Perawatan Cucak Jenggot Ketika Mabung Dan Sesudah Mabung

Suaraburungkicau.com - Cucak jenggot yang sedang mabung/molting harus dirawat dengan cara yang berbeda ibarat biasanya. Karena pada ketika bulu rontok/mabung cucak jenggot membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan bulu pasca rontok. Dan tahukah anda, pada ketika cucak jenggot mabung maka cucak jenggot niscaya mencicipi sakit. Hmmm, kasihan ya sobat.

Lalu bagaimana perawatan cucak jenggot ketika mabung dan sehabis mabung? Simak artikel ini hingga akhir.

Baca :  Cara Memulihkan Kondisi Cucak Jenggot Betina Sesudah Bertelur Untuk Lomba

Perawatan Cucak Jenggot mabung
Perawatan Cucak Jenggot mabung

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, pada ketika burung mabung kebutuhan nutrisi harus tercukupi. Untuk itulah perlu perawatan ekstra bagi cucak jenggot yang sedang mabung. Beberapa hal yang harus anda perhatikan yakni mulai dari perawatan harian selama mabung, dukungan pakan, dukungan pakan ekstra, mandi, dan lain sebagainya. Selain masa mabung, anda juga harus memperhatikan perawatan masa sehabis mabung selesai. Untuk itulah pada kesempatan ini kami akan membuatkan info dan tips mengenai perawatan cucak jenggot ketika mabung dan sehabis mabung.

Oke pribadi saja teman kicaukan, berikut ini beberapa perawatan cucak jenggot ketika mabung dan sehabis mabung :
  1. Untuk pakan, berikan ibarat biasanya. Yaitu voer, jangkrik/ulat hongkong, dan juga buah-buahan. 
  2. Jangan lupa menunjukkan multivitamin untuk menjaga kondisi kesehatan cucak jenggot. Mutivitamin sanggup anda berikan secara terjadwal dan rutin. Yaitu 2-3 kali dalam seminggu.
  3. Sangkar diusahakan full kerodong. Kerodong hanya dibuka ketika membersihkan sangkar, mengganti pakan, dan mengganti air minum.
  4. Mandi dilakukan selama 3 hari sekali. Dan sehabis mandi selesai, tidak perlu dijemur. Cukup diangin-anginkan saja dan lalu dikerodong lagi.

Perawatan Cucak Jenggot
Perawatan Cucak Jenggot

Perawatan cucak jenggot sehabis mabung

Nah, sehabis Cucak Jenggot selesai mabung maka perawatannya pun berbeda dengan ketika masa mabung. Berikut ini perawatan cucak jenggot sehabis mabung :
  1. Untuk pakan, berikan ditingatkan sedikit porsinya. Yaitu voer, jangkrik/ulat hongkong, dan juga buah-buahan ditambah.
  2. Jangan lupa menunjukkan multivitamin untuk menjaga kondisi kesehatan cucak jenggot. Mutivitamin sanggup anda berikan secara terjadwal dan rutin. Yaitu 2-3 kali dalam seminggu. Agar pertumbuhan bulunya sempurna, berikan multivitamin yang khusus untuk pertumbuhan bulu ibarat BirdMol-Post. Tujuannya biar Cucak Jenggot cepat berkicau lagi dan pertumbuhan bulunya sempurna. 
  3. Sangkar masih full kerodong. Kerodong hanya dibuka ketika membersihkan sangkar, mengganti pakan, dan mengganti air minum.
  4. Mandi dilakukan 2 hari sekali. Dan sehabis mandi selesai, tidak perlu dijemur. Cukup diangin-anginkan saja dan lalu dikerodong lagi.

Memang secara garis besar hanya perbedaan dukungan pakan dan frekeunsi mandinya yang ditingkatkan. Tetapi hal itu memang harus dilakukan alasannya yakni kebutuhan ketika mabung dan sehabis mabung berbeda. Cukup gampang bukan untuk merawat cucak jenggot ketika mabung dan sehabis mabung? Selamat mencoba sobat.

Sobat kicaukan, demikian info yang sanggup kami sampaikan tentang perawatan cucak jenggot ketika mabung dan sehabis mabung.

Baca Juga : Cara Merawat Cucak Jenggot Betina Untuk Lomba Ala Jawara

loading...

Archive