Cara Memelihara Anakan Murai Batu

Cara Memelihara Anakan Murai Batu - Selain waktu pelolohan yang harus konsisten, Anda juga harus memperlihatkan hidangan masakan yang baik untuk anakan Murai Batu. Tepat pada usia 7 hari, Anda sanggup memberinya kroto. Kroto yang diberikan juga harus segar dan baru. Selain itu, semut-semut yang masih melekat pada kroto sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu.

Nah, pinjaman kroto sanggup dilakukan mulai pukul 06.00 pagi sampai pukul 06.00 sore. Jeda pinjaman masakan kurang lebih satu jam sekali. Jangan lupa untuk mencelupkan kroto ke dalam air matang sebelum dilolohkan ke anakan Murai Batu.

Tujuannya, biar kroto yang bersifat lengket tidak menyangkut di kerongkongan. Dengan diberi air matang, maka kroto menjadi licin dan gampang masuk ke kerongkongan.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, jangan terlalu banyak memperlihatkan kroto pada anakan Murai Batu. Sebab, organ pencernaannya belum berfungsi secara sempurna.


Anakan Murai Batu



Perawatan anakan Murai Batu usia 8-14 hari

Setelah seharian diloloh memakai kroto, pada hari ke-8, Anda sanggup mengombinasikan kroto dengan voer. Saat dicampur dengan voer, maka campurlah voer dengan air hangat supaya lebih halus. Kalau ada sebagian voer yang tak sanggup halus, maka singkirkan pecahan voer yang bergairah dan hanya berikan yang halus saja.

Walau sudah sanggup dicampur dengan voer, Anda tetap dihentikan terlalu banyak memperlihatkan voer. Gunakan kombinasi voer dan kroto sekitar 30:70. Kombinasi ini untuk sekali makan dan harus habis dalam kurun waktu 15-20 menit.

Perawatan anakan Murai Batu usia 15-30 hari

Saat memasuki usia 15 hari, porsi pinjaman voer sanggup ditambah menjadi 50:50. Lalu, sesudah hari ke-21 atau 22, barulah Anda sanggup memberinya jangkrik. Jangkriknya pun dihentikan terlalu besar, jikalau sanggup pilih yang anakan saja. Di samping itu, pinjaman jangkrik sebaiknya dilakukan memakai lidi dan sejenisnya biar anakan Murai Batu tidak manja.

Dengan memberi masakan tidak eksklusif memakai tangan, maka anakan Murai Batu akan semakin mandiri. Kalau sudah mandiri, pada usia lebih dari 30 hari, Anda sanggup memindahkannya ke kandang pribadi untuk menghindari pertengkaran dengan anakan Murai Batu yang lain.

Demikian beberapa cara merawat dan meloloh anakan Murai Batu usia 7-30 hari. Untuk usia 1-7 hari, anakan Murai Batu biasanya diasuh oleh induknya.

Di sunting dari burungnya.com
loading...

Archive