Cara Mengatasi Cendet Mencabuti Bulu Ekor

Cara Mengatasi Cendet Mencabuti Bulu Ekor - Burung cendet/pentet yaitu salah satu jenis burung kicau yang mempunyai aksara yang galak lantaran merupakan burung petarung/fighter. Tetapi lantaran aksara petarungnya inilah yang menciptakan banyak cendetmania menyukai burung berleher putih ini. Cendet/pentet mempunyai bunyi yang keras dan indah. Dan kalau sudah gacor dijamin anda bakal kesengsem dengan burung yang satu ini. Tetapi bagi anda yang punya cendet, mungkin pernah melihat cendet kesayangan anda mencabuti bulu ekornya sendiri. Ya, sikap asing tersebut sanggup terjadi pada cendet yang tidak dalam kondisi normal. Dan tentunya ada beberapa faktor yang mengakibatkan cendet berperilaku demikian.

Cara Mengatasi Cendet Mencabuti Bulu Ekor CARA MENGATASI CENDET MENCABUTI BULU EKOR
Cendet/Pentet

Cara mengatasi cendet mencabuti bulu ekor sanggup anda lakukan sesuai dengan penyebabnya. Seperti halnya minum obat, maka harus dilihat dulu sebabnya. Pada kesempatan sebelumnya kami juga penah menyebarkan tips mengatasi cendet salto. Memang burung cendet sanggup saja mengalami masalah. Jika dalam kondisi sepakat dans ehat, cendet akan selalu berkicau dan gacor apalagi ketika ada cendet lain. Tetapi jika berperilaku mencabuti bulu ekornya sendiri mulai datang, maka dijamin aksara petarungnya akan berkurang, atau bahkan hilang. Nah untuk itu cendet yang mencabuti bulu ekornya sendiri harus segera diobati dan diterapi semoga cepat hilang. Bagaimana caranya? Yuk kita simak tipsnya berikut ini.

Cara Mengatasi Cendet Mencabuti Bulu Ekor

Nah untuk melaksanakan tindakan pengobatan/terapi, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa sebabnya. Jika anda sudah tahu penyebabnya gres anda sanggup melaksanakan pengobatan. Berikut yaitu beberap penyebab cendet/pentet mencabuti bulu ekornya sendiri dan cara mengatasinya.

1. Mencabuti bulu ekor lantaran over birahi
Kemungkinan pertama yaitu lantaran cendet over birahi (OB). Hal ini sanggup saja terjadi lantaran santunan porsi EF yang berlebihan. Porsi EF yang terlalu banyak akan menciptakan cendet meledak-ledak, padahal tidak sedang lomba atau cendet lain. Hal inilah yang mengakibatkan OB. Untuk solusinya, antara lain : berhenti memberi EF untuk sementara waktu, frekwensi mandi diperbanyak (3x sehari), dan mengurangi durasi jemur. Tetapi kalau setelan pakan sudah benar, jangan diubah-ubah. Untuk info lengkap mengenai perawatan burung cendet OB, silakan baca di sini.

2. Mencabuti bulu ekor lantaran stress/drop
Kemungkinan kedua cendet mencabuti bulunya sendiri yaitu lantaran cendet stress/drop. Stress atau drop mentalnya ini sanggup saja terjadi lantaran mendengar kicauan cendet lainnya yang lebih sepakat dan lebih gacor. Situasi menyerupai ini sanggup menciptakan cendet menjadi stress atau drop mentalnya. Karena begitulah aksara burung petarung/fighter. Sebagai solusi, anda sanggup mengkarantina cendet di ruangan yang sepi dan berikan EF yang lebih banyak. Selama terapi, usahakan jangan hingga mendengar kicauan sesama cendet. Untuk mandi dan jemur menyerupai biasa saja. Anda sanggup membaca tips merawat mental cendet semoga tetap manis di sini.

3. Mencabuti bulu ekor lantaran lingkungan
Kemungkinan ketiga yaitu lantaran cendet merasa tidak nyaman dengan lingkungannya. Bisa jadi kaena bersahabat dengan binatang pengganggu (anjung, kucing, tikus) atau sanggup juga lantaran keberadaan barang-barang di sekitar kandang. Usahakan lingkungan di sekitar sangkar nyaman dan bersih. Jangan biasakan menaruh barang-barang mencolok di sekitar sangkar. Sebagai solusi, pindahkan barang-barang mencolok dari lingkungan sangkar.Dan jangan lupa menjaga kenyamanan lingkungan, baik suhu dan udaranya.

4. Mencabuti bulu ekor lantaran ada kutunya
Nah kemungkinan ini paling sering yaitu lantaran terdapat kutu/tungau pada penggalan kloka cendet/pada penggalan ekornya. Secara reflek, cendet akan merasa gatal lantaran kutu kemudian memakai paruhnya untuk mengambil kutu. Dan kalau kutunya bersembunyi, maka sangat besar kemungkin cendet akan mencabuti bulu ekornya untuk menemukan kutu. Selain merusak bulu ekor, cendet juga akan malas berkicau dan bahkan telat makan sehingga tak gacor lagi. Bagaimana cara mengetahui kalau ada kutu? Caranya periksalah cendetnya dulu, terutama di penggalan kloaka/pangkal ekor. Jika ada kutunya niscaya akan terlihat. Atau dengan menilik sangkar dan kerodong cendet, apakah ada kutunya atau tidak. Jika memang ada kutu maka solusinya yaitu dengan menghilangkan kutu/tungau dengan cara alami. Anda sanggup membaca tips menghilangkan kutu pada burung di sini.

5. Mencabuti bulu ekor lantaran kekurangan vitamin dan nutrisi
Nutrisi atau vitamin untuk burung cendet memang sangat bermacam-macam dan banyak. Nah sanggup jadi pakan yang anda berikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi cendet. Jika cendet kekurangan vitamin/nutrisi maka akan berperilaku asing menyerupai mencabuti bulu ekornya sendiri. Nah untuk memastikan nutrisi cendet cukup, jangan lupa berikan multivitamin secara rutin pada cendet. Misalnya seminggu 2-3 kali.

Sebelum anda menawarkan terapi pada cendet yang mencabuti bulu ekor, memang sudah seharusnya anda mengetahui dulu apa sebabnya. Jika anda sudah menemukan sebabnya, maka segeralah ambil tindakan semoga cendet anda normal kembali dan gacor.

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan ihwal cara mengatasi cendet mencabuti bulu ekor. membedakan kacer trotolan jantan dan betina. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat aneka macam macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga teman : Cara Membedakan Kacer Trotolan Jantan Dan Betina
loading...

Archive