Kacer Kamu Membisu Waktu Lomba : Begini Solusinya

suaraburungkicau.com - Sobat Pecinta Burung, lomba kacer identik dengan bunyi kicauan kacer yang begitu keras dan lantang. Ya, burung-burung kacer yang ikut lomba akan berkicau dan memperlihatkan kemampuannya dikala lomba. Dan tak lupa juri pun siap memantau dan memperlihatkan nilai bagi kacer yang ikut lomba. Tapi apakah kacer anda membisu dikala lomba? Kacer membisu dikala lomba yaitu dilema yang harus segera diatasi alasannya yaitu juri tidak akan memantau kacer yang mbalong atau mbagong. Kacer membisu dikala lomba? Ini solusinya. Kami akan menyebarkan pengalaman dan tips perihal mengatasi kacer yang hanya membisu dikala lomba.

solusi burung kacer
Kacer
Sebenarnya sikap mbagong atau mbalon yaitu sikap yang niscaya dialami kacer manapun. Ini berarti bahwa setiap kacer tidak pernah luput dari yang namanya mbagong/mbalon. Makara anda jangan menyalahkan kacer kalau kacer satria anda mbagong di rumah atau di arena lomba. Yang perlu anda ketahui yaitu cara menjaga kondisi kacer semoga tidak membisu dikala lomba. Mungkin ada beberapa setelan yang belum cocok dengan abjad kacer anda. Untuk itulah kami akan menyebarkan isu perihal kacer membisu dikala lomba : ini solusinya. Informasi berikut berisi perihal pengalaman dan tips dalam mengatasi kacer yang ngetem/mbagong dikala lomba. Tetapi, ini tidaklah niscaya alasannya yaitu setiap kacer mempunyai abjad masing-masing. Tetapi anda bisa menentukan dan mencoba metode yang pas yang cocok untuk kacer anda.

1. Singkirkan pakan dan minuman dari sangkar
Tips pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi kacer mbagong/diam dikala lomba yaitu dengan menyingkirkan pakan dan minuman dari sangkar. Untuk tata caranya sebagai berikut :

  • Mandikan burung kacer sebelum dibawa ke arena lomba.
  • Saat di lapangan, berikan pakan berupa 5 ekor UH dan 3 ekor jangkrik (kerodong sambil dibuka).
  • Kerodong kembali burung kacer.
  • Sesaat sebelum digantang di arena, buka separuh kerodong.
  • Ambil dan singkirkan pakan dan minuman dari sangkar.
  • Bersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan.
  • Berikan lagi jangkrik dan UH.
  • Tutup rapat dengan kerodong hingga lomba dimulai.

Cara ini dilakukan semoga kacer tidak sibuk mencari pakan. Biasanya kacer yang mbagong akan turun dari tangkringan dan mencari sisa pakan di dasar sangkar.

2. Berikan waktu kacer untuk pembiasaan dengan arena lomba
Cara ini sangat gampang dan pernah dicoba oleh para kacermania. Untuk pembiasaan dengan lapangan lomba, bukalah kerodong selama 15 menit semoga kacer melihat situasi di lapangan. Namun pilihlah daerah yang sepi/jauh semoga kacer tidak melihat burung sejenis.

3. Melatih kacer dengan kacer lain
Melatih kacer ini bisa dilakukan dengan mengetrek kacer anda dengan 4 ekor kacer atau lebih yang sudah gacor dan ngotot. Ini bertujuan untuk melatih kacer terbiasa dengan suasana ramai dengan musuh yang cukup banyak. Anda bisa mengikutsertakan kacer anda di lomba lokal atau latber yang ada di lingkungan sekitar anda. Namun diusahakan anda tidak mengetrek kacer anda dengan musuh hanya 1 atau 2 ekor. Karena kacer anda akan mengikuti kebiasaan musuhnya.

4. Merawat kacer dengan setelan yang tepat
Cara terakhir yaitu cara yang menuntut anda untuk mencoba hal-hal gres dalam merawat kacer. Maksudnya, anda bisa mencoba setelan gres untuk kacer anda. Misalnya mengganti EF secara bervariasi untuk melihat perbedaan dan kemajuan kacer anda. Intinya, jangan takut untuk bereksperimen pada kacer anda selama tidak membahayakan.

Pada intinya, setiap kacer mempunyai abjad yang berbeda-beda. Makara kalau anda mencoba cara pertama tapi gagal, maka anda harus mencoba cara kedua, dan seterusnya hingga menemukan formula yang sempurna bagi kacer anda semoga tidak membisu dikala lomba. Tetap semangat dan jangan pernah mengalah sobat.

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan perihal kacer membisu dikala lomba : ini solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini.
  1. Cara Merawat Burung Kacer Mabung yang Benar
  2. Jenis-Jenis Burung Kacer di Indonesia dan Ciri-Cirinya
loading...

Archive