5 Ayam Termahal dari Indonesia Tembus Sampai Rp 40 Juta Per Ekor


Secara fisik, unggas yang juga dikenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur ini hampir seolah-olah dengan ayam kampung biasa. Mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna warni bulunya mirip ayam kampung. Namun sebab keunikannya itu ayam ini dibandrol seharga Rp 40 juta.

2. Ayam Pelung


Pada tahun 1850, di Desa Binikasih Kecamatan Warungkondang, Cianjur seorang petani berjulukan Djarkasih mendapati seekor anak ayam jantan di kebunnya. Hebatnya anak ayam ini tumbuh dengan pesat.

Ayam pelung ini harganya bisa Rp 20 juta, sebab mempunyai tiga sifat genetik yang cukup unik. Ayam jago tersebut berpostur tinggi dan mempunyai bunyi kokok yang khas, panjang, mengalun dan berirama. Dan ayam ini juga tumbuh dengan cepat.

3. Ayam Jago Jalak


Ayam Jago Jalak, merupakan ayam aduan yang bisa mencapai harga 100 juta. Ayam Jalak, merupakan ayam lokal namun mempunyai prestasi elok dalam sebuah pertarungan. Jalak ini, sudah berkali kali menang dalam suatau pertarungan dan berhasil mengalahkan sejumlah jago import yang dianggap sebagai ayam andalan. Maaf bagi yang muslim sebaiknya kita ketahui bagaimana hukumnya menggadu/sabung ayam ini.

4. Ayam Kukuak Belenggek


Nama unggas ini masih jarang sekali didengar para pecinta ayam hias. Popuaritasnya pun masih kalah dibanding ayam ketawa dan ayam pelung. Meski mempunyai bunyi kokok yang sama indahnya, rendahnya publikasi menciptakan nama kukuak belenggek masih asing.

Keunikan ayam ini terletak pada alunan bunyi kokoknya. Ayam asal Sumatera Barat (Sumbar) ini mempunyai irama kokok bertingkat mulai dari 3 sampai 12 lenggek bahkan 19 lenggek. Kokok ayamnya pun terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan training yang diterimanya.

Dari keunikan yang dimiliki ayam ini menciptakan ayam ini mempunyai harga yang cukup mahal, apalagi kalau ayam ini diikut sertakan dalam sebuah lomba dan suaranya bagus, harganya berkisar Rp 20 juta – 40 juta.

5. Ayam Cemani


Berasal dari Kedu, Jawa Tengah, ayam cemani bisa menarik perhatian para penggemar ayam dari luar negeri. Bahkan seorang peternak asal Amerika Serikat (AS), banyak mendapatkan pesanan untuk ayam ini. Keistimewaannya terletak pada warna tubuhnya yang serba hitam.

Bukan hanya kepingan luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku, serta dagingnya pun berwarna hitam legam. Bahkan lingkar matanya pun hitam. Keunikan tersebut yang menciptakan harganya melambung tinggi. Meski dijual seharga Rp 28 juta di AS, di Indonesia harganya bisa mencapai Rp 40 juta.

loading...

Archive