Bolehkan Burung Mabung Di Mandikan?

Burung Mabung atau proses ganti bulu pada unggas termasuk burung ialah siklus yang rutin sehingga hal ini tidak dapat di cegah. Biasanya dalam setahun burung akan mabung sekali atau 2 kali di setiap pergantian musim.

Lalu seorang bertanya, Apakah Burung Mabung boleh dimandikan?  Berikut ini kami mencoba menjawab pertanyaan teman tersebut lewat sebuah goresan pena di Blog kami biar menjadi Artikel yang mungkin juga berkhasiat bagi Kicaumania pengunjung .

cara merawat murai mabung yang baik dan benar
cara merawat murai mabung yang baik dan benar

Cara Merawat Burung Murai Mabung

Bila burung kicauan anda biasanya dimandikan sehari 2x di waktu yang normal, maka pada masa mabung sebaiknya kurangi intensitasnya menjadi seminggu satu kali, yang penting kotoran dan bulu bulu yang rontok setiap sore dibersihkan menjelang burung di tidurkan, dukungan makan EF dapat dinaikkan menyerupai saran kami pada artikel Cara Perawatan Burung Mabung.

Tips memandikan burung pada masa mabung sebaiknya lihat juga kondisinya, jangan memandikan dimalam hari atau pas cuaca lagi hujan sebab hal ini akan menyiksa burung sehingga kedinginan, yang dikwatirkan nanti burung malah sakit kalau dipaksakan.
cara merawat burung murai mabung
cara merawat burung murai mabung

Sebaiknya, mandikan burung kalau memang membutuhkan - Biasanya burung kalau ingin mandi, beliau akan mencelupkan kepalanya ke daerah minum lalu membasahi bulu bulunya, ini ciri ciri burung minta dimandikan, maka anda dapat menyemprot atau memasukkannya ke kolam pemandian. 

Kesimpulannya : Burung dalam kondisi mabung juga butuh mandi, namun intensitas di kurangi untuk itu sebaiknya mandikan burung kalau burung memang membutuhkan saja. Sekian. Salam Kicau Mania
loading...