Mengenal Jenis Burung Pemakan Ikan Yang Anggun Warnanya, Raja Udang

Mungkin selama ini banyak orang awam yang hanya mengenal burung-burung  maritim saja yang mengandalkan ikan sebagai pakan utamanya. Anda tentu mengenal burung pinguin, burung pemakan ikan yang tidak sanggup terbang tetapi sangat mahir berenang.

Ada salah satu jenis burung pemakan ikan yang mempunyai keindahan pada warnanya dan juga mahir menangkap ikan dengan mengandalkan kecepatannya. Inilah burung pemakan ikan yang dikenal dengan nama Raja Udang atau Burung Tengkek Udang.


Burung Raja Udang, Burung Pemakan Ikan Yang Lincah Dengan Warna Bulu Yang Indah

Burung Raja Udang punya warna bulu biru kehijauan yang mengakibatkan burung ini tampak sangat mempesona. Apabila burung Tengkek Udang ini keadaan menukik pada fatwa air maka akan tampak bayangan biru kehijauan dari bulunya. 
Raja-udang yakni nama umum bagi homogen burung pemakan ikan dari suku Alcedinidae. Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 90 spesies burung raja-udang. Pusat keragamannya yakni di kawasan tropis di Afrika, Asia dan Australasia. (Wikipedia)
Tak hanya warnanya yang cantik, Tengkek Udang ini juga punya bunyi yang bagus untuk digpakai sebagai burung masteran.

Burung Tengkek Udang ini termasuk burung pemburu yang cerdik. Hal ini disebabkan dari tempatnya bertengger, burung Tengkek Raja Udang sanggup sabar dalam menunggu makanannya. Hal ini terbukti jikalau burung ini sangat lincah.
Dari 45 spesies yang keluarga raja udang di Indonesia, beberapa jenis yang paling dikenal antara lain 
  • Raja-udang erasia (Alcedo atthis)
  • Raja-udang punggung-merah (Ceyx rufidorsa)
  • Pekaka emas (Pelargopsis capensis)
  • Cekakak kerikil (Lacedo pulchella)
  • Cekakak belukar (Halcyon smyrnensis)
  • Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris)
  • Cekakak sungai (Todirhamphus chloris)
  • Cekakak suci (Todirhamphus sanctus)
  • Cekakak-pita biasa (Tanysiptera galatea)
Cekakak jawa banyak ditemukan di kawasan pinggiran sungai di hutan-hutan yang ada di Jawa dan Sumatera. Bulunya berwarna biru terang, dengan adonan sedikit warna hitam pada bulu sayap dan kepala. Paruh berwarna kemerahan, menciptakan burung ini terlihat cantik.
Tak hanya itu saja, kelihaian Tengkek Udang ini juga sanggup kita saksikan jikalau ada ikan yang muncul pada permukaan air. Maka dari itu, burung Raja Udang ini akan melesat memakai kecepatan yang tinggi.

Kemudian menukik ke dalam air untuk menyambar ikan itu. Burung Tengkek Udang ini ibaratnya mirip anak panah. Sangat cermat dalam menangkap mangsa dengan begitu tepat. Burung ini biasa hinggap di dahan pohon dengan ketinggian 1-2 meter dari permukaan air, untuk mengawasi mangsanya. Raja udang mempunyai penglihatan yang tajam dengan filter polarisasi, untuk memotong refleksi air, sehingga lebih baik dalam melihat mangsanya. Begitu waktunya tepat, dan dengan perhitungan cermat, ia akan menukik untuk menciduk mangsanya dari dalam air. Sewaktu berada di dalam air, matanya akan tertutup membran. Utu berarti ia sama sekali tidak melihat mangsanya, dan hanya mengandalkan naluri dan perhitungan saja.

Setelah berhasil mendapat mangsanya, contohnya ikan, beliau akan menggigit ekor ikan dan memukulkan tubuh dan kepala ikan ke kerikil atau dahan pohon biar mati. Dengan demikian, raja udang sanggup memperkecil risiko tersedak tanggapan mengkonsumsi ikan yang hidup.

Setelah menyantap mangsanya, beberapa menit kemudian, kepingan yang tidak dicerna oleh tubuhnya mirip tulang dan diri akan dimuntahkan kembali. Satu satu kebiasaan burung ini yakni berdandan usai makan. Ia akan mengolesi bulu-bulunya dengan minyak yang keluar dari tubuhnya, sehingga bulu-bulu bersifat anti-air, dan sanggup mengurangi risiko karam sewaktu berburu ikan di dalam air.

Raja udang termasuk burung penyendiri. Sifatnya sangat teritorial, lantaran setiap hari harus mengkonsumsi masakan dengan porsi 60% dari bobot badannya. Jika bobot badannya 50 gram, maka saban hari beliau harus memperoleh masakan seberat 30 gram! Hal itulah yang menciptakan burung ini tidak cocok dipelihara dalam kandang dan gampang mati.
loading...

Archive