Cara Merawat Anis Merah Biar Ngeplong Tanpa Voer

Cara Merawat Anis Merah Agar Ngeplong Tanpa Voer - Anis merah sanggup jadi ialah jenis burung kicau yang tidak terlalu disukai oleh kicaumania di Indonesia. Karakter anis merah yang simpel marah/galak dan simpel ngambek ialah alasan utamanya. Untuk merawat anis merah memang diharapkan ketelatenan dan kesabaran ekstra. Anis merah simpel sekali berubah mood, bahkan sedikit saja kita melaksanakan kesalahan. Bukan hanya itu, anis merah yang tidak ngeplong/tidak bersuara keras ialah masalah lanjutan. Banyak pecinta anis merah "tidak tahan" dengan keganjilan burung AM ini. Tetapi jangan khawatir, alasannya kami akan mengembangkan tips wacana bagaimana perawatan anis merah tanpa voer supaya ngeplong.

Cara Merawat Anis Merah Agar Ngeplong Tanpa Voer CARA MERAWAT ANIS MERAH AGAR NGEPLONG TANPA VOER
Anis Merah Ngeplong

Merawat anis merah tanpa voer sudah banyak dilakukan oleh pemiliknya. Tujuannya ialah supaya anis merah bersuara ngeplong/keras. Anis merah yang hanya ngriwik memang perlu perawatan ekstra supaya mau berkicau dengan keras dan lantang. Anis merah bekerjsama tidak terlalu sulit untuk menjadi gacor dan bagus. Untuk alternatif, bagi anda yang ingin mempraktikkan merawat anis merah tanpa voer biar gacor dengan lantang. Perawatan utama burung anis merah (AM) ialah mandi, memberi pakan hidup, dan buah-buahan. Untuk menciptakan AM jadi ngeplong, anda sanggup mencoba merawatnya tanpa memberi pakan voer. Lalu bagaimana merawatnya? Santai saja alasannya kami akan mengembangkan tipsnya untuk anda.

Sebenarnya ada dua alternatif yang sanggup anda lakukan supaya anis merah cepat ngeplong. Dan anda sanggup menentukan yang mana saja yang sekiranya cocok untuk AM kesayangan anda. Yuk kita simak metodenya berikut ini.

Merawat Anis Merah Agar Ngeplong Tanpa Voer


1. Tidak memberi voer dan pakan hidup
Untuk cara yang pertama ini, anis merah hanya diberi pakan buah-buahan (pepaya dan pisang). Stop memberi voer dan pakan hidup (cacing tanah/serangga) selama 1 minggu. Gantilah pakan voer dan cacing dengan memperlihatkan buah-buahan saja. Tata caranya sebagai berikut :
  • Teliti dulu anis merah anda, apakah AM jantan/betina.
  • Pakan hanya berupa buah-buahan saja.
  • Berikan terapi mandi malam setiap 2 hari sekali.
  • Saat diangin-anginkan, dipancing dengan bunyi anis merah betina. Bisa dengan burung orisinil atau rekaman.
  • Keluarkan AM di pagi buta untuk terapi pengembunan.
  • Setelah beberapa hari AM akan bersuara ngeplong.
  • Jika belum berhasil, cara ini sanggup diteruskan hingga beberapa hari. Atau full selama 1 minggu.

2. Stop voer, ganti dengan cacing tanah
Untuk cara kedua ini, secara garis besar hampir sama dengan cara pertama. Hanya saja, cacing tanah diberikan sebagai ganti voer. Tata caranya sebagai berikut :
  • Bersihkan cacing tanah dari lendir.
  • Berikan terapi mandi malam.
  • Berikan 2 ekor cacing tanah ketika anis merah diangin-anginkan sehabis mandi malam.
  • Saat diangin-anginkan, pancing dengan bunyi anis merah betina (boleh orisinil atau rekaman).
  • Keluarkan AM di pagi buta untuk pengembunan dan diberi 1 ekor cacing tanah.
  • Terapkan cara ini hingga anis merah ngeplong.

Kedua terapi di atas bertujuan untuk menciptakan anis merah yang hanya ngriwik menjadi ngeplong. Memang tidak semua AM cocok dengan terapi ini. Tetapi tidak ada salahnya anda mencoba, khususnya yang anis merahnya tidak ngeplong. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang sanggup kami sampaikan wacana cara merawat anis merah supaya ngeplong tanpa voer. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat aneka macam macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter atau Google +. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Ciri-Ciri Lovebird (LB) Siap Lomba
loading...

Archive