Tips Merawat Burung Cendet Banyak

Tips Merawat Cendet - Ada yang menyampaikan kalau memelihara burung kicauan homogen sebaiknya cukuplah 1, contohnya kalau merawat cendet jangan merawat lebih dari 1 ekor burung cendet juga, namun boleh memelihara burung kicauan lainnya menyerupai Cucak Ijo atau Kacer. demikian juga untuk burung murai, sebaiknya cukup memelihara 1 saja, alasannya sih beragam, namun bagaimana kalau sudah terlanjur gandrung dan ingin memelihara beberapa burung sejenis? berikut ini tips bersumber dari putera gembala.

Tips Merawat Burung Cendet Banyak
Tips Merawat Burung Cendet Banyak 

Tips Merawat Cendet Banyak 


Tips Merawat Cendet lebih dari satu :
  • Sifat burung cendet yang petarung dan ganas bila bertemu atau melihat dengan lawannya (burung sejenis) merupakan alasan utama, alasannya yakni bila setiap hari bertemu sangat mungkin burung malah tidak akan tarung, melainkan sudah menganggap sebagai sobat dekat, sehingga kedua burung malah hanya diam bila di dekatkan.
  • Untuk menyiasati hal tersebut, lakukan perawatan yang berbeda atau tidak bersamaan, mulai dari penjemuran, pemandian hingga waktu pertolongan makan.
  • Bila terpaksa harus menjemur diwaktu yang sama usahakan burung satu dengan burung lainnya tidak saling melihat, baik dengan cara di sekat atau diletakkan di kawasan yang dipisahkan oleh tembok maupun pepohonan.
  • Apalagi yang dipelihara yakni Cendet Muda dan Cendet Mapan (tua), yang muda jangan hingga melihat cendet tua, alasannya yakni burung muda akan gampang ngedrop dan biasanya akan terbawa hingga tua. 
  • Bila ingin ngetrek burung muda dengan burung lainnya, lakukan hanya sekitar 10 atau 15 menit saja, lalu yang renta harus lebih dulu di ambil, dan biarkan yang muda mengikuti keadaan dengan lingkungan sekitarnya dulu gres di ambil dan dikerodong.

Kesimpulannya, tidak duduk kasus memelihara burung homogen lebih dari satu asalkan dapat mengatur perawatan sehingga tidak saling bertemu setiap hari.
loading...

Archive