Burung Kuntul Besar dan Burung Kuntul Kecil

Burung kuntul merupakan burung yang masih dalam kelompok Ardeidae. burung kuntul memiliki kaki yang panjang, burung kuntul lehernya tinggi karena panjang lehernya dan burung kuntul ada di berbagai negara di dunia. Termasuk jenis burung kuntul adalah burung cangak dan juga burung kowak.

Burung kuntul nampak sangat unik berbeda dengan burung-burung lainnya karena pada waktu terbang burung kuntul lehernya bengkok yakni tidak lurus, tapi membentuk mirip huruf s

Burung kuntul ini berwarna putih dan besar seperti burung bangau. Namun burung kuntul ini Bukankah burung bangau dan juga bukan burung Ibis.

Karena burung Bangau dan Burung Ibis ketika terbang itu lehernya lurus tidak seperti burung kuntul ini  yang membengkok sewaktu terbang.

Burung kuntulsuka berada di tempat-tempat yang basah terutama di terumbu karang dan di pantai pantai. Karena memang burung kuntul inimakanannyaadalah katak, ikan dan yang sejenis.

Menurut sebagian peneliti burung kuntul ini termasuk diantara salah satu burung yang paling pintar di banding burung-burung selainnya.

Burung kuntul Besar
Burung kuntul Besar

Jenis Burung Kuntul Kecil


Burung kuntul kecil seringkali berada di tepi sungai persawahanan,  tanah yang berpasir dan berlumpur dan juga sungai-sungai kecil di area pesisir.

Burung kuntul yang kecil ini seringkali  nampak mengejar buruannya di tepi tepi pantai di area yang dangkal sedikit air.

Saat mencari makanan burung burung kuntul ini berpencar- Pencar dan berkelompok-kelompok dengan  sejenisnya.

Jika hendak pulang dan bermalam di suatu tempat burung-burung kuntul ini terbang membentuk formasi seperti huruf V.
Burung kuntul kecil
Burung kuntul kecil

Burung kuntul yang berjenis ini biasa memakan di alam bebas berupa jenis serangga kecil belalang kodok kecil dan ikan-ikan kecil.

Burung kuntul ini memiliki sarang yang terdiri atau tersusun dari ranting-ranting yang ditumpuk nya seperti panggung, yang mana sarang tersebut dibikin di pucuk pepohonan.

Dalam membuat panggung sebagai sarang biasanya memilih pepohonan yang bawahnya tergenangi air.

Saat bercinta pasangan burung ini akan menampakan keindahan keindahan bulunya yang tegak saat merayu pasangannya sesama burung kuntul.

Burung kuntul ini memiliki telur yang warnanya biru pucat,  setiap betinanya bisa bertelur 3 hingga 4 butir.
Burung Kuntul Besar dan Burung Kuntul Kecil
Burung Kuntul Besar dan Burung Kuntul Kecil


Burung kuntul jenis ini mengeluarkan telurnya ada yang pada bulan Desember sampai Maret, ada yang  suka bertelur pada bulan Februari sampai Juli.

Itulah sedikit uraian berkenaan dengan burung kuntul besar dan burung kuntul kecil.
loading...

Archive