Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi - Sobat kicaukan, apakah anda memelihara cucak hijau di rumah? Entah koleksi tunggal atau untuk peternakan. Cucak hijau yakni burung kicau yang bekerjsama gampang dalam perawatannya, namun juga sanggup terkena beberapa tanda-tanda atau gangguan ibarat stress, drop/down, overbirahi, dan masih banyak lagi.

Nah, cucak hijau yang sedang bermasalah (baca : tidak sehat) niscaya akan mengalami penurunan kualitas, baik dalam berkicau, makan, atau dalam hal kesehatannya. Untuk itu sangat diharapkan ketelitian dari anda dalam merawat cucak hijau yang sedang "tidak normal" tersebut. Berawal dari pengalaman pribadi dan banyaknya para pemelihara cucak hijau yang mengalam persoalan tersebut, maka di sini kami akan sedikit menyebarkan tips mengenai cara menangani cucak hijau yang drop dan overbirahi. 

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi CARA MENANGANI CUCAK HIJAU YANG DROP DAN OVERBIRAHI

Yang Pertama saya mulai dari cara menangani cucak hijau yang drop. Drop atau jatuh (mental) merupakan salah satu gangguan cukup serius bagi cucak hijau dan harus segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menangani cucak hijau yang sedang drop :

1. Pemandian 
Cucak hijau yang sedang drop/jatuh mentalnya sebaiknya anda mandikan lebih sering. Artinya, jikalau biasanya dimadikan hanya sekali dalam sehari, maka ketika kondisi drop tersebut anda sanggup memandikannya menjadi dua kali sehari di pagi dan sore hari. 

2. Penjemuran
Untuk penjemurannya, anda sanggup meningkatkan durasi jemur cucak hijau. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka sanggup anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 

3. Pemberian EF
Pemberian pakan dalam hal ini yakni extra food (EF) merupakan hal wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terlebih jikalau cucak hijau sedang down/drop. Untuk EF jangkrik, anda sanggup memperlihatkan 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda sanggup memberi kroto pada cucak ijo kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.

4. Gantangan
Untuk cucak hijau yang sedang drop, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yakni lantaran kalah dengan cucak hijau lain. Untuk itu sebaiknya anda mengarantina/mengisolasi cucak hijau yang sedang drop untuk tidak melihat atau mendengar bunyi cucak hijau lain. Biarkan ia sendiri dulu hingga mentalnya kembali naik.

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi CARA MENANGANI CUCAK HIJAU YANG DROP DAN OVERBIRAHI

Yang Kedua yakni cara menangani cucak ijo yang sedang overbirahi. Overbirahi maksudnya yakni nafsu yang berlebihan, dan sanggup jadi lantaran santunan extra food yang berlebihan. Untuk mengatasi overbirahi kami menyarankan beberapa hal berikut :
  1. Pemberian EF khususnya jangkrik biar dikurangi saja lantaran jangkrik yang terlalu banyak sanggup meningkatkan birahi. Anda sanggup memperlihatkan jangkrik cukup 1 ekor saja di pagi hari, dan 1 ekor lagi di sore hari. 
  2. Ulat bambu juga sanggup menjadi alternatif untuk mengatasi cucak hijau yang sedang overbirahi. Berikan ulat bambu sebanyak 2 ekor saja setiap hari selama 3 hari beruntun. 
  3. Untuk pemandian, anda sanggup memandikan cucak hijau yang sedang birahi sebanyak 2 kali sehari saja. 
  4. Penjemuran sesudah mandi dikurangi saja. Jika biasanya menjemur selama 1-2 jam maka ketika overbirahi durasi penjemuran dikurangi 30 menit, jadi penjemuran hanya berkisar antara 1-1,5 jam saja. 

Kondisi cucak hijau yang drop yang berlangsung usang akan menciptakan cucak hijau anda hilang mental, baik ketika lomba, latber atau trek. Untuk itu perlu penanganan serius dari anda biar segera pulih kembali. Begitu juga ketika CH/Ci sedang overbirahi, maka anda harus segera mengambil tindakan untuk mengendalikan birahinya. 

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)

Sobat Suaraburungkicau.com, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan share di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Tips Perawatan Harian Burung Cucak Hijau.
loading...

Archive