Perawatan Kenari Ketika Mabung Atau Molting Yang Benar

Perawatan Kenari Saat Mabung Atau Molting Yang Benar - Sobat kicau, pada kesempatan sebelumnya kami telah menyebarkan tips mengenai penanganan kenari yang sedang mabung. Kenari yang sedang mabung membutuhkan  banyak tenaga/energi selama proses mabung/molting tersebut. Bukan hanya itu, kenari yang sedang mabung membutuhkan asupan nutrisi yang berlipat, terutama protein. Pada ketika mabung bulu kenari akan rontok semua dan akan tumbuh bulu yang baru. Proses kenari mabung berbeda-beda, tergantung kondisi masing-masing kenari. Masa mabung biasanya terjadi selama 4-7 bulan.


Pemberian pakan yang mencukupi menjadi sebuah keharusan bagi anda, alasannya yakni bila hingga kenari kekurangan nutrisi baik protein, kalsium, mineral, maupun iodium maka akan berdampak pada pertumbuhan bulu yang tidak maksimal. Bahkan tidak jarang kenari stress ketika mabung dan menciptakan kenari sanggup mati. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi pada kenarai anda. Untuk itu, antara mencukupi kebutuhan pakan dan nutrisi haruslah sejalan dengan perawatan yang baik pula, biar kenari sukses dan berhasil menjalani proses mabung. 

Perawatan Kenari Saat Mabung Atau Molting Yang Benar PERAWATAN KENARI SAAT MABUNG ATAU MOLTING YANG BENAR

Pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips mengenai cara perawatan kenari ketika mabung atau molting yang benar. Berikut ini cara perawatan kenari ketika mabung  atau molting yang benar :

1. Penempatan burung
Penempatan burung yang dimaksud di sini yakni daerah gantangan/gantungan sangkar. Untuk kenari yang sedang mabung, sebaiknya hindarkan gantangan dari daerah yang ramai. Jauhkan gantangan dari jalan raya, atau lingkungan yang sering dipakai lalu-lalang. Jauhkan juga dari binatang pengganggu menyerupai kucing, tikus, atau anjing. Karena kenari yang sedang mabung sangat rentan terkena stress, jadi harus dalam kondisi yang tenang.

2. Pengerodongan
Untuk pengerodongan, kenari yang sedang mabung sebaiknya selalu dikerodong biar suhu dalam kandang tetap lembab dan tidak terlalu kering. Membuka kerodong biasanya hanya dilakukan ketika memberi pakan dan EF serta mengganti air minum, selebihnya full kerodong. 

3. Pemberian pakan
Pemberian pakan untuk kenari yang sedang mabung sebaiknya ditambah porsi/jumlahnya, alasannya yakni kebutuhan energi dan nutrisi juga lebih banyak. Jangan hingga telat pakan dan minum. Nutrisi sangat diperlukan untuk membentuk sel gres dalam pertumbuhan bulu baru. Anda sanggup menunjukkan sayuran dan buah segar, atau multivitamin tambahan.

4. Pemandian dan penjemuran
Kenari yang sedang mabung membutuhkan kelembaban yang bertujuan biar tidak terlalu kering sehingga melancarkan pertumbuhan bulu baru. Untuk pemandian, sanggup anda lakukan 1 kali saja dalam seminggu. Sedangkan penjemuran, lakukan 30 menit setiap hari di pagi hari untuk memperkuat tulang dan tunas bulu baru. 

5. Mastering/pemasteran
Saat kenari sedang mabung, anda sanggup melaksanakan mastering/pemasteran setiap hari biar akhirnya maksimal. Karena pada ketika masa mabung, kenari lebih banyak membisu dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melaksanakan mastering suara. Mastering sanggup anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung seorang jago mastering yang sesuai dengan jenis bunyi kenari anda. 

Cukup gampang bukan perawtan kenari ketika mabung atau molting yang benar? Pada dasarnya kenari yang sedang mabung hanya membutuhkan ketelitian dan perhatian yang lebih dari anda. Asal pakan dan perawatannya maksimal, kenari akan sukses dan berhasi melewati masa mabung. 

Demikian info yang sanggup kami sampaikan perihal perawatan kenari ketika mabung atau molting yang benar, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus

Kicau untuk mendapat aneka macam macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicau, bila anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil.
loading...

Archive