Perawatan Burung Pleci Mabung Semoga Cepat Selesai

Semua jenis burung pleci atau pun jenis burung murai batu, kacer, kenari, Lovebird niscaya akan mengalami masa mabung atau ganti bulu, namun terkadang kita suka khawatir kalau bulu burung kusam ataupun perlahan jatuh tetapi jangan khawatir alasannya yaitu itulah ciri-ciri burung mau mabung. Molting/mabung yaitu proses pergantian bulu yang usang dengan bulu yang baru. Saat mabung, bulu pleci yang usang akan rontok kemudian akan tumbuh bulu-bulu baru. Pada dikala rontok bulu yaitu waktu yang sempurna untuk memaster burung pleci alasannya yaitu dalam kondisi tersebut burung ini cenderung akan membisu sambil merekam bunyi burung master. Baca Cara Memaster Pleci yang Benar.

Sebelum pleci mengalami mabung total burung akan sering terlihat mengelembungkan bulu-bulunya. Pada bab leher burung pleci hingga dengan kepala akan terlihat bulu-bulu berwarna putih ibarat bulu jarum. Jika pleci mengalami hal ibarat itu dapat dipastikan burung anda akan mengalami ganti bulu/mabung, maka dari itu anda harus segera lakukan perawatan pleci mabung semoga cepat selesai atau tuntas masa mabungnya dan kembali gacor. Memang pleci akan membisu dan tak mau berkicau dikala mabung. Dan dikala mabung diperlukan perawatan ekstra semoga mabungnya berjalan lancar.

Perawatan terhadap pleci mabung atau nyulam memang sedikit berbeda dari perawatan mabung ibarat yang biasa diberikan terhadap burung-burung yang berukuran lebih besar. Misalnya ibarat perawatan cendet mabung, kenari mabung, cucak ijo mabung, dan lain sebagainya. Untuk pleci, dikala mabung yaitu dikala dimana kebutuhan nutrisinya sangat banyak. Untuk itu hendaknya kita mencukupi protein dan nutrisi lainnya semoga mabungnya berjalan lancar. Oke Untuk lebih lengkapnya lagi mengenai penanganan burung pleci dikala mabung supaya cepat selesai, anda dapat menyimak isu beberapa tips Perawatan Burung Cara Merawat Pleci Buka Paruh Ngeplong Dan Ngeroll.

Tunda Penjemuran dan Pemandian 

Hindari pemandian dan penjemuran untuk sementara waktu hingga burung tersebut selesai melewati masa mabungnya. Penundaan ini bertujuan supaya pleci dapat beristirahat sejenak dan semoga terhindar dari sorotan matahari. Apabila nantinya sinar matahari hingga mengenai badan pleci maka akan berakibat menghambat pertumbuhan bulu, sehingga proses pertumbuhannya menjadi agak lama. Ada baiknya kalau kita mulai melaksanakan penjemuran dan pemandian kembali ketika bulu-bulu pleci sudah tumbuh dengan lebat ibarat semula. Baca: Manfaat dan Cara Penjemuran Pleci.

Pemberian Asupan Multivitamin

Selama proses mabung berlangsung, selain membutuhkan kadar protein tinggi pleci juga memerlukan beberapa asupan multivitamin supaya kondisinya tidak praktis drop atau stres. Multivitamin juga dapat membantu perontokan bulu dan kemudian mempercepat pertumbuhannya. Untuk membantu suaranya supaya tetap merdu dikala ngurak berakhir, anda dapat memberinya nektar racikan yang terbuat dari air dicampur gula pasir atau pun gula merah dengan perbandingan 1:4 Baca: Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Pleci.

Apabila masa mabung pada burung pleci sudah berakhir, maka bulu-bulu barunya yang tumbuh akan terlihat lebih mengkilat, berpengaruh dan pastinya lebih indah. Disaat ini pula yaitu waktu yang sempurna untuk melaksanakan pemasteran supaya burung tersebut lekas gacor kembali.

loading...

Archive