Sejarah Dan Keistimewaan Kenari Jambul (Crested Canary)

Kicaukan - Sejarah Dan Keistimewaan Kenari Jambul (Crested Canary) - Burung kenari terdiri atas beberapa varietas ibarat varietas postur (posture variety), varietas warna (color bred variety), varietas lagu (song variety), kenari bagal/hybrid (mule and hybrid variety), dan juga varietas persilangan. Dari beberapa varietas tersebut lalu terbagi menjadi beberapa macam jenis kenari. 

Jika pada kesempatan sebelumnya kami telah menyebarkan info mengenai american singer canary, belgian fancy canary, border canary, dan kenari warna, maka dalam ksempatan ini kami akan menyebarkan info perihal salah satu jenis kenari yaitu kenari jambul (crested canary). Mungkin anda sudah banyak mendengar perihal kenari ebrjambul ini, tetapi alangkah baiknya jikalau anda mengetahui lebih terperinci dan lengkap perihal kenari jambul ini. 

 Burung kenari terdiri atas beberapa varietas ibarat varietas postur  SEJARAH DAN KEISTIMEWAAN KENARI JAMBUL (CRESTED CANARY)

Sesuai dengan namanya, kenari jambul/crested canary berbarti kenari yang mempunyai jambul/mahkota di atas kepalanya. Kenari jambul pada awalnya dikenal dengan sebutan "Turn Crown" dan lalu mempunyai julukan gres yaitu King Of The Fancy (Raja Fantasi). Kenari jambul merupakan kenari orisinil skotlandia dan lalu menyebar ke seluruh dunia seiring bertambahnya peminat. 

Kenari jambul termasuk dalam varietas postur (posture variety) alasannya dikembangkan untuk mempunyai keunikan dan keindahan pada postur tubuhnya (terutama jambul) dan tidak begitu memperhatikan warna dan lagunya. Pada selesai tahun 1800-an, crested kenari yakni jenis kenari yang paling mahal dan paling populer. Tetapi alasannya harganya yang sangat mahal menciptakan para pecinta kenari jambul harus gigit jari, dan hanya orang kaya lah yang sanggup memilikinya. 

Ada beberapa ciri khas dari kenari jambul, di antaranya sebagai berikut ini :
  • Mempunyai mahkota. Mahkota/jambul ari kenari ini lingkaran dan menutupi seluruh bab kepala atas dan menutupi matanya. Ciri mahkota yang baik antara lain luas, tebal, dan lebat.  
  • Mempunyai tubuh yang besar dan bidang
  • Mempunyai kepala yang besar
  • Leher besar dan pendek
  • Mempunyai bulu yang lebi tebal dan lebat dibandingkan kenari jenis lain.

Kenari jambul yakni kenari yang senagaja dikembangkan untuk keindahan jambulnya, dan bukan lagu atau posturnya. Karena keindahannya inilah banyak sekali para pecinta kenari yang ingin memilikinya. Kenari jambul termasuk kenari yang kuat, dan terbiasa ditangkar di sangkar yang luas. Kaprikornus jikalau anda ingin memelihara kenari maka sebaiknya anda menyiapkan kandang/sangkar yang luas. 

Kenari jambul hanya berukuran 4,5 inci atau sekitar 11,43 cm dan termasuk kenari berukuran kecil. Namun kenari jambul mempunyai tubuh yang padat/gemuk dan bulunya pun lebih lebat. Kenari jambul termasuk kenari yang tidak begitu agresif, dan cenderung pemalu. Untuk itu sebaiknya ditangkar dalam sangkar yang terpisah dari burung jenis lain. Beberapa jenis kenari lain yang juga mempunyai jambul (crest) yakni Crested Norwich Canary, Crested Stafford Canary, Gloster Canary, dann Crested Lancashire Canary. 

Demikian info yang sanggup kami sampaikan perihal sejarah dan keistimewaan kenari jambul (crested canary), supaya bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, supaya sukses.!!!    

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Sejarah Dan Karakteristik Kenari Warna (Color Bred Canary).
loading...

Archive