Cara Merawat Ekor Murai BATU Biar Bagus

Suaraburungkicau.com - Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Bagus - Sobat kicaukan, burung murai Murai Batu yaitu salah satu jenis burung kicau yang mempunyai 2 kelebihan utama. Yaitu bunyi kicauannya yang indah dan lantang, serta penampilan fisiknya yang begitu gagah. Ya, Murai Batu memang sangat mempesona dalam kicauan dan penampilannya. Posturnya yang tegap dan menantang menciptakan para kicaumania terhipnotis.

Tetapi pernahkah Murai Batu anda mengalami dilema dengan ekor yang rusak? Karena mempunyai ekor yang panjang maka ekor murai kerikil sangat rawan rusak lantaran ukiran dengan sangkar atau lantaran karena lain. Nah pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips mengenai cara merawat ekor murai kerikil biar bagus.

Ekor murai kerikil yang panjang dan mengembang menjadi nilai plus dalam evaluasi ketika lomba. Untuk itu anda harus selalu merawat ekor murai kerikil biar tidak rusak. Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh ihwal cara merawat ekor murai kerikil biar bagus, mari kita simak artikel-artikel ihwal Murai Batu berikut ini :
  • Karakter Dan Keistimewaan Murai Batu Medan Terlengkap.
  • Daftar Harga Burung Murai Batu Terbaru Februari 2014.
  • Inilah Waktu Terbaik Untuk Melombakan Murai Batu.

Setelah anda membaca artikel-artikel ihwal murai kerikil di atas, mari kita kembali membahas ihwal cara merawat ekor murai kerikil biar bagus. Kondisi ekor murai kerikil biasanya akan rusak dan rontok/brodol lantaran beberapa sebab, contohnya ngruji ekor, bergesekan dengan sangkar, atau lantaran mabung/molting.

pola ekor murai batu medan
pola ekor murai batu medan


Nah untuk mengatasi ekor murai kerikil yang rusak, berikut ini beberapa langkah yang pernah dilakukan oleh Murai Batu mania yang sudah berpengalaman. Berikut ini cara merawat ekor murai kerikil biar cantik :
  1. Pegang Murai Batu yang ekornya rusak.
  2. Gunakan air hangat untuk menyemprot pangkal ekor Murai Batu.
  3. Pijat ekor Murai Batu dengan perlahan dan lembut. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan sumbatan yang terdapat di bulu-bulu ekor Murai Batu.
  4. Setelah kering, oleskan air bawang merah pada potongan pangkal paha Murai Batu.
  5. Ulangi proses tersebut selama 3 hari secara berturut-turut.
  6. Usahakan full kerodong.
  7. Saat mandai lebih baik memakai full cepuk.
  8. Berikan pakan yang berkualitas dan cukup. Misalnya jangkrik, ulat kandang, kroto, ulat hongkong. 
  9. Setiap 2 hari sekali anda sanggup menunjukkan minyak ikan yang dioleskan pada jangkrik/kroto.
  10. Voer diganti dengan voer lele ukuran sedang.

Tips-tips di atas yaitu menurut pengalaman Murai Batu mania. Namun kalau anda ragu dan belum ingin mencobanya itu yaitu hak anda. Untuk antisipasi, tempatkan Murai Batu pada sangkar yang lebih besar sehingga ekor tidak hingga bergesekan dengan jeruji. 

Sobat kicaukan, demikian gosip yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Bagus.

Baca juga artikel menarik berikut ini :  Cara Efektif Mengatasi Kenari Yang Hanya Ngriwik
loading...

Archive