Tips Cara Burung Kemade Atau Keresan

Burung Kemade / cabai cabean jawa / keresan merupakan jenis burung pemakan buah dan serangga kecil homogen ulat. Burung kemade sangat sering kita jumpai di pepohonan baik di desa maupun diperkotaan, burung kemade masih cukup banyak habitatnya di kota Surabaya dan mungkin juga dikota lain, untuk menjaga kelestariannya lebih baik biarkan burung ini terbang bebas di pepohonan dan kita dengarkan kicauannya di alam langsung.

Bagi yang ingin merawat burung kemade lebih baik menentukan yang masih anakan, sebab kemungkinan untuk mau hidup lebih besar dibandingkan burung kemade yang sudah besar. anakan kemade yang kami maksud yaitu burung kemade yang masih lolohan. 

Makanan pokok burung kemade yaitu buah-buahan, untuk itu jangan melewatkan buah barang sehari pun sebab burung ini sangat rentan sakit jikalau tidak makan buah buahan. Cerecetan burung kemade sangat cocok untuk didengarkan maupun dijadikan masteran burung Cendet maupun burung Lovebird.

Peliharalah burung kemade yang jantan, sebab si jantan lebih rajin berkicau dan mempunyai isian yang beragam. Untuk membedakan kemade jantan atau betina, lihat gambar dibawah ini :


Cara Burung Kemade Atau Keresan

Cara merawat burung kemade secara umum sama dengan cara merawat burung kicauan lainnya, yang terpenting yaitu konsisten dan sabar, yang terpenting yaitu sediakan buah pisang kepok putih dan air minum yang higienis di wadahnya. 
loading...

Archive