Empat Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Sebagai Penjaga Stamina

Berbagai macam jenis burung kicau menyerupai parkit, kenari, Kakatua dan lovebird serta jenis lainnya membutuhkan embel-embel pakan yang banyak mengandung vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Dan menyerupai juga insan ternyata vitamin-vitamin alami untuk burung sanggup didapatkan dari banyak sekali jenis sayuran.

Apa saja sayuran yang sanggup dijadikan pakan embel-embel untuk burung kicau? Simak macamnya dibawah ini yang disarikan dari omkicau.com

Mentimun atau Ketimun
Jika pada manusia, mentimun sering dijadikan lalapan sebagai teman bakar-bakaran yang bermanfaat untuk mengurangi dampak negatif dari masakan yang dibakar. Mentimun memang sangat banyak mengandung antioksidan yang sangat diperlukan untuk mencegah radikal bebas yang sanggup meracuni tubuh.

Mentimun / ketimun / timun (Cucumis sativus) ialah tanaman dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceace. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga banyak diberikan kepada kenari dikala cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung yang akan melaksanakan perjalanan jauh.

Manfaat lain dari mentimun ialah membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami obesitas, dan mengurangi birahi burung kenari yang mengalami OB (over birahi).

Pemberiannya dilakukan dengan memotong mentimun, kemudian menggantungnya dalam kandang memakai pengait buah. Di beberapa negara Asia, mentimun dikala ini menjadi pakan favorit. Namun penyajiannya agak berbeda, yaitu hanya diambil biji-bijinya, kemudian dikeringkan dan diberikan kepada burung.

Sayur Daun sawi
Daun sawi termasuk sayuran hijau yang sering diberikan kepada burung pemakan biji-bijian sebagai pakan embel-embel yang penuh manfaat. Sawi kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

Sawi sangat baik diberikan kepada burung pemakan biji-bijian menyerupai kenari, finch, dan paruh bengkok, alasannya ialah sebagian besar kandungan nutrisinya bermanfaat untuk pencernaan burung, termasuk memudahkan burung dikala buang kotoran.Itulah tujuh pakan embel-embel favorit yang sering diberikan kepada burung kenari dan paruh bengkok, dengan tujuan biar burung mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap serangan penyakit, menstabilkan birahi, dan merangsangnya supaya lebih rajin berbunyi.

Wortel

Ternyata tidak cuma kelinci yang membutuhkan wortel, burung kicau juga sangat elok kalau diberikan pakan embel-embel berupa wortel ini. Secara umum wortel sudah usang dikenal luas sebagai sumber vitamin A yang sangat elok bagi penglihatan sehingga orang bau tanah sangat menganjurkan anak-anaknya untuk memakan wortel untuk menjaga kesehatan matanya.

Wortel termasuk jenis sayuran yang umum, murah, gampang didapat, serta mempunyai banyak manfaat. Wortel sanggup diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji-bijian dengan cara bervariasi.

Pemberian wortel pada burung kicauan juga sanggup membantu menghasilkan pigmen warna, terutama untuk burung dari jenis kenari merah. Sebab wortel mempunyai karotein yang sangat diperlukan untuk itu.

Cara penyajian wortel biasanya dilakukan dengan memarutnya. Sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian diparut dan diberikan kepada burung.

Cabai merah
Mendengar kata cabai merah yang terbayang mungkin masakan berupa sambal, tetapi ternyata burung kicau juga menyukai cabai merah. Apakah burung sanggup kepedasan kalau memakan cabai merah atau jenis cabai lainnya? Ternyata burung tidak mempunyai indera perasa pada lidahnya dan dijamin tidak akan sanggup mencicipi pedasnya cabai.

Cabai merah sangat bermanfaat untuk burung peliharan. Selain mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah atau karotein sebagaimana wortel.

Cabai merah sanggup disajikan dengan bermacam-macam cara. Misalnya diberikan hanya penggalan kulitnya saja, sedangkan bijinya dibuang atau boleh juga diberikan dalam bentuk utuh, menyerupai terlihat pada gambar di atas. Burung tidak mempunyai reseptor rasa, sehingga mereka tidak mencicipi panas atau pedas dari cabai.

loading...

Archive