentuk paruhnya. Secara umum bentuk paruh burung sangat terkait bersahabat dengan jenis masakan yang dikonsumsi oleh burung tersebut. Sebagai pola ialah burung pemakan biji-bijian umumnya mempunyai bentuk paruh yang pendek tetapi besar lengan berkuasa yang berfungsi untuk menghancurkan biji-bijian yang akan dimakannya. Bentuk paruh burung pipit sebagai pola ialah pendek dan kuat, sanggup untuk membuka kulit biji-bijian yang dimakannya. Burung pipit sangat mahir membuka kulit padi dengan mengandalkan paruhnya tersebut.

Apa saja model paruh burung terkait dengan jenis makanannya? Berikut diantara pola jenis-jenis paruh burung beserta kegunaannya.



Burung Kolibri

Paruh Panjang dan Runcing yang Dipunyai Burung kolibri
ntuk Burung kolibri ialah salah satu burung yang makanannya ialah nektar pada bunga-bunga. Untuk sanggup menghisap nektar bunga ini burung kolibri memakai paruhnya yang runcing dan Ppnjang itu. Bentuk panjang dan runcin berfungsi untuk memudahkan burung kolibri menghisap nektar pada bunga.


Burung Elang

Paruh Tajam, Kuat, Runcing dan Melengkung yang Dipunyai Burung Elang.
Burung Elang ialah salah satu burung karnivora, makanannya ialah daging. Burung elang mempunyai paruh yang tajam, kuat, runcing dan melengkung pada bab ujungnya. Paruhnya yang tajam dan runcing sanggup untuk merobek dan mencabik mangsanya dengan mudah. Kekuatan paruh burung elang sangat berfungsi untuk mengoyak daging-daging sebagai makanannya. Paruh ini juga sanggup untuk membunuh atau melumpuhkan mangsanya.


Burung Pipit

Paruh Pendek dan Kuat yang Dipunyai Burung Pipit
Burung Pipit mempunyai paruh pendek dan juga kuat. Bentuk paruh yang pendek dan besar lengan berkuasa ini menyesuaikan dengan memakanan burung pipit yaitu jenis biji- bijian. Paruh yang pendek dan besar lengan berkuasa ini memudahkannya untuk menghancurkan biji-bijian yang akan dimakan.

Pemakan Buah
Parung burung pemakan buah hampir sama dengan paruh burung pemakan daging. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Paruh bengkoknya berfungsi sebagai alat untuk merobek daging buah.



Bebek

Paruh Pipih dan Lebar yang Dipunyai Bebek.
Bebek merupakan salahh satu binatang omnivora, bebeka memakan flora dan daging. Bebek mempunyai paruh yang berbentuk pipih dan juga lebar. Bentuk paruh belibis yang pipih dan lebar ibarat ini menyesuaikan dengan jenis makananya yang lebih banyak di kubangan air atau lumpur. Paruh yang pipih dan lebar berfungsi untuk menyaring masakan yang ada di air atau lumpur tersebut.



Burung Pelatuk

Paruh Panjang, Kuat dan Runcing yang Dipunyai Burung Pelatuk
Burung pelatuk merupakan salah burung pemanjat. Burung pelatuk mempunyai paruh yang berbentuk panjang, besar lengan berkuasa dan juga runcing. Burung pelatuk memakai paruhnya untuk mencari makanannya di batang-batang pohon. Paruh burung pelatuk yang panjang berfungsi mencari bermbagai macam serangga yang bersembunyi di banyak sekali bab pohon. Serangga yang jadi makanannya biasa bersembunyi di lubang-lubang pohon, di sela-sela kulit pohon, serta banyak sekali bab pohon yang lainnya.

Pemakan Serangga

Burung pemakan serangga punya parung runcing yang agak panjang dan kecil. Paruh ibarat itu sanggup dipakai untuk menangkap serangga yang ada di dalam lubang pohon atau tanah. O iya, burung kolibri juga punya paruh panjang dan kecil, tapi burung ini makannya sari bunga, bukan serangga.




Burung Pelikan

Paruh Berkantong yang Dipunyai Burung Pelikan.
Burung pelikan ialah salah satu burung pemakan ikan atau disebut juga burung fishivora. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong. paruh yang berkantong ini memudahkannya untuk menangkap ikan pada kawasan berair, ibarat sungai, danau, pantai dan kawasan dengan genangan air lainnya.

Nama Burung Paruh Bengkok


Burung dengan paruh bengkok harganya lebih tinggi jika dibandingkan yang lain. Tingginya harga ini dipengaruhi berbagai macam faktor seperti jumlah ketersediaannya di alam.

Sebab sebagian besar burung dengan paruh bengkok sudah termasuk dalam daftar burung langka yang dilindungi. Terlepas dari itu, beberapa burung paruh bengkok ada yang bisa dipelihara, ada yang masih mudah didapatkan, dan ada pula yang harus lewat prosedur tertentu.

Burung Macaw
Jenis burung macau dapat dijadikan sebagai burung hias untuk peliharaan keluarga. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai burung atraksi dan lain sebagainya.

Meskipun memang harga burung macau ini sangat fantastis, namun tidak menurunkan daya tarik untuk para penghobi burung ini.

Burung Parkit
Bila teman-teman memiliki keterbatasan dana atau merasa kesulitan memeliara burung paruh bengkok yang harus menggunakan prosedur.

Maka ada beberapa jenis burung paruh bengkok yang bisa dipelihara dengan sangat mudah. Di samping ada burung lovebird, ada juga burung parkit yang termasuk burung paruh bengkok yang mudah ditemui.

Di samping karena jumlahnya banyak, burung ini juga tidak sulit untuk ditemukan di pasaran. Meskipun postur dari burung ini sangat mungil, namun masalah variasi warna burung parkit sangat beragam. Bahkan ada tren mutasi warna parkit yang saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobinya.

Burung Nuri
Ini sering disebut juga dengan burung bayan. Mempunyai daya tarik tersendiri yaitu pada kecerdasannya di dalam menirukan suara. Termasuk dalam meniru suara manusia.

Burung nuri memiliki struktur lidah yang unik yang memungkinkan burung ini menirukan ucapan manusia. Bulunya yang indah, cerah dan juga warnanya yang sangat bervariasi membuat burung ini menjadi banyak digemari.

Burung Kakatua
Salah satu jenis burung paruh bengkok yang banyak dipelihara adalah burung kakatua. Burung ini memiliki postur tubuh yang besar dan biasanya memiliki jambul di bagian kepala.

Kakatua memiliki paruh besar yang kuat yang bisa dipakai untuk memecah biji biji dan juga makanan yang ditemuinya. Ada banyak jenis kakatua dan kebanyakan berada dalam status dilindungi.

Burung Lovebird
Untuk jenis burung yang satu ini kita sudah tidak asing lagi dan sangat banyak orang yang memeliharanya. Disamping sebagai burung hias, lovebird juga biasanya dipelihara untuk burung kicau.

loading...

Archive