Panduan Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau

suaraburungkicau.com - Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau - Kalau membahas ihwal ulat hongkong (UH) memang tak ada habisnya. Ya, UH memang sangat bersahabat dengan kita para pecinta burung kicau alasannya yakni memang UH yakni ekstra food yang sangat cantik untuk si burung kicau kesayangan kita. Burung pleci, Murai Batu, ciblek yakni beberapa jenis burung kicau yang doyan UH. Ulat hongkong sanggup jadi yakni lahan pekerjaan sampingan (side job) bagi sebagian orang. Dan pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips mengenai cara beternak ulat hongkong untuk burung kicau. Mungkin saja anda berminat beternak UH. Simak artikel berikut hingga akhir.

Ulat hongkong (mealworm/UH) yakni ulat yang hanya memiliki siklus hidup yang relatif cepat yaitu sekitar 6 bulan saja. Ini berarti jikalau kita beternak ulat hongkong maka kita tidak membutuhkan waktu usang untuk panen dan menjual/memanfaatkan hasil ternak UH kita. Selama hobi burung kicauan masih ada maka prospek untuk beternak ulat hongkong juga masih menjanjikan. Atau jikalau anda tidak berniat menjual UH ke konsumen, anda sanggup menggunakannya sendiri untuk diberikan ke burung kicau kesayangan anda. Adakah di antara anda yang pernah beternak ulat hongkong ?

Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau
Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau

Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau


Bahan-Bahan Yang Dipersiapakan
  • Ulat hongkong dewasa.
  • Tempat/kotak plastik secukupnya, tergantung skala ternak anda. Jika skala cukup besar sanggup memakai kotak kayu yang lebih besar.
  • Dedak/bekatul sebagai media dasar ternak. Dedak berfungsi untuk menjaga kelembaban kotak semoga UH tidak mati.
  • Pakan UH berupa roti, irisan kentang, atau irisan apel. 

Berikut ini beberapa tahapan/cara beternak ulat hongkong untuk burung kicau dalam skala kecil :
  1. Masukkan dedak/bekatul ke dalam kotak plastik/kotak kayu secara merata. Tinggi atau tebal katul yakni 1/4 dari tinggi kotak.
  2. Masukkan ulat hongkong (UH) sesuai kapasitas wadah. 
  3. Masukkan pakan UH ke kotak. Bisa dengan irisan kentang, roti atau apel. Tapi dalam hal ini kami lebih cenderung memakai irisan apel sebagai pakan alasannya yakni apel relatif sedikit mengandung air dan mencegah tumbuhnya jamur.
  4. Taruh kotak di ruangan yang hangat dan gelap semoga UH merasa nyaman.
  5. Pengecekan/kontrol dilakukan setiap hari. Tujuan utama kontrol yakni untuk mengecek ketersediaan pakan dan membersihkan sisa-sisa masakan atau kotoran lain.
  6. Setelah 90 hari (3 bulan) maka UH akan bermetamorfosis kepompong. 
  7. Pindahkan kepompong ke kotak yang gres semoga tidak dimakan oleh UH yang belum jadi kepompong. 
  8. Kotak gres daerah kepompong ditaburi dedak tipis saja, dan tidak usah diberi pakan. Kepompong tidak membutuhkan masakan apa pun.
  9. Kepompong akan bermetamorfosis serangga yang berwarna putih (calon kumbang) sekitar 10 hari kemudian.
  10. Saat sudah menjadi kumbang (berwarna hitam), pindahkan ke kotak yang gres dengan ditaburi dedak. Setiap 2 kg dedak cukup untuk 4 gelas berisi kumbang. Berikan pakan yang sama (irisan roti, irisan apel atau irisan kentang).
  11. Kumbang akan bereproduksi dengan cara kawin dan bertelur. 
  12. Jika kumbang sudah bertelur, maka tunggulah hingga 10 hari lagi. Setelah 10 hari maka pisahkan telur dan kumbangnya. 
  13. Kumbang dipindah ke kotak yang gres dengan dasar diberi dedak lagi.
  14. Kumbang yang telah dipindah akan bertelur lagi sekitar 10 hari kemudian. 
  15. Pisahkan telur dari kumbang dengan cara diayak. 
  16. Telur kumbang akan menetas dengan sendirinya dan menjadi larva (ulat hongkong). Saat telur sudah menjadi larva, berikan pakan berupa irisan apel atau irisan kentang. 
  17. Tunggu hingga 50 hari, dan ulat hongkong siap dipanen.

Makanan Ulat Hongkong

Makanan buat ulat hongkong yang baru sahaja menetas dan juga bagi ulat hongkong yang sudah mulai dewasa.

Pakan bagi hewan ternak merupakan di antara faktor yang mendorong keberhasilan sebuah usaha budidaya hewan peternakan. Begitu pula bagi usaha ternak ulat hongkong ini.

Sebenarnya ulat hongkong itu mau dan suka makanan-makanan apa aja yang ada di sekitarnya atau makanan yang di berikan padanya. misalnya buah-buahan, sayur mayur, ampas tahu dan lain sebagainya. namun semua makanan itu ada sisi kelebihan dan kekurangannnya.

Lalu akan apa yang paling baik buat ulat hongkong ?

Jika untuk menjawab makanan yang paling bagus buat ulat hongkong, adalah Voer atau Pellet BR 1.

Memang keberadaan Voer Pellet BR 1 ini di masyarakat di gunakan sebagai makanan hewan unggas seperti ayam dan lainnya dalam bentuk butir-butiran. Namun, jika di gunakan untuk memberi makan ulat hongkong sebaiknya di campur dengan labu siam atau labu jepang.

Cara Memberi Pakan ulat Hongkong


Adapun cara mudah memberi pakan pada ulat hongkong dengan voer atau pellet ialah dengan cara menabur  voer atau pellet di dalam bok atau kotak tempat di mana ulat hongkong di taruh.

Pemberian voer atau pellet pada ulat hongkong sekiranya cukup dan habis di makan oleh ulat hongkong dalam waktu 1 hingga 2 hari.

Beri juga labu jepang atau labu siam yang telah di iris-iris kecil, dengan ukuran sekitar 1-2 cm, sedangkan untuk memberikan pakan seterusnya harus di tunggu sampai pakan yang diberikan sebelumnya sampai betul-betul habis di makan. Setelah itu Lalu bersihkan dan berilah pakan yang baru lagi.

Kelebihan memberi makan ulat Hongkong dengan pakan voer BR 1

Dalam memberikan makan hewan ternak ada Sisi kelebihan dan kekurangannya Adapun kelebihan dari memberikan pakan voer BR 1 pada ulat Hongkong di antaranya yaitu:

-  Pakan voer mudah diperoleh
pakan voer BR 1 ini mudah sekali kita peroleh tanpa harus susah payah, yakni dengan membawa uang dan membelinya di toko.

- Pakan voer ini tidak mudah basi

Pakan voer Bentuknya itu kering dan berbentuk butiran-butiran kecil, sehingga tidak basi. Berbeda dengan ampas tahu. Selain itu juga karena Pakan voer Tidak mudah berjamur

- Kandungan nutrisinya dalam pakan voer lebih lengkap karena voer adalah pakan produksi pabrik yang dudah di uji kelayakan dan kadar nutrisinya.

- Dengan memberi voer pada Ulat hongkong, maka akan membuatnya cepat tumbuh membesar. karena vitamin atau nutrisi dari pakan tersebut lebih terjamin.


Memang cukup usang waktu yang diharapkan untuk beternak UH. Tetapi tenaga yang kita keluarkan sangat sedikit. Kita hanya perlu mengontrol setiap hari untuk menyediakan pakan dan memisahkan telur dari kumbang. 

Itulah mengenai panduan  Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk burung kicau dan makanan nya.

Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini.

loading...

Archive