Tips Menentukan Burung Cucak Jenggot Paling Baik

Sebagaimana artikel kami terdahulu bahwa Kicauan Cucak Jenggot kerap dijadikan sebagai masteran burung kicauan lainnya, namun tidak jarang pula yang menyebabkan burung ini sebagai burung lomba di event kecil maupun event Nasional. Burung Cucak Jenggot baik yang jantan maupun yang betina sama sama berkicau, namun berdasarkan Jenggot Mania, cucak jenggot betina yaitu yang paling rajin berkicau.

Memilih burung cucak jenggot bukanlah kasus mudah, alasannya secara umum burung ini mempunyai ciri yang sama, Warna bulu dan jambulnya hampirlah sama, Suara kasar burung ini menjadi idola untuk memaster burung Kacer dan burung Murai Batu.



Cara Memilih Burung Cucak Jenggot Terbaik


Inilah Cara Memilih Burung Cucak Jenggot Terbaik berdasarkan pengalaman Gembala dalam memantau pencarian kriteria burung oleh Jenggot Mania :

Postur badan, pilihlah materi yang berpostur sedang dengan panjang leher, tubuh dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan menentukan materi yang berleher dan berbadan pendek.

Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bab bawah harus lurus. Jangan menentukan materi yang mempunyai paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

Postur badan, pilihlah materi yang berpostur sedang dengan panjang leher, tubuh dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan menentukan materi yang berleher dan berbadan pendek.

Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menerangkan materi tersebut sehat. Warna kaki tidak kuat terhadap mental burung.

Lincah dan berangasan makan besar. Ini merupakan ciri-ciri materi yang bermental baik.

Rajin bunyi, ini menerangkan burung tersebut mempunyai prospek yang cerah.

Warna bulu tegas dan kering, diyakini mempunyai irama lagu yang sangat panjang.

Memiliki Jambul dan Jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung Cucak Jenggot dan burung Kapas Tembak lain.
loading...

Archive