Pakan Yang Sempurna Untuk Burung Cucak Ijo


2.Pepaya

Papaya merupakan jenis buah-buahan untuk cucak hijau yang paling menyehatkan di antara empat jenis buah-buahan sebelumnya. Pasalnya, papaya mengandung gizi-gizi penting yang sangat diharapkan cucak hijau setiap hari, menyerupai betakaroten 276 mikrogram/100 g, betacryptoxanthin 761 mikrogram/100 g. lutein dan zeaxanthin 75 mikrogram/100 g. gizi-gizi tersebut sanggup berfungsi sebagai antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas.

Selain itu, papaya juga mengandung vitamin A (1.094-18.250 SI) yang sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan cucak hijau, serta beberapa vitamin penting lainnya, menyerupai vitamin C 62-78 mg/100 g dan folat 38 mikrogram/100 g. namun, meskipun demikian, derma papaya pada cucak hijau dihentikan berlebihan. Sebab, sanggup menciptakan cucak hijau menjadi lemas dan banyak membuang kotoran yang berair.

Pemberian papaya pada cucak hijau sebaiknya cukup tiga kali dalam dua minggu. Pemberian papaya dalam hukum ini sanggup menunjukkan manfaat yang besar bagi cucak hijau, di antaranya membantu mempercepat penyembuhan luka atau cidera, menjaga kelebatan dan keindahan bulu, melancarkan pencernaan termasuk melancarkan buang kotoran, serta menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh.

3.Tomat

Tomat merupakan jenis buah-buahan yang sangat disukai cucak hijau. Setiap 1 buah tomat mempunyai kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk. Selain itu, tomat juga kental dengan kandungan vitamin A. semakin matang buah tomat, vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya juga semakin banyak. Dua vitamin ini tentu sangat baik untuk memelihara kesehatan harian badan dan pengelihatan cucak hijau.

Berdasarkan penelitian, tomat juga mengandung lycopene, yakni semacam antioksidan yang sangat mempunyai kegunaan untuk menghancurkan radikal bebas akhir polusi dan zat-zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam badan cucak hijau. Lycopene ini juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel akhir suatu penyakit yang pernah diderita cucak hijau Baca: Pengobatan Cucak Ijo.

Cucak hijau yang mengkonsumsi tomat secara rutin, tulang-tulangnya akan kuat, sehingga gerakannya di dalam sangkar terlihat lincah dan gesit. Selain itu, kicauannya juga semakin jernih, sehingga terdengar terang dan lebih mengkristal. Kicauan cucak hijau menyerupai ini tentu sangat disukai oleh para penghobinya, sehingga semakin meningkatkan harga burung tersebut. Sebelum diberikan, sebaiknya tomat dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida berbahaya yang melekat di kulit. Setelah itu, diberikan pada cucak hijau cukup sekali dalam seminggu.

4.Pir

Pire merupakan jenis buah-buahan yang juga disukai cucak hijau lantaran rasanya yang manis dan segar. Buah jenis ini mempunyai kandungan gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, sampai kalsium. Bahkan, berdasarkan penelitian, setiap 100 gram pir mengandung karbohidrat 14,46 g, energy 242 KJ (58 kkal), protein 0,38 g, gula 9,80 g, diet serat 3,1 g, thiamine (vitamin B1) 0,012 mg, riblofavin (vitamin B2) 0,025 mg, asam pantotenat (vitamin B5) 0,048 mg, vitamin B6 0,028 mg, folat (vitamin B9) 7 mg, vitamin C 4,2 mg, fosfor 11 mg, kalium 119 mg, kalsium 9 mg, magnesium 7 mg, besi 0,17 mg, dan seng 0,10 mg.

Kandungan-kandungan gizi yang lengkap dalam buah pir tersebut menciptakan cucak hijau yang mengkonsumsinya bisa berkicau dengan bunyi jernih. Selain itu, kandungan-kandungan gizi tersebut juga sanggup meredam emosi cucak hijau yang berlebihan (over) bila dihadapkan dengan cucak hijau lain sejenis. Berkaitan dengan pemberiannya, pir sebaiknya diberikan kepada cucak hijau dua kali dalam seminggu, contohnya pada hari senin dan jum'at.

5.Apel merah

Apel merah sangat kaya vitamin, mulai dari vitamin A 98 IU, B1 (thiamine) 0,031 mg, B2 (riboflavin) 0,047 mg, B3 (niacin) 0,166 mg, B6 0,075 mg, C 8,4 mg, E 0,33 mg, K 4 mcg. Folate 5 mcg, sampai pantothenic achid 0,111 mg. selain itu, apel merah juga sangat kaya kandungan mineral, antara lain potassium, magnesium, kalsium, zat besi,dan zinc.

Serat dan fitokimia juga dimiliki apel merah. Serat mempunyai fungsi yang elok untuk menahan lemak di dalam badan cucak hijau yang selanjutnya akan dibuang. Sementara, fitokimia mempunyai kegunaan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam badan cucak hijau yang mungkin disebabkan polusi kendaraan, asap rokok, dan asap-asap lainnya yang masuk ke dalam rongga pernapasan cucak hijau.

Kandungan-kandungan gizi yang dimiliki apel merah tersebut sanggup menunjukkan manfaat luar biasa bagi cucak hijau, lantaran sanggup merawat kesehatan jantung, jalan masuk pencernaan, meningkatkan daya serap memori, menyehatkan pengelihatan, dan menjaga stamina. Oleh lantaran itu, cucak hijau yang dibudidayakan perlu diberikan apel merah dua kali dalam seminggu. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa apel merah yang diberikan pada cucak hijau harus dalam keadaan sudah matang dan dipotong kecil-kecil. Hindari menunjukkan apel merah yang masih muda, lantaran hanya akan menciptakan cucak hijau sudah mematoknya, sehingga bisa menyebabkan sakit pada paruhnya.

Pakan Tambahan

Yang dimaksud pakan perhiasan di sini ialah pakan cucak hijau yang berupa makhluk hidup atau EF(Extra Fooding), di mana pemberiannya ditujukan untuk melengkapi kebutuhan gizi cucak hijau setiap hari. Pakan cucak ijo perhiasan ini berfungsi untuk memenuhi protein yang diharapkan cucak ijo biar tetap sehat dan lebih rajin gacor (Baca: Merawat Cucak Ijo Gacor Ngentrok). Beberapa asupan jenis ini ialah kroto, belalang, jangkrik, orong-orong, ulat hongkong, ulat bambu, dan sebagainya. Tetapi, sangat tidak dianjurkan untuk menyajikan pakan hidup ini dengan porsi atau jumlah yang tinggi, lantaran telah banyak kicau mania yang mengacuhkan hal ini, dampaknya burung justru macet bunyi dan bahkan terkadang burung malah bisa mabung tidak pada waktunya. Usahakan porsi masakan cucak ijo ekstra fooding sesuai porsi dari umur dan keadaannya.

Voer

Untuk masakan cucak ijo berupa voer yang kebanyakan diberikan oleh penangkar cucak ijo yakni berkadar protein sedang antara 12%-18%. Lebih baiknya lagi bila menunjukkan pakan voer secara konsisten. Lebih tepatnya tidak berganti-ganti tapi hanya fokus pada satu brand yang mana sangat digemari olehnya, lantaran telah banyak para kicau mania yang mengalami keganjalan ketika mengganti-ganti brand maupun kadar yang terdapat pada voer tersebut. Salah satu permasalahannya ialah bulu burung menjadi kurang elok dari sebelumnya, atau bahkan warna bulu cucak ijo bisa berubah dan lama-kelamaan menjadi kusam.

Demikian Pakan yang Tepat Untuk Burung Cucak Ijo. Semoga bermanfaat.

Source:
Pakan Cucak Ijo, cucak ijo biar gacor, masakan cucak ijo, pakan cucak ijo bakalan, masakan cucak ijo biar gacor, pakan cucak ijo biar gacor, burung cucak ijo biar cepat ngemplang, masakan cucak ijo selain pisang, pakan cucak ijo juara, cucak ijo biar cepat gacor, pakan cucak ijo, cara merawat burung cucak ijo, cucak ijo gacor, ciri cucak ijo yang bagus, pakan cucak ijo yang bagus, Pakan cucak ijo ternak.
loading...

Archive