Mengenal Burung Kacer Poci Atau Sekoci Lengkap

Suaraburungkicau.com - Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci- Pernahkan mendengarkkan bunyi Kacer Poci yang kini ini sedang sangat terkenal di dunia para kicau mania? Kacer Koci atau yang dikenal juga dengan nama Kacer Poci ini mempunyai Dada Putih merupakan salah satu jenis burung petarung yang banyak ditemukan di hutan-hutan di tempat Pulau Sumatera. Gaya paling Eksotik bagi burung kacer yaitu ketika mengeluarkan bunyi suara merdu isian disertai dengan tarian ngobra pada ketika diadu, serta mempunyai sifat yang agresif. Burung yang satu ini bahkan mempunyai penggemar yang begitu banyak. Selain itu burung Kacer Poci juga kerap terlihat di banyak sekali event kejuaraan dan kontes latber, aksara yang dimiliki burung kacer dada putih ini juga dianggap cocok untuk memaster atau melatih kicauan jenis burung lain. Variasi lagu yang bisa ditirukannya juga tidak kalah kalau dibandingkan dengan burung pekicau lainnya.

Sebagai burung pekicau, Kacer Koci sangat gampang dikenali secara fisik dari adanya perpaduan warna yang sangat khas pada bulunya yaitu hitam mengkilat dan putih. Pada dasarnya Kacer Poci tidak tiba sendiri. Dengan kata lain, kepopuleran-nya tersebut juga disandang saudaranya, yakni Kacer Hitam atau yang biasa dikenal Kacer Jawa. Hanya saja sebagian banyak penghobi berpendapat, bahwa bunyi kacer sekoci dinilai lebih mempunyai keunggulan yang mana kacer dengan warna dada putih ini dianggap lebih mempunyai bunyi kristal.

Sementara itu wilayah penyebaran terbanyak jenis kacer ini mencakup negara Thailand bab selatan, Semenanjung Malayasia sampai Indonesia. Di Tanah Air sendiri, jenis burung ini paling banyak bisa ditemui di pulau Sumatera, Nias, Belitung, Jawa, Kalimantan sampai bali. Dibeberapa tempat, kacer mempunyai nama panggilan yang berbeda ibarat di jawa barat disebut dengan kacer priangan, lalu di kalimantan disebut kacer bulan. Baca juga Merawat Kacer Mabung.

Pakan Kacer ini sangat menyukai serangga, belalang, ulat bambu, cacing dan beberapa hewan kecil. Namun, para penangkar biasanya menawarkan voer untuk burung ini dan menawarkan beberapa makanan ekstra berupa kroto, ulat hongkong, jangkrik, orong-orong, dan lain-lain.

2. Kandang

Idealnya, sangkar burung untuk Kacer berukuran antara 40 cm x 40cm x 60 cm.Selain memakai sangkar segi empat, anda juga bisa menciptakan sangkar melingkar yang berdiameter 40 cm dengan tinggi 60 sampai 80 cm. Di dalam sangkar anda harus menyediakan tempat nangkring berupa batang pohon atau kayu.

3. Setting Harian

Setting harian Burung Kacer Poci tidak berbeda dengan burung kicau lainnya seperti, Burung Lovebird, Burung Murai Batu, kenari, dll.

a. Pada pagi hari burung sebelum dimandikan harus diangin-anginkan terlebih dahulu, kemudian.

b. Dimandikan dengan metode keramba atau semprot. Setelah itu burung di jemur dan diangin-anginkan kembali.

c. Pada waktu burung dijemur, burung bisa diberikan extra fooding atau makanan komplemen yang bergizi ibarat jangkrik makanan ekstra lainnya.

d. Burung ini juga tidak harus dikerodong. Namun, sebaiknya pada malam hari dilindungi dari pemangsa lain atau untuk lebih amannya bisa di krodong biar tidak diganggu nyamuk dan kedinginan.

Demikian isi postingan perihal Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci, semoga bermanfaat dan semoga pengetahuan anda mengenai kacer poci ini semakin dalam. Semoga sukses.



Source:
kacer poci, kacer poci mp3, bunyi kacer poci, pakan kacer poci, makanan kacer, pakan poci, kacer poci, poci, burung poci, burung kacer poci, kacer sekoci, sekoci, jenis, kacer, skoci, jenis burung sumatra, burung skoci, perawatan poci, cara merawat poci, cara merawat kacer, kacer mabung, harga kacer poci, kacer poci trotol.
loading...

Archive