Suara Unik Burung Belibis, Download Mp3 Disini!

Burung Belibis, Itik Air Yang Pandai Bersiul
Belibis Dikenal Juga Dengan Nama Whistling Duck Atau Itik Bersiul, Bagaimana Suaranya? Download Mp3 Suara Belibis Disini!

Burung Belibis dengan nama latin Dendrocygna yaitu jenis unggas dengan paruh datar (Anseriformes) yang bisa mengeluarkan bunyi ibarat halnya siulan. Sebab ciri nya yang khas ini, dalam bahasa Inggris burung belibis dikenal sebagai whistling duck yang artinya itik bersiul. Burung yang termasuk anggota suku Anatidae, belibis mempunyai kedekatan genetik dengan itik.

Berikut link Download Mp3 Suara Belibis yang bersumber dari link omkicau.com:

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Download Mp3 Suara Burung Belibis 1: Silakan KLIK DISINI

Selain download MP3 bunyi burung Belibis untuk masteran alternatif, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung lainnya seperti: bunyi murai batu, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang bahari yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul.
Belibis termasuk burung dari keluarga Anatidae, yang masih mempunyai relasi kekerabatan dengan itik, mentok, kambangan, trutu, soang, dan boha. Ujudnya secara fisik ibarat mentok / entok, namun mempunyai kemampuan terbang yang sangat bagus.
Belibis atau Dendrocygna yaitu sekelompok unggas berparuh datar yang sanggup mengeluarkan bunyi ibarat siulan. Karena kekhasan ini, dalam bahasa Inggris ia dikenal sebagai whistling duck. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah burung belibis yaitu Dendrocygninae
Warna bulunya bervarisasi, tergantung jenis / spesiesnya. Burung belibis berada dalam genus Dendrocygna, yang terdiri atas delapan spesies. Empat spesies di antaranya sanggup dijumpai di Indonesia, yaitu:
  • Belibis totol / spotted whistling duck (Dendrocygna guttata)
  • Belibis rumbai / plumed whistling duck (Dendrocygna eytoni)
  • Belibis kembang / wandering whistling duck (Dendrocygna arcuata)
  • Belibis polos / lesser whistling duck (Dendrocygna javanica)
Adapun empat spesies lainnya tidak dijumpai di Indonesia, yaitu :
  • Belibis indian / west indian whistling duck (Dendrocygna arborea)
  • Belilis muka-putih / white-faced whistling duck (Dendrocygna viduata)
  • Belibis perut-hitam / black-bellied whistling duck (Dendrocygna autumnalis)
  • Belibis bicolor / fulvous whistling duck (Dendrocygna bicolor)
Jenis dari Burung Belibis ini memanglah beraneka ragam, akan tetapi yang paling terkenal yaitu jenis burung Belibis Kembang.

Burung Belibis Kembang yang mempunyai nama latin disebut Dendrocygna arcuata merupakan homogen burung yang hidup di tempat berair.

Warna pada potongan bulu-bulunya kecoklat-coklatan, lehernya memang tidak mengecewakan juga panjang dan kecil, lalu paruh dan kakinya mempunyai warna hitam.

Bagian kakinya berselaput renang ibarat halnya pada kaki angsa atau kaki itik. Burung Belibis kini ini memang mempunyai nilai jual yang sudah cukup tinggi.

Makanan yang paling disukai oleh burung Belibis yaitu pakan yang hampir sama dengan pakan bebek. Bisa kita berikan jagung, gabah dan bahkan lebih baik bila kita berikan makan pakan ayam.

Terlebih lagi bila Burung Belibisnya masih kecil yaitu umur 0 hingga hingga 2 bulan. Maka lebih baik diberikan pakan ayam dan sekali kali diselingi dengan diberi dedak.
Itik Belibis Atau Burung Belibis?
Fakta-fakta Tentang Burung Belibis
  • Burung belibis atau ptarmigan (nama yang umum dikenal di Amerika Utara) yaitu jenis burung terkenal dengan kemampuan berubah warna. Awalnya bulu belibis akan berwarna cokelat hingga lalu berkembang menjadi putih.
  • Meskipun berubah warna, ternyata ekor belibis warnanya masih akan hitam atau cokelat.
  • Burung-burung belibis jauh lebih suka berada di ketinggian dengan area yang tandus sekaligus sering bertengger di batu-batu maupun membisu di salju atau bersembunyi dibandingkan di pepohonan.
  • Burung belibis bahagia berburu gabah yang biasanya masih tertinggal di lahan sawah. Sehingga burung belibis akan sering dijumpai di area persawahan ketika masa panen berakhir.
  • Fakta belibis yang niscaya tidak terduga yaitu dun eceng gondok yang menjadi makanan favoritnya.
  • Meskipun mempunyai bentuk yang menggemaskan dan lucu, belibis ternyata tidak gampang ditangkap.
  • Burung Belibis termasuk dalam jenis burung liar yang biasa berburu makanan pada ketika malam hari.
  • Burung belibis biasa disebut sebagai itik liar maupun itik air.
  • Saat ini bisa mengetahui lebih banyak fakta belibis dengan cara mengunjungi Desa Teluk Betung, Kecamatan Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara, Kalsel. Karena di sana ada banyak burung belibis yang bisa dengan leluasa diamati.
  • Belibis masih mempunyai relasi kekerabatan yang sangat bersahabat dengan spesies itik. Sehingga secara sadar atau tidak keduanya mempunyai tampilan badan yang mirip.
  • Daging belibis mempunyai cita rasa yang nikmat ibarat dengan daging itik atau bebek.
  • Meski berperawakan serupa dengan jenis bebek, burung belibis bisa terbang tinggi. Bahkan belibis juga cukup sering melaksanakan penerbangan yang sangat jauh hanya demi melaksanakan migrasi.
  • Burung Belibis jauh lebih bahagia tinggal di air bila dibandingkan dengan burung jenis lain yang lebih bahagia di pepohonan atau menciptakan sarang di tumbuhan.
loading...

Archive