Berapa LAMA Burung Kacer MENGALAMI Mabung

suaraburungkicau.com - Burung kacer/poci yang mempunyai nama ilmiah magpie robin yaitu burung yang termasuk dalam burung paling populer. Penggemar dan pecinta kacer sangat banyak, dari ujung barat hingga ujung timur indonesia. Burung kacer mempunyai huruf dan keindahan yang khas. Burung mabung atau molting yaitu proses alami/natural yang dialami oleh setiap burung kicau. Tahukah anda mabung untuk burung kacer? Kapan dan berapa usang burung kacer mabung?

Bagi para kacer mania yang sudah usang memelihara burung bersuara keras ini, mungkin sudah tahu dan hafal kapan dan berapa usang burung kacer mabung. Tetapi artikel ini lebih kepada gosip yang mungkin saja bermanfaat bagi para kicau mania yang masih baru/pemula, yang belum tahu secara terang perihal masa mabung burung kacer. Maka dari itu maka pada kesempatan ini akan kami sampaikan lebih detil perihal masa mabung burung kacer.

poci yang mempunyai nama ilmiah magpie robin yaitu burung yang termasuk dalam burung pali KAPAN DAN BERAPA LAMA BURUNG KACER MABUNG


Berapa Lama Burung Kacer Mabung


Oke pribadi saja sahabat kicaukan, berikut ini yaitu proses masa mabung burung kacer menurut usianya. Simak poin-poin berikut ini dengan saksama :
  • Pada ketika kacer masih piyik, maka bersama-sama kacer anakan tersebut sudah mengalami proses pergantian bulu. Yaitu pergantian bulu piyik menuju ke bulu trotolan. Pergantian kulit pertama ini biasanya akan berlangsung selama 3 bulan pertama (sejak menetas). Tetapi proses pergantian bulu dari piyik ke trotolan bukan merupakan masa mabung, alasannya yaitu mabung yaitu pergantian kulit ketika kacer sudah dewasa.
  • Pada usia 6 bulan, kacer anakan/trotolan akan mengalami pergantian bulu lagi. Dan ini disebut sebagai mabung. Yaitu pergantian bulu trotolan ke bulu dewasa. Proses pergantain bulu (mabung) ini akan menghasilkan bulu-bulu kacer dewasa, yang berfungsi sebagai media untuk terbang. 
  • Setelah mabung pertama, kacer tidak akan mengalami mabung lagi selama kurang lebih 6-8 bulan kemudian. Pada ketika "libur" mabung ini biasanya kacer akan dilombakan. 
  • Kacer akan kembali mabung pada umur 12-15 bulan tergantung perawatannya. Pada mabung kedua ini kacer akan mengganti bulu-bulu yang kering dan rusak dengan bulu-bulu baru.
  • Setelah mabung kedua, kacer sanggup dikatakan sudah mapan dan sudah siap tarung. Setelah mabung kedua, kacer sudah mempunyai mental yang bagus, kicauan yang indah, dan stamina yang oke. Tetapi semua bergantung perawatan yang anda berikan.
  • Nah, sesudah mabung kedua kacer akan mabung kembali sekitar 2-3 tahun kemudian. 

Makara secara matematis, burung kacer mengalami mabung sebanyak 3 kali, dari  trotolan hingga dewasa. Sudah terang bukan klarifikasi kami perihal kapan dan berapa lami burung kacer mabung? Saat kacer mabung, anda harus mempersiapkan kebutuhan nutrisi yang lengkap dan cukup, alasannya yaitu ketika mabung, stamina dan nutrisi sangat terkuras untuk proses bergantinya bulu.

Demikian gosip yang sanggup kami sampaikan tentang Kapan dan berapa usang burung kacer mabung? Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini.

BACA INI :

Cara Merawat Burung Kacer Mabung yang Benar

loading...

Archive