Download Bunyi Kicau Murai Untuk Masteran Dan Burung Kicau

Jenis Burung Murai Batu Yang mempunyai Suara Kicau Yang Gacor
Suara Kicau Burung Murai Batu Dengan Tembakan-tembakannya yang Khas Untuk Masteran dan Kicauan, Silahkan Download MP3 nya Disini!

Murai Batu banyak jenisnya dan diantaranya ada beberapa yang susah dibedakan, ibarat contohnya murai kerikil sumatera dan kalimantan. Menurut situs omkicau.com, memang tidak gampang membedakan antara murai kerikil dari Sumatera dan Kalimantan. Setidaknya ada beberapa ciri khusus yang bisa menjadi patokan meski tak sepenuhnya selalu tepat. Ciri-ciri tersebut antara lain:
  • Murai kerikil borneo selalu berbagi bulu-bulu di dadanya ketika bertarung/berbunyi.
  • Warna bulu di bab dada pada murai kerikil sumatera lebih tegas dan tajam daripada warna bulu dada murai kerikil borneo.
  • Pola ekor murai kerikil sumatera umumnya membentuk abjad “V”, sedangkan murai kerikil borneo membentuk abjad “U”, atau bergaris hitam / putih panjang.
Contoh diatas hanya sebagian kecil saja dari banyak sekali macam murai kerikil yang ada di Indonesia. Saat ini murai kerikil memang menjadi salah satu burung kicau yang sedang digemari para kicau mania.

Sebenarnya banyak sekali audio murai kerikil yang diupload di internet dan bagus-bagus dalam format Mp3 sebagian besar. Tetapi untuk di situs ini hanya akan ditampilkan beberapa link saja mp3 bunyi kicau murai kerikil mulai yang biasa hingga ngerol dan juga bunyi murai kerikil yang pernah menjadi juara lomba kicau burung. Dibawah ini link download bunyi kicau burung murai yang gacor, panjang, untuk masteran maupun burung kicauan dalam format MP3 bersumber dari situs burung ternama ibarat omkicau.com:

Download MP3 Suara Kicau Murai 1: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Burung Murai 2: KLIK DISINI

Download MP3 Kicau Murai 3: KLIK DISINI

Download MP3 Kicau Burung Murai 4: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Murai 5: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicauan Murai 6: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Murai 7: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Murai 8: KLIK DISINI

Download MP3 Suara Kicau Burung Murai 9: KLIK DISINI
Selain download MP3 bunyi burung murai kerikil untuk masteran dan untuk burung kicauan, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung lainnya seperti: kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang maritim yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Burung murai kerikil (Copsychus malabaricus) mempunyai wilayah persebaran di Subbenua India serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jenisnya sangat bermacam-macam dan sebagian besar sanggup dijumpai di Indonesia.

Murai Borneo. Murai borneo populer dengan gaya tarian yang khas, yang mana sebagian kicaumania menyebutnya dengan gaya cangkulan. Selain itu, ketika bertarung, murai kerikil borneo akan berbagi bulu–bulu di bab dadanya.Kelebihan murai kerikil borneo antara lain mempunyai mental bertarung yang cukup baik, dengan suara-suara tembakan garang namun punya irama yang cenderung menurun mengikuti gaya tariannya.

Murai Batu Medan. Makin popularnya murai kerikil medan menciptakan banyak orang tertarik untuk menangkarnya. Bahkan tak sedikit penangkar yang mengawinkan antara murai kerikil medan dengan murai kerikil borneo, di mana keturunannya disebut murai bordan.

Di alam liar, murai kerikil medan biasanya menghuni tempat hutan di Taman Nasional Gunung Leuser; perbatasan antara Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam. Yang paling populer yaitu murai kerikil bahorok.

Murai Batu Marike. Ada juga jenis murai kerikil marike yang mempunyai habitat di kaki gunung-gunung di Tanah Karo, Sumatera Utara, termasuk Gunung Sinabung yang ketika ini sedang bergejolak.

Suara kicauan murai kerikil medan memang sedikit berbeda dari jenis murai lainnya. Suaranya terdengar mengalun, tapi tegas. Bahkan tak jarang bisa mengeluarkan suara-suara isiannya secara total alias full isian.

Murai Batu Ekor Hitam. Sebagian besar burung murai kerikil ekor hitam mempunyai postur badan lebih kecil dari kerabatnya yang mempunyai ekor putih. Namun demikian, murai blacktail punya bunyi kicauan yang tak kalah lantang dari saudara-saudaranya tersebut.

Beberapa murai blacktail yang pernah merajai lomba burung kicauan tingkat nasional antara lain Natalia (kini sudah tiada) milik Om Gunawan Solo, Balotelli andalan Om Bonni N (Mahesa Ratu SF Depok), dan Putra Pantura orbitan Om Ramzi Deon (Tangerang).

Wilayah persebaran murai kerikil ekor hitam sangat luas, meski sebagian besar berada di pulau-pulau kecil di sekitar Sumatera, ibarat Simeuleu, Sabang, Nias, Pagai, Mentawai, dan sebagainya.
Ciri-ciri Untuk Membedakan Murai Batu Betina Dewasa dibandingkan Murai Jantan :

-Badan burung murai betina lebih kecil.
-Bulu-bulunya sebagaian besar berwarna abu-abu sedikit kehitaman, serta tak mengkilat (kusam).
-Bagian dada bulunya berwarna coklat muda.
-Bagian punggung berwarna putih, serta agak menyempit.
-Ekor lebih pendek serta kecil.
-Kepalanya juga lebih kecil.
-Matanya standard tak demikian menonjol.
-Paruh agak kecil serta sedikit melengkung kecil.
-Kaki lebih pendek, apabila dipegang tulangnya agak kecil.
-Supit udang atau pubis apabila disentuh merasa lunak, serta agak buka.
-Suaranya lebih kecil, pelan, serta monoton.

Sumber : omkicau.com, hewanpeliharaan.org, kicauindah.com, wikipedia.org dan sumber lainnya
loading...

Archive