Cara Ternak Lovebird Lengkap, Mulai Bibit Hingga Panen

Faktor-faktor Pendukung dan Permasalahan Yang Wajib Diketahui Oleh Peternak Lovebird Pemula.

Kandang Lovebird

Untuk memulai berternak lovebird lebih dari sepasang, maka siapkan sangkar yang lebih besar dan juga bersekat. Jika Anda hanya berniat mengawali ternak dengan sepasang lovebird saja, siapkan sekalian daerah bertelur lovebird yang terbuat dari kayu keras berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm. Tempat bertelur ini biasa disebut dengan glodok. Siapkan serut kayu, ranting kecil, serta dedaunan kering di sekitar glodok. Nantinya lovebird akan menghiasi sarang sendiri.

Bibit Lovebird
Lovebird

Pilihlah lovebird yang sehat. Indukan yang sehat dan berkualitas nantinya juga akan menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas juga.Oh ya, pilihlah lovebird di mana usia jantan lebih renta daripada usia betinanya. Hal ini biar dikala proses perkawinan nantinya, lovebird jantan akan mendominasi. Anda bisa menanyakan hal tersebut pada penjual.
Penyebab penyakit pada Lovebird banyak sekali antara lain lantaran kurangnya porsi makan, keracunan logam berat, persoalan pada paruh, gangguan benalu (cacing gelang, giardia, lalat, kutu, dan tungau kulit), infeksi (bakteri, jamur, dan virus), dan beberapa penyakit lain, menyerupai PDD (Proventricular Dilatation Disease), Aspergillosis, Psittacosis, Avian tuberculosis, Candida, Avian polyoma, serta WNV (west nile virus).
Tips Memilih Bibit Lovebird Yang Bagus:
  • pilih spesies lovebird dengan paruh yang panjang, besar, tebal, dan berpangkal lebar; serta tampak kuat,
  • pilih burung dengan kepala besar; lantaran hal ini memperlihatkan mental yang baik,
  • perhatikan postur burung; yang paling ideal ialah lovebird dengan postur sedang, dipadukan dengan ukuran badan, kaki, ekor, dan panjang leher yang serasi. Dada lebar juga menjadi indikasi bibit lovebird yang baik,
  • pilihlah lovebird yang sehat, dengan tanda-tanda: lincah, mata cerah dan bersih, kaki besar dan kering, serta mempunyai nafsu makan yang baik,
  • untuk burung dengan kekuatan bunyi yang oke, pilihlah yang berleher panjang lagi padat dan berisi.
Kapan Waktu Yang Tepat Mengawinkan Lovebird dan Apa Ciri-ciri Lovebird Siap Kawin?

Lovebird yang siap dikawinkan biasnya berusia minimal 1 tahun. Jangan lupa juga menanyakan usia induk lovebird kepada penjual. Ciri-ciri lovebird siap kawin :
  • Betina : Akan sering merentangkan sayapnya dan ekor yang sering diangkat ke atas.
  • Jantan : lovebird jantan yang sering menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar menerangkan ia siap kawin.
Segera kawinkan indukan lovebird yang sudah melaksanakan hal-hal di atas. Bila kelamaan malah akan membuatnya sulit kawin.


Ketika sudah terlihat ciri-ciri siap kawin pada lovebird. Maka jodohkan sepasang lovebird tersebut dengan mempertemukan mereka. Yang perlu menjadi catatan ialah ketika pertama kali Anda membeli indukan, jangan eksklusif memasukkan mereka pada satu sangkar yang sama, lantaran bisa saja mereka berantem.

Masukkan pada sangkar yang berbeda dengan lovebird yang lain kalau Anda berternak lovebird lebih dari sepasang.

Jika Anda ternak lebih dari sepasang, pisahkan pasangan-pasangan tersebut dalam sangkar yang berbeda.

Ketika mereka sudah berjodoh dan telah dimasukkan pada sangkar yang sama, jangan lupa untuk menawarkan mereka makan secara teratur biar cepat bertelur. Makanan yang cocok untuk lovebird ialah milet, biji sawi, benih kenari, jagung muda, kangkung, tauge, dan biji bunga matahari.

Ketika mereka telah melewati proses perkawinan dan betina sudah bertelur, jangan sering melihat keadaan lovebird biar tidak merasa terganggu. Anda cukup melihat keadaan dari jauh saja.

Perlu diketahui ketika sudah bertelur, tidak semua betina mau mengerami telurnya. Untuk mengantisipasi hal ini, dekatkan betina yang tidak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan dekatkan sangkar mereka. Erangan betina yang mengerami telurnya akan memancing betina lainnya untuk mengerami juga.

Bagi lovebird betina yang gres pertama kali bertelur, belum tentu telurnya akan menetas. Hal ini masuk akal saja, lantaran bisa lantaran lovebird belum siap bertelur atau lantaran faktor eskternal lainnya.

Macam-macam Jenis Pakan Lovebird

Milet Putih dan Merah
Sama halnya dengan kenari, blackthroat, parkit dan finch, lovebird juga sangat gemar menyantap milet putih dan merah. Disamping itu, makanan biji-bijian ini merupakan konsumsi pokok yang kerap diberikan pada lovebird oleh para kicau mania tanah air. Didalam pakan ini terdapat kandungan nutrisi tinggi yang mana cukup diperlukan oleh aneka macam jenis burung pemakan biji-bijian. Manfaat dari milet bagi burung paruh bengkok ini antara lain sanggup membuatnya lebih sehat, aktif, dan rajin gacor. Selain itu, milet juga dipercaya bisa menjaga kebutuhan nutrisi burung ketika terserang penyakit mata atau snot yang mana kerap melanda lovebird.

Hal yang perlu diperhatikan ialah pada dosis sumbangan pakan lovebird. Karena milet juga mempunyai kandungan karbohidrat, maka sangat dianjurkan untuk tidak menyajikan secara berlebihan. Apabila hingga berlebih, lama-kelamaan akan berdampak kurang baik bagi burung, misalkan ia sanggup mengalami obesitas atau kegemukan. Jika itu hingga terjadi, unggas justru cenderung malas-malasan bahkan hingga macet bunyi dan ini kurang anggun bagi burung yang khusus untuk dilombakan. Jadi, meskipun bijian ini sangat dibutuhkan, tetapi lebih baiknya lagi kalau diberikan secara bervariasi, misalnya diselang-seling dengan canary seed.

Canary Seed / Biji Kenari (Kanarium Memmum)
Biji kenari atau yang lebih umum disebut canary seed ialah pakan utama bagi burung kenari. Meski begitu, beberapa unggas berkicau pemakan biji-bijian menyerupai finch, blackthroat, parkit, terutama lovebird juga sangat menyukainya. Banyak anggapan dari para kicau mania, bahwa canary seed yang berkualitas anggun ialah yang tua, kering bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning mengkilap. Sedangkan untuk bijian yang masih muda dengan ciri lunak dan berwarna putih, kerap dinilai kurang anggun bagi burung. Kandungan yang terdapat di dalam pakan biji ini mencakup protein, lemak, dan hidrat arang.

Beberapa zat tersebut, dipercaya bisa menyegarkan tubuh, menambah stamina atau spirit, dan membenahi bunyi burung terutama untuk yang bersuara serak dan macet bunyi. Disamping itu, lapisan kulit yang ada pada biji kenari, banyak dibilang cukup gampang terkelupas sehingga lebih gampang dicerna oleh burung khususnya untuk lovebird. Akan tetapi, kalau jenis konsumsi bijian ini terlalu ditekankan atau tidak divariasi dengan makanan lain misalkan milet, maka bisa mengakibatkan obesitas atau kegemukan pada burung.

Biji oat / haver (Avena sativa)
Selain bermanfaat besar bagi manusia, ternyata biji oat juga anggun diberikan kepada burung paruh bengkok menyerupai lovebird dan parkit, serta jenis burung pemakan biji-bijian lainnya. Karena pakan lovebird berupa bijian ini mempunyai kandungan kalori, karbohidrat dan protein yang tinggi, maka sangat baik diberikan pada indukan burung yang sedang merawat anakannya. Apabila piyikan diloloh oleh sang ibu dengan jenis konsumsi biji ini, maka kemungkinannya ia akan tumbuh lebih pesat.

Peran dari biji oat juga sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan burung sesudah sakit dan meningkatkan kegemukan pada burung yang mempunyai tubuh cenderung kurus. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat dari biji tersebut. Semisal memperbaiki sistem kerja organ-organ pencernaan, menenangkan dan mempercepat mabung, membenahi struktur jaringan bulu dan kulit biar tidak gampang iritasi, menjadikannya hening dan tidak gampang stres, terbebas dari kolesterol jahat shingga melancarkan sistem peredaran darah dan fungsi jantung, dan lain sebagainya.

Jagung manis
Untuk makanan lovebird yang satu ini, sebaiknya menentukan jenis jagung manis. Mengapa bisa begitu, alasannya selain rasa manisnya yang cukup disukai oleh burung, jagung tersebut ternyata juga mengusung bermacam-macam manfaat. Salah satunya ialah bisa menjaga kesehatan pada belahan mata lovebird. Selain itu, pakan biji ini juga dipercaya sanggup meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan otot burung. Beberapa kandungan yang terdapat didalamnya antara lain folat, crypthoxanthin, vitamin B dan C, beta karoten, dan lain sebagainya.

Buah apel merah
Pakan lovebird buah segar dipercaya bisa meningkatkan stamina burung. Lebih baiknya lagi kalau menentukan apel merah dibanding dengan yang hijau. Selain lebih manis, apel merah juga dinilai mempunyai kandungan yang lebih tinggi daripada yang berwarna hijau. Namun sebelum disajikan pada burung khususnya lovebird, ada baiknya kalau dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dicuci. Tujuannya supaya buahan segar ini lebih steril atau terjauh dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya menyerupai pestisida.

Kecambah atau Toge
Hampir sama keuntungannya dengan apel, yang mana kecambah juga bisa meningkatkan stamina lovebird sehingga lebih sehat, aktif, dan rajin gacor atau buka paruh (berkicau). Disamping itu, jenis makanan lovebird ini juga sangat disukai burung. Tak hanya itu saja, biji yang mulai berkecambah dianggap mempunyai kandungan nutrisi yang lebih lengkap daripada bijian yang masih mentah. Jadi, tidak ada salahnya kalau berkeinginan untuk mencobanya supaya bunyi gacor ngekek yang dimiliki lovebird lebih lantang dan panjang.

Kangkung
Kangkung mempunyai gizi yang tinggi dan cukup lengkap. Sehubungan dengan itu, aneka macam kandungan yang terdapat di dalam sayuran segar banyak dipercaya sanggup meningkatkan birahi lovebird sehingga ia menjadi lebih rajin berkicau. Dengan begitu, tak heran kalau kangkung kerap dijadikan sebagai bekal pokok terhadap burung yang hendak dilombakan. Tidak hanya itu saja, lantaran dianggap bisa mendongkrak tingkat birahi, kangkung juga kerap disajikan sebagai makanan lovebird yang tengah dikembangbiakkan atau dibudidaya.

Untuk belahan kangkung yang baik diberikan pada burung paruh bengkok ialah daunnya, alasannya batang mempunyai kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih gampang membusuk. Meski begitu, bukan berarti daun bisa dibiarkan di dalam sangkar dengan waktu yang usang dan terus dimakan oleh lovebird. Hal yang perlu dilakukan ialah rutin menggantinya dengan sayuran yang lebih segar. Apabila dalam jangka waktu yang usang tetapi kangkung tidak habis juga dan tetap disediakan pada burung (tidak diganti) maka akan mengalami pembusukan sehingga berdampak tidak baik bagi tubuh terutama kesehatan burung.

Manajemen Pemeliharaan Anak dan Induk Lovebird
Ketika telur sudah menetas, tunggu hingga 14 hari gres kemudian anak lovebird dipisahkan dari induknya. Bisa saja Anda tunggu hingga anak mulai keluar dari sarangnya. Ketika dipisahkan dari induknya, siapkan lampu 5 watt pada sangkar anak untuk menghangatkan.


Usianya yang masih kecil tentu menciptakan anak lovebird belum bisa makan sendiri. Oleh lantaran itu Anda perlu menyuapinya dengan memakai suntikan. Lepas jarumnya diganti dengan selang lentur atau karet pentil. Makanan untuk anakan lovebird bisa bubur bayi atau pelet yang diseduh dengan air hangat. Suapi anakan setiap 4 jam sekali. Berikan perhatian ekstra bagi anakan.


Penyakit Lovebird



Penyakit TeteloPenyakit Tetelo ialah penyakit yang menyerang sistem saraf burung. Biasanya, ciri-ciri Lovebird yang terkena penyakit Tetelo yakni sering menggeleng-gelengkan kepala menyerupai terkena stroke.

Cara Pengobatan:
  • Kalau mau menjemur Lovebird, sebaiknya dilakukan sekitar 1 jam saja pada pagi hari.
  • Tempatkan Lovebird di daerah minim bunyi dalam keadaan dikerodong (setengah) biar tidak terkena terpaan angin secara langsung.
  • Memberikan makanan bergizi dan vitamin setiap hari serta obat khusus saraf yang dijual di toko burung terdekat.
Penyakit mata atau Snot 
Jangan sepelekan penyakit mata pada Lovebird atau biasa disebut snot. Walaupun kelihatannya memang tidak terlalu berbahaya, kalau dibiarkan begitu saja, penyakit snot bisa mengakibatkan kematian.

Penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan tak biasa pada mata Lovebird. Sering kali, hanya sebelah mata yang terkena penyakit snot, kemudian kalau sudah parah, dua-duanya akan terkena penyakit yang sama.

Cara Pengobatan Snot:
  • Lovebird dijauhkan dari burung lainnya lantaran penyakit ini menular.
  • Menghentikan proses memandikan dan penjemuran Lovebird. Kalau mau menjemur Lovebird, sebaiknya dilakukan sebentar saja, sekitar 1-2 jam pada pagi hari. Tempatkan Lovebird di daerah sepi dalam keadaan dikerodong (setengah) biar tidak terkena terpaan angin secara langsung.
  • Memberikan Lovebird antibiotic serta vitamin (setiap hari pada air minumnya) untuk memulihkan kondisi Lovebird. MGS Bird Farm menawarkan obat antibiotic berbentuk injeksi dan sudah terbukti keampuhannya.
  • Memberikan obat khusus snot (salep Cyndocentrol) yang sanggup dibeli dari toko burung terdekat. Obat tersebut sanggup dioleskan memakai tisu pada belahan mata Lovebird. Selain itu, Anda sanggup menawarkan obat tetes mata No Snot biar mata Lovebird tidak abses dan berair lagi.
  • Memberikan obat tetes mata Alletrol, obat tetes mata Vitobel, Erlamycetin Chloraphenicol (salep mata), tablet Tony’s Treasure yang sudah dihaluskan.
  • Memberikan obat tetes Bio Snot yang terbukti ampuh menyembuhkan penyakit snot pada Lovebird.
  • Memberikan makanan biji-bijian, menyerupai millet merah, millet putih, dan canary sheed. Ditambah lagi, extra food, menyerupai eggfood dan jagung. Oh ya, sebaiknya, pakan kangkung dilarang terlebih dahulu.
  • Kotoran dalam sangkar harus selalu dibersihkan secara rutin. Sebagai tindakan pengamanan, Anda bisa menyemprotkan air rebusan daun sirih pada sangkar. Tujuannnya, untuk membunuh basil biar tidak berkembang biak di dalam sangkar.
  • Anda sendiri harus selalu memakai sarung tangan, biar terhindar dari basil yang menyerang Lovebird.
Penyakit Berak Kapur
Lovebird yang menderita penyakit Berak Kapur, kotorannya terlihat memutih menyerupai kapur. Terkadang, kotoran Lovebird juga bermetamorfosis encer dan berbau tak sedap.

Cara Pengobatan:
  • Berikan bawang putih dalam bentuk potongan kecil-kecil. 
  • Bawang putih yang Anda berikan cukup setengah siung saja. 
  • Bisa gunakan obat lain menyerupai Tetra Chlor.
Gangguan pernapasanGangguan pernapasan pada Lovebird ditandai dengan keluarnya cairan kental pada lubang hidungnya. Biasanya, Lovebird juga sering membuka paruh lantaran kesulitan bernapas.

Penyakit ini disebabkan lantaran penyebaran basil e-coli dan virus mycoplasma yang banyak dijumpai pada buah dan sayuran. Oleh lantaran itu, sebelum menawarkan pakan sayuran atau buah, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.

Cara Pengobatan:
  • Lovebird yang sakit harus dipisahkan dari burung yang lain biar tidak menular.
  • Membersihkan sangkar secara rutin, kalau perlu disemprot rebusan air daun sirih biar bakterinya mati. Anda juga bisa mengganti daun sirih dengan tembakau atau cengkeh.
  • Memberikan makanan bergizi dan vitamin setiap hari.
  • Jangan lupa membersihkan buah dan sayuran sebelum diberikan ke Lovebird.
Penyakit KutuLovebird yang jarang dimandikan sanggup terkena penyakit kutu. Terlebih kalau sangkarnya jarang dibersihkan, maka kutu-kutu akan semakin nyaman berkembangbiak di bulu-bulu Lovebird.

Lovebird yang terkena kutu akan tampak gelisah dan sering mematuki bulunya sendiri. Selain itu, Lovebird tidak akan mau membisu dan selalu kelabakan di dalam sangkar.

Cara Pengobatan:
  • Anda sanggup menyemprotkan rebusan air daun sirih pada bulu-bulu Lovebird. Pertama, siapkan 6-10 lembar daun sirih, 1 sendok kapur sirih, serta semprotan. Setelah itu, rebus daun sirih dan kapur sirih dalam air 2 liter.
  • Kemudian, biarkan air rebusan tersebut mendingin dengan sendirinya, kemudian masukkan ke dalam semprotan. Terakhir, semprotkan air tersebut ke tubuh Lovebird hingga lembap kuyup dan bilas memakai air bersih.

Penyakit BubulPenyakit Bubul sering kali menyerang belahan kulit Lovebird. Dampaknya, kulit Lovebird terutama kaki akan terlihat bengkak, kukunya memanjang secara tidak wajar, dan sisik pada kaki akan melebar.


Penyakit ini biasanya disebabkan oleh basil Staphylo coccus yang hidup di sangkar. Jadi, mulai dari sekarang, rutinlah dalam membersihkan sangkar biar burung kesayangan Anda tidak terserang aneka macam jenis penyakit.

Cara Pengobatan:
  • Berikan obat merah pada kaki yang terkena bubul. 
  • Berikan juga obat anti kutu pada kakinya. 
  • Bersihkan sangkar terutama belahan daerah bertengger dan lantai sangkar.
Penyakit Cacar/ Avian Pox/ Patek Penyakit CacarPenyakit Cacar/ Avian Pox/ Patek disebabkan oleh beberapa virus Cacar. Virus ini tidak hanya menjangkiti Lovebird saja, melainkan jenis burung lain juga, menyerupai burung Elang, burung Hantu, burung Pipit, Ayam, dan Kalkun.

Di samping itu, cara kerja virus ini juga cukup mengesankan. Dia merangsang lapisan atas kulit untuk tumbuh pesat. Hal ini mengakibatkan jaringan gres segera mati dan membentuk kutil. Virus Cacar sendiri bisa masuk ke tubuh Lovebird melalui aneka macam perantara, di antaranya nyamuk yang sudah terinfeksi, lalat, burung terinfeksi, permukaan kulit terabrasi atau selaput lendir, dan air serta makanan yang telah terkontaminasi.

Penyakit Cacar dibedakan menjadi dua, yaitu kering (permukaan kulit) dan basah.

Penyakit Cacar kering
Penyakit ini menyerang kulit, menyerupai kutil yang muncul di mata, pangkal paruh, dan kaki. Lovebird yang sudah terkena penyakit ini akan terlihat lesu, nafsu makan menurun, napas tersengal-sengal, dan gangguan penglihatan. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir lantaran Lovebird sanggup sembuh (proses penyembuhan 2-4 minggu) menyerupai sediakala, asalkan beliau bisa makan dan mengonsumsi vitamin.

Penyakit Cacar basah
Untuk penyakit Cacar lembap akan ditunjukkan dengan adanya bercak putih atau plak yang berkembang pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakea, dan paru-paru. Dengan begitu, binatang peliharaan Anda akan mengalami kesulitan makan dan mungkin saja gangguan pernapasan. Namun, Anda tak perlu takut lantaran penyakit Cacar lembap lebih sering menyerang Ayam dan Kalkun Domestik, bukan Lovebird.

Cara Pengobatan Cacar pada Lovebird:
  • Memisahkan burung yang terserang virus Cacar dari burung yang lain.
  • Memberikan obat Cacar khusus burung untuk membunuh virusnya.
  • Memberikan ACC Blue/ obat biru buat ikan/ Getamicin 0,1 persen.
  • Memberikan makanan bergizi dan vitamin setiap hari.
  • Membersihkan sangkar secara rutin.

Penyakit Nyilet Penyakit NyiletPenyakit Nyilet ditandai dengan tubuh Lovebird yang kurus, belahan daging pada dada menyusut, dan belahan tulang dada terlihat meruncing, sehingga banyak orang menyebutnya dada tajam atau silet. Secara kasat mata, Lovebird yang sakit Nyilet, belahan dadanya akan tampak menonjol atau prominent breast bone.

Penyebab penyakit Nyilet sering diidentikkan lantaran kekurangan gizi, padahal tidak selalu demikian. Lovebird Nyilet juga bisa disebabkan oleh penyakit gondok, kurangnya porsi makan, keracunan logam berat, persoalan pada paruh, gangguan benalu (cacing gelang, giardia, lalat, kutu, dan tungau kulit), infeksi (bakteri, jamur, dan virus), dan beberapa penyakit lain, menyerupai PDD (Proventricular Dilatation Disease), Aspergillosis, Psittacosis, Avian tuberculosis, Candida, Avian polyoma, serta WNV (west nile virus).

Cara Pengobatan:
  • Burung dipindahkan ke sangkar yang telah dikerodong (karantina).
  • Menghentikan proses mandi dan penjemuran.
  • Memberikan obat khusus Nyilet menyerupai Spirulina dan Megabac, katanya yang paling manjur brand Megabac.
  • Membersihkan kotoran burung setiap hari.

Penyakit kaki lemasSebagian orang niscaya pernah menjumpai kaki Lovebird yang tiba-tiba lemas, sehingga tak bisa bertengger di atas pijakan. Lovebird yang kakinya lemas, lebih sering termangu di lantai sangkar dan intensitas kicauannya berkurang.

Cara Pengobatan:
  • Pertama, Lovebird dipisahkan dengan jenis burung yang lain. Lalu, mengompres kaki Lovebird memakai air hangat, kemudian dilanjutkan dengan mengurut kaki Lovebird memakai minyak Tawon. Pengobatan ini bisa Anda lakukan dua kali sehari. Oh ya, jangan lupa untuk melepas tangkringan Lovebird selama proses penyembuhan.

Lovebird StressTak hanya manusia, Lovebird juga bisa stress. Penyakit stress timbul lantaran Lovebird terlalu usang hidup menyendiri dalam sangkar. Padahal, Lovebird merupakan burung yang suka hidup berpasang-pasangan. Kalau sudah stress, biasanya Lovebird gemar mencabuti bulunya sendiri.

Cara Pengobatan:
Jika Lovebird Anda masih sendiri, Anda bisa mencarikan pasangan untuknya. Ini penting, lantaran Lovebird juga suka bereproduksi. Jangan lupa, buatkan daerah tidur yang nyaman lantaran Lovebird menyukai sangkar yang di dalamnya terdapat kayu berlubang.

Penyakit Egg BindingEgg Binding ialah proses bertelur yang tidak sempurna, sehingga telur Lovebird lengket antara satu dengan yang lain. Ini berbahaya lantaran sanggup mengakibatkan Lovebird betina mati.

Cara Pengobatan:
  • Gunakan minyak goreng. Caranya, masukkan 1-0,5 ml minyak goreng pada spet (semacam suntikan untuk meloloh), kemudian Lovebird dipegang dalam posisi terlentang dan sepetkan atau lolohkan minyak melalui ekspresi Lovebird. 
  • Bagian anus juga ditetesi minyak goreng dan pijat perlahan sembari ditekan sesekali. 
  • Masukkan sangkar (digantung) kemudian dikerodong, biarkan hingga esok hari. 
Dari aneka macam sumber di internet, aneka macam situs burung dan semacamnya, semoga bermanfaat.



loading...

Archive