Tips dan Cara Merawat Burung Kacer Poci

Burung Kacer merupakan jenis burung pemakan serangga, di alam liar burung ini suka bersangkar di ujung pohon mati untuk berkembang biak, Suka mencari serangga dan hinggap di permukaan tanah, selain itu burung kacer juga gemar bermain air ditepian sungai untuk mandi dan mencari cacing. Namun perburuan yang merajalela menyebabkan populasi burung ini semakin berkurang dan terus berkurang sepanjang waktu. Usaha penangkaran pun terus dikembangkan oleh penghobi burung untuk menghindari kepunahan dan memenuhi kebutuhan pasar penghobi burung.



Perawatan Burung Kacer Poci


Burung Kacer Poci dikenal juga dengan burung Kacer Sumatera, mempunyai warna kombinasi hitam di kepala, leher, punggung hingga ekor Variasi warna putih dibagian perut hingga ekor bab bawah. Burung Kacer Poci jikalau berkicau akan meliuk liukkan ekornya dan menyebarkan ekornya dengan sangat indah, seindah kicauannya. Merawat burung kacer Poci sangatlah gampang apalagi yang sudah jinak alasannya yaitu hasil peternakan yang sudah makan Vour.

Perawatan Burung Kacer Poci ala Putera Burung Kicau :
  • Setiap pagi sekitar pukul 7 burung dikeluarkan dari rumah atau kamar, untuk mendapat cahaya matahari pagi biar burung menjadi sehat. Di angin-anginkan 15 menit kemudian di mandikan hingga puas. Selesai mandi burung di beri EF Jangkrik 3 ekor. Kemudian jemur hingga pukul 9 jikalau ada waktu. tapi jikalau harus bekerja cukup hingga pukul 8, kemudian burung di angin anginkan diteras sebentar terus di kerodong kembali dan letakkan burung di kamarnya hingga kita pulang kerja. 
  • Setelah pulang kerja sekitar jam 4 sore burung dikeluarkan lagi dari kamarnya, diangin anginkan di teras dan diberi Jangkrik 3 ekor. Menjelang Magrib burung di kerodong kembali dan disimpan di ruangannya.
  • 3 hari sekali berikan kroto segar 1 sendok teh sebagai makanan tambahan.

  • Mandikan burung 2 hari sekali, biar waktu anda tidak terlalu tersita diburung saja, alasannya yaitu saya yakin anda mempunyai kesibukan lain selain harus merawat burung kacer kesayangan anda.
  • Bila burung mau di trek atau mau dilombakan, 2 hari sebelumnya berikan Ulat Hongkong (UH) 5 ekor di setiap sore untuk menaikkan b'rahi dan keberanian selain sumbangan kroto disetiap pagi.
Itulah Tips Cara Merawatan Burung Kacer Poci Burung Kicau, dengan perawatan yang rutin dan sabar Insya Tuhan anda sanggup menghasilkan burung Kacer yang rajin berkicau dan handal di gantangan. perlu di ingat juga jikalau burung yang rajin berkicau dan siap di latberkan yaitu burung yang telah jinak. Jika burung Kacer anda belum jinak maka jangan berharap burung akan berkicau sesuai harapan.

Berikut Video Kicau Kacer Bagus Untuk Masteran


loading...

Archive