Cara Mengatasi Cucak Jenggot Yang Mencabuti Bulunya Sendiri

suaraburungkicau.com - Burung cucak jenggot merupakan salah satu burung yang memiliki abjad bernafsu dan bertenaga. Saat cucak jenggot sudah gacor dan rajin bunyi, tentu pemiliknya akan bahagia dan bangga. Tetapi bagaimana kalau cucak jenggot suka mencabuti bulunya sendiri? Hmmm, tentu harus segera diatasi biar cucak jenggot anda tidak brondol. Karena umumnya cucak jenggot gemar mencabuti bulunya sendiri terutama di penggalan ekor. Lalu bagiaman cara mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulunya sendiri? Berikut ini akan kami bagikan tips untuk sahabat kicaukan semua.

 Burung cucak jenggot merupakan salah satu burung yang memiliki abjad bernafsu dan bert CARA MENGATASI CUCAK JENGGOT YANG MENCABUTI BULUNYA SENDIRI


Cucak jenggot yang mencabuti bulunya sendiri sebagian besar disebabkan oleh kondisi yang over birahi. Ya, kalau burung cucak jenggot over birahi, maka sanggup dipastikan cucak jenggot akan mbisu/tidak bunyi, dan melaksanakan hal-hal yang menyakiti dirinya sendiri, termasuk mencabuti bulu-bulunya. Tetapi semua dilema niscaya ada solusinya. Karena pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips mengenai cara mengatasi cucak jenggot yang mencabti bulunya sendiri.

Baca :  ramuan pakan istimewa supaya cucak jenggot rajin berkicau dan gacor

Oke eksklusif saja sahabat kicaukan, berikut ini beberapa langkah yang sanggup anda coba.

Cara Mengatasi Cucak Jenggot Yang Mencabuti Bulunya Sendiri
Cara Mengatasi Cucak Jenggot Yang Mencabuti Bulunya Sendiri

cara mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulunya sendiri :


1. Stop voer
Cucak jenggot yang over birahi dan mencabuti bulu-bulunya sendiri sanggup jadi lantaran terlalu banyak asupan protein. Kita tahu bahwa terlalu banyak protein sanggup menimbulkan over birahi. Untuk itu cobalah untuk berhenti memperlihatkan voer pada cucak jenggot anda untuk beberapa hari. Dan sebagai pengganti voer, anda sanggup memperlihatkan buah-buahan terutama buah pisang sebagai makanan utama.

2. Stop extra food (EF)
Selain berhenti memberi voer, anda juga sebaiknya menyetop pakan embel-embel menyerupai jangkrik atau ulat hongkong. Karena jangkrik dan ulat hongkong mengandung protein yang tinggi, yang sanggup semakin menciptakan cucak jenggot semakin over birahi. Kaprikornus pakan utama dan tunggal untuk cucak jenggot yang over birahi dan mencabuti bulunya sendiri yaitu buah-buahan (terutama pisang).

3. Terapi mandi
Untuk menurunkan birahi cucak jenggot, banyak kicau mania yang memakai metode terapi mandi. Pada kondisi normal, biasanya burung cucak jenggot hanya dimandikan sekali sehari. Tetapi kalau kondisinya over birahi dan suka nyabutin bulu sendiri, cobalah untuk memandikannya 2 kali sehari pagi dan sore. Terapi mandi dipercaya sanggup menurunkan birahi cucak jenggot.

4. Dikarantina
Salah satu tahap yang dilalui dalam mengatasi cucak jenggot mencabuti bulunya sendiri yaitu dengan memisahkannya dari burung-burung lain, baik sejenis maupun beda jenis. Tempatkan cucak jenggot yang over birahi di ruangan sendiri yang jauh dari bunyi burung lain. Dengan dikarantina, proses pemulihan akan lebih cepat. 

5. Memberikan multivitamin
Cucak jenggot selama masa terapi, tentu mengalami kondisi yang drop. Untuk itu biar tidak gampang sakit dan terserang penyakit, anda sebaiknya memperlihatkan multivitamin burung. Multivitamin sanggup diberikan pada minuman. Multivitamin bertujuan mencukupi nutrisi-nutrisi yang diperlukan burung selama masa penyembuhan. 

Lalu berapa usang masa penyembuhan cucak jenggot yang mencabuti bulunya sendiri? Berdasar pengalaman, membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 minggu. Tetapi kalau perawatannya sempurna dan konsisten, dalam satu ahad cucak jenggot sudah normal lagi. Jika sudah normal, cucak jenggot akan berhenti mencabuti bulu-bulunya dan bulu yang sudah rusak/hilang akan tumbuh kembali. Cukup gampang bukan untuk mengobati cucak jenggot yang over birahi dan mencabuti bulunya sendiri? Selamat mencoba.

Sobat suaraburungkicau.com, demikian informasi yang sanggup kami sampaikan tentang cara mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulunya sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca : Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan Dan Betina Terlengkap
loading...

Archive