Cara Paling Efektif Mengawinkan Kenari Supaya Berhasil

Kembali ke topik awal, para peternak kenari masih banyak yang mengalami kesulitan dalam beternak burung kenari yang bersuara indah tersebut. Salah satu duduk kasus yang paling sering dihadapi oleh para penangkar/peternak kenari ialah ketika mengawinkan kenari jantan dan betina. Memang fase ini sanggup jadi ialah yang paling sulit alasannya kita harus benar-benar mempersiapkan indukan kenari jantan dan betina, tentunya dengan kondisi fisik dan mental yang manis secara bersama. Karena bila satu hal tidak terpenuhi, maka sanggup jadi mereka (kenari jantan dan betina) tidak mau kawin, sudah kawin tetapi tidak bertelur, atau telurnya tidak menetas.

Cara Paling Efektif Mengawinkan Kenari Agar Berhasil CARA PALING EFEKTIF MENGAWINKAN KENARI AGAR BERHASIL

Nah, berawal dari peliknya duduk kasus sulitnya mengawinkan kenari secara benar dan sempurna supaya berhasil ini, maka kami akan membuatkan tips mengenai cara paling efektif mengawinkan kenari supaya berhasil kepada teman kicaukan semuanya. Berikut ini tips/cara mengawinkan kenari supaya berhasil :

  1. Pastikan anda memiliki minimal 2 indukan kenari jantan yang sudah siap kawin. Tujuannya ialah untuk antisipasi bila indukan kenari jantan yang satu tidak mau kawin, maka pejantan yang satu sanggup dipakai sebagai pancingan atau pejantan alternatif.
  2. Sebaiknya anda tidak mencampur indukan kenari jantan dan betina dalam satu kandang dalam durasi yang lama. Cukup didekatkan saja kedua sangkarnya. 
  3. Tanda kenari telah berjodoh ialah kenari jantan sudah gacor/ngeroll sedangkan yang betina sudah merespon dengan cara merunduk-runduk. Ciri lain untuk kenari betina yang sudah siap kawin ialah pada kloaka terlihat merah dan bisul serta sudah mulai mencari materi untuk menyusun sarang.
  4. Jika kondisi kedua kenari sudah siap kawin, maka masukkan kenari jantan ke dalam kandang kenari betina. Biasanya kenari betina akan merunduk dan memposisikan untuk kawin.
  5. Tetapi bila kenari jantan tidak segera mengawini kenari betina maka cobalah dipancing dengan kenari jantan lain. Caranya dengan menaruh kenari jantan yang sudah gacor di dalam kandang sendiri, lalu didekatkan pada kandang yang anda gunakan sebagai daerah mengawinkan kenari jantan dan betina tersebut. Tujuannya ialah supaya kenari yang tidak segera mengawini kenari betina tersebut menjadi "ofensif" dan segera mengawini kenari betina. 
  6. Jika sudah kawin, maka biarkan keduanya (kenari jantan dan betina) berada di dalam satu kandang selama sekitar 1 jam. Karena biasanya dalam durasi waktu tersebut akan terjadi 2-3 kali kawin.
  7. Setelah terjadi proses perkawinan, maka pisahkan kenari jantan dan betina. Tujuannya supaya keduanya tidak saling melihat.
  8. Lakukan cara-cara di atas selama 4 hari secara beruntun. Setelah proses tersebut pisahkan kenari jantan dan betina hingga betina bertelur.
  9. Setelah itu tunggulah kenari betina akan segera bertelur dan mengerami telurnya.
  10. Waktu yang terbaik untuk mengawinkan kenari ialah di pagi hari. Kenari jantan sanggup dikawinkan lagi dengan kenari betina lain pada malam hari dengan cara yang sama menyerupai di atas.
Nah, cukup gampang bukan untuk mengawinkan kenari? Sebenarnya kita hanya membutuhkan pengetahuan apakah kenari jantan dan betina yang akan kita kawinkan sudah siap atau belum. Untuk teknisnya, saya kira anda sudah cukup paham alasannya memanglah mudah. Sekali lagi, ini hanya tips dari kami dan bila anda berkenan silakan mencobanya. Cara ini diadopsi dari salah satu penangkar kenari sukses di wilayah surakarta.

Cara Paling Efektif Mengawinkan Kenari Agar Berhasil CARA PALING EFEKTIF MENGAWINKAN KENARI AGAR BERHASIL

Demikian gosip yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Paling Efektif Mengawinkan Kenari Agar BerhasilSemoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam gosip penting seputar dunia burung dan perawatannya.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Perbedaan fisik kenari af dan loper

loading...

Archive