Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba Dengan Metode Harian

Perawatan Kacer Lomba - Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang mempunyai bunyi merdu sehingga banyak penyuka burung yang menentukan memelihara burung ini. Kacer biasanya dipakai oleh pemiliknya untuk mengikuti kompetisi kicauan. Para pemilik kacer yang suka berlomba niscaya berharap jagoannya bisa tampil maksimal dan mempunyai mental Fighter atau bertarung yang baik, termasuk tidak gampang mbagong ketika dilombakan (Menangani Kacer Mbagong). Semua itu hanya bisa diperoleh melalui perawatan harian dan jelang lomba secara sempurna dan baik.

Bagi yang sudah usang dalam merawat burung kacer tentu tidaklah sulit untuk menemukan aksara burung peliharaannya. Sehingga sanggup dengan gampang dalam mengolah burung supaya sanggup tampil prima baik ketika sedang digantang ditempat lomba maupun dirumah. Namun Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana melaksanakan perawatan kacer untuk lomba?. Sebenarnya, ada beberapa cara yang populer yang Suka diterapkan pada kacer supaya sanggup berkicau dan tampil dengan maksimal sehingga bisa memenangkan lomba.

Merawat burung kacer supaya tampil maksimal sebetulnya gampang dilakukan, ialah dengan memperlihatkan perawatan harian secara rutin, termasuk menyediakan pakan komplemen (EF) yang kaya protein menyerupai jangkrik menjadi sajian wajib yang selalu ada setiap hari. Makin tinggi kadar protein yang dikonsumsinya, makin “beringas” pula aksara burung tersebut. Di samping itu kita harus melatihnya supaya kacer mempunyai kemampuan fighter di atas rata-rata. Untuk melatih aksara fighternya, kacer bakalan prospek yang sedang diorbitkan perlu dipertemukan dengan kacer-kacer lainnya. Ini harus dilakukan secara rutin, supaya kacer terbiasa dengan suasana lomba dan mempunyai mental bertarung yang prima. Meskipun tidak ada metode perawatan yang khusus untuk kacer lomba, namun ada beberapa tips yg sering dilakukan untuk mempersiapkan kacer supaya siap dilombakan.

Perawatan Metode Harian Seminggu Sebelumnya

Cara perawatan kacer supaya bunyi gacor ketika perlombaan juga sebaiknya dilakukan setiap pagi sore di satu ahad sebelum perlombaan, dimana kacer hanya diberi pakan jangkrik sebanyak 2-3 ekor saja. Pemberian jangkrik ini sengaja sedikit supaya kacer tidak terlalu garang berkicau sehingga tidak membuang energi yng tidak penting. Namun menjelang lomba contohnya h-1 sebaiknya pada sore hari diberi makan lebih dari 10 ekor jangkrik supaya tampil lebih maksimal.

Perawatan kacer untuk lomba selain memperlihatkan pakan jangkrik, sebaiknya diberi pakan 1 porsi kroto dengan dosis 1 sendok teh makan diberikan 1-2 kali dalam seminggu. Kroto bermanfaat sebagai komplemen energi. Nah selain 2 tahapan di atas burung kacer sebaiknya diberikan waktu istirahat dengan ditutupi dengan kerodong dan utuk minimalisir over birahi setiap malam dimandikan. Mandi malam selain buat mencegah over birahi (Mengatasi Kacer Over Birahi), juga sebagi training supaya napas lebih panjang.


Melatih Karakter Fighternya

Untuk melatih aksara fighternya, kacer muda prospek yang sedang diorbitkan perlu dipertemukan (gathering) dengan kacer-kacer lainnya. Ini harus dilakukan secara rutin / berkala, supaya kacer terbiasa dengan suasana lomba dan mempunyai mental bertarung yang prima.

Awalnya bukan dilombakan, meski cuma sebatas latberan, melainkan cukup ditrek dengan beberapa ekor kacer muda lainnya. Latihan bisa dilakukan seminggu sekali. Ketika diadu, kita bisa mengetahui apakah volume kacer sudah cukup kencang atau belum. Kalau belum kencang, maka setelan standar harian bisa dinaikkan sedikit.
loading...

Archive